Pengertian Westernisasi: Dampak dan Contoh di Masyarakat

Mungkin diantara teman-teman belum familiar dengan istilah Westernisasi, padahal sebenarnya banyak masyarakat indonesia yang melakukan westernisasi.

Jadi apa itu Westernisasi? lalu apa Contoh Westernisasi?

Nah pada pembahasan kali ini khanfarkhan akan memberikan materi seputar pengertian, dampak dan contoh westernisasi. Simak saja penjelasan berikut ini sampai selesai.

Pengertian Westernisasi Menurut Para Ahli

Pembahasan yang pertama adalah pengertian westernisasi. Maka perlu kita simak dahulu pendapat dari para ahli mengenai arti Westernisasi.

  1. Menurut Soerjono Seokanto
    Beliau bependapat bahwa westernisasi adalah sebuah proses disuatu masyarakat yang meniru segala jenis gaya hidup orang barat.
  2. Menurut Arif Furtonutely
    Beliau berpendapat bahwa westernisasi ialah perubahan besar dalam aspek sosial, politik, budaya, pengetahuan untuk merombak karakter kehidupan suatu negara dan negara islam secara umum khususnya menjadi paham-paham barat.
  3. Menurut Eka Gunawan
    Definisi westernisasi merupakan sebuah proses kehidupan yang mengutamakan industri serta sistem ekonomi kapitalis, sehingga kehidupanya akan cenderung meniru kehidupan orang barat.

Dampak Westernisasi di Indonesia

Dampak Westernisasi di Indonesia

Munculnya Westernisasi di dalam masyarakat menimbulkan beberapa dampak di sekitarnya. Berikut ini ada beberapa dampak westernisasi:

  1. Perubahan Perilaku Seseorang
    Saat ini banyak sekali media sosial atau tayangan telivi yang mampu mengubah perilaku seseorang. Misalnya saja dari cara berbicara, cara berpakaian dan cara bergaul.
    Contoh Westernisasi yang berdapak negatif adalah banyaknya gangster di kota besar mereka mengikuti gaya seperti gangster di Jepang (Yakuza). Parahnya gangster ini meresahkan masyarakat.
  2. Pudarnya Jati Diri Bangsa dan Budaya Lokal
    Dampak dari Westernisasi rata-rata dialami oleh anak-anak muda bahkan ada yang masih dibawah umur. Hal ini dikarenakan terjadinya modernisasi. Cek selengkapnya, contoh modernisasi di Indonesia.
    Mereka lebih memanfaatkan teknologi untuk melihat budaya barat dan mengikutinya, sehingga budaya lokal mereka tinggalkan.
  3. Berubahnya Cara Hidup Seseorang
    Pada dasarnya masyarakat indonesia tidak memiliki kebiasaan minum-minuman keras. Tetapi karena terkena dampak westernisasi banyak dari mereka yang mengikuti cara hidup orang barat.
    Misalnya saja minum-minuman keras yang sejatinya orang barat mengkonsumsi minuman keras karena cuaca dinegara mereka berbeda dari indonesia.

Contoh Westernisasi di dalam Masyarakat

Berikut ini ada beberapa contoh westernisasi di dalam masyarakat yang mungkin saja sering anda jumpai disaat anda sedang pergi kesuatu tempat, atau sering anda lihat di kehidupan sehari-hari anda.

  1. Perilaku Sex Bebas anak jalanan.
    Jika mendengar dengan istilah sex sudah sangat familiar dikalangan masyarakat indonesia. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah perilaku sex bebas.
    Jelas sekali sex bebas berbahaya sekali bagi kesehatan karena berganti ganti pasangan. Bisa saja pasangan sex anda punya penyakit HIV otomatis anda juga akan tertular HIV. Sex bebas juga termasuk salah satu contoh masalah sosial di indonesia.
  2. Pergi ke Hiburan Malam (Diskotik)
    Pergi ke hiburan malam (diskotik) menjadi salah satu obat penenang orang-orang yang sedang stres setelah lelah bekerja dan lain sebagainya. 
    Tapi perlu anda ketahui dampak yang akan anda terima, bisa saja ketika anda stres anda tergiur dengan minuman keras dan narkotika terutama anak mudah yang mudah sekali terpengaruh dengan hal seperti itu.
  3. Pergaulan Bebas di kalangan Anak Muda
    Contoh Westernisasi dalam masyarakat berikutnya adalah pergaulan bebas yang pasti dominan mereka yang masih berusia dibawah umur dan duduk di bangku sekolah.
    Pemuda yang sudah terjerumus kedalam pergaulan bebas, mereka sering bertindak semaunya mengikuti perilaku orang barat seperti cipika cipiki saat bertemu lawan jenis bahkan bisa lebih dari itu.
  4. Gaya Pakaian yang mengumbar Aurat
    Contoh Westernisasi berikutnya adalah cara berpakian, sejak masuknya budaya barat ke indonesia banyak sekali perubahan didalam cara berpakaian.
    Terutama wanita, banyak wanita yang memakai pakaian secara berlebihan misalnya saja memakai bikini, pakaian yang serba terbuka. Hal ini bisa memunculkan tinjak kejahatan terhadap mereka karena mengundang nafsu para pria.
  5. Merendahkan Bahasa Indonesia
    Yang dimaksud merendahkan disini adalah mencampur adukan bahasa indonesia dengan bahasa barat tetapi dalam konteks tidak dalam acara resmi.
    Misalnya saja ketika sedang menyapa seseorang menggunakan kata Hallo, Hey, Okey, Bye dan lainya.

Itulah tadi pembahasan mengenai Westernisasi semoga pada penjelasan ini bisa dipahami oleh teman-teman dan bermanfaat tentunnya.

Selamat Membaca !!!

Leave a Comment