Contoh Variabel Independen, Dependen, Moderator dan Interving

Variabel Independen, Dependen, Moderator dan Interving – Mungkin teman-teman sudah tidak asing lagi dengan variabel Independen, Dependen, Moderator dan Interving karena memang variabel ini selalu muncul dalam skripsi ataupun karya ilmiah.

Dalam pembahasan kali ini saya akan menbahas mengenai variabel Independen, Dependen, Moderator dan Interving Nah untuk lebih lanjutnya bisa disimak penjelasan dibawah ini

Pengertian Variabel

Pengertian Variabel independen dan dependen

Menurut Sugiyono, Variabel penelitian ialah memiliki bentuk apa saja dimana hanya peneliti yang menetapkanya untuk dipelajari kemudian menciptakan informasi mengenai hal tersebut, selanjutnya ditarik kesimpulanya.

Sedangkan Variabel ialah sebuah fenomena yang selalu berubah, sehingga tidak ada satu peristiwa yang terlewatkan di dunia ini yang tidak bisa disebut variabel. Bisa dilihat dati bagaimana kualitas variabelnya, variabel selanjutnya akan dijelaskan secara jelas pada bagian Tinjauan Pustaka.

Bila disimpulkan bahwa setiap variabel itu merupakan sebuah konsep, artinya konsep dengan sifat khusus dengan kandungan variasi nilai. Konsep variabel yang dimaksud ialah, sebuah konsep dengan sifat observatible, artinya adanya kedekatan dengan konsep-konsep atau fenomena yanng telah teramati.

Jenis Variabel dalam Penelitian

Variabel seindiri terbagi menjadi 2 yakni variabel dependen dan variabel independen yang berasal dari suatu logika Matematika, bahwa X dinyatakan sebagai yang mempengaruhi atau sebab sedangkan Y diyatakan sebagai dipengaruhi atau akibat.

Jenis Variabel dalam Penelitian
Variabel

1. Variabel Dependen (variabel terikat) X

Variabel dependen merupakan sebuah variabel dimana nilainya sendiri bergantung atau dipengaruhi dari nilai variabel lainya.

Variabel ini sering disebut juga sebagai variabel, kriteria, output, konsekuen. Alasan disebut variabel dependen karena adanya pengaruh dari variabel independen

2. Variabel Independen (variabel bebas) Y

Variabel independen merupakan sebuah varibel yang menjadi penyebab berubahnya atau timbulnya variabel dependen (terikat), yakni faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti supaya menentukan diantara fenomena yang sedang di observasi atau diamati.

Bila diperjelas bahwa variable independen ialah variabel dengan nilai yang bisa mempengaruhi variabel lainya. Baca Juga: Contoh Kesimpulan Penelitian Skripsi, Makalah dan Karya Ilmiah.

Variabel ini sering disebut juga dengan variabel stimmulasi, predictor, input antencendent atau variabel yang mempengaruhi. Karena mepengarhi variabel lainya  sehingga disebut sebagai variabel bebas.

Bila variabel ini sudah terlebihi dahulu dipersiapkan maka variabel ini akan diketahui tingkat perubahanya.

Contoh Variabel Independen dan Dependen dalam Skripsi

Contoh hipotesis : terdapat pengaruh kepuasan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan

Variabel Dependen : loyalitas pelanggan
Variabel Independen : Kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan
Contoh hipotesis : adanya pengaruh model pembelajaran hasil belajarsiswa

Variabel Dependen : Hasil Belajar siswa
Variabel Independen : Model Pembelajaran
Contoh Hipotesis: adanya pengaruh buku teks berbahasa jepang terhadap pemahaman konsep biologi siswa

Variabel Dependen : Pemahaman konsep Biologi
Variabel Independen : Penggunaan buku teks berbahas Jepang

Contoh Variabel Dependen dan Independen dalam Penelitian

Seorang Mahasiswa menciptakan suatu rancangan percobaan untuk membuktikan kalau pada perkemcambahan dibutuhkan oksigen dan air. intrumentasi percobaan seperti berikut:

Tabung 1 berisi biji kacang hijau
Tabung 2 berisi kapas kering serta biji kacang hijau tetap terbuka
Tabung 3 berisi kapas kering dan biji kacang hijau tertutup rapat
Tabung 4 berisi kacang hijau dan kapas tetap terbuka
Tabung 5 berisi kacang hijau dan kapas tertutup rapat

Semua rangkaian tersebut dibiarkan selama 2 hari untuk mengontrol biji kacang hijau yang mana yang akan tumbuh. Ternyata dari hasil percobaan tersebut diperoleh bahwa.

biji yang tumbuh ialah tabung 4 dan tabung 5.
biji yang tumbuh normal ialah tabung 4 akan tetapi yang tumbuhnya tidak normal ialah tabung 5 .
Anda bisa perhatikan rangkaian variabel penelitian pada rangkaian percobaan tersebut:
Yang disebut dengan variabel kontrol ialah tabung 1. Biji dibiarkan apaadanya dan tidak diberik perlakukan khusus sebagai pembandingn dengan hasil percobaan.

Yang disebut dengan variabel bebas ialah tabung 2, 3, 4, 5. Mari kita perhatikan bersama kalau setiap tabung diberi perlakuan tertentu yakni basah atau kering serta tertutup dan terbuka.

Yang disebut dengan variabel terikat ialah hasil pertumbuhan biji. Biji yang tumbuh normal (variabel terikat) ialah tabung 4, sebagai akibat perlakuan (variabel bebas) pemberian air dan terbuka dengan begitu oksigen dapat masuk.
Namun pertumbuhan biji di tabung 5 tidak normal sebab tabung tertutup walaupun ada air didalamnya.

Contoh Variabel Moderating

Adalah suatu variabel yang mempengaruhi baik dalam memperlemah taupun memperkuat hubungan dari variabel terikat dan bebas.

Contohnya : adanya hubungan prestasi belajar serta motivasi akan menjadi semakin kuat jika peran seorang guru dalam menciptakan sebuah lingkungan belajar yang nyaman dan baik.

Contoh Variabel Intervening dalam Pemasaran

Variabel interving merupakan variabel yang mempengaruhi variabel terikat serta variabel bebas secara teoritis, akan tetapi tidak dapat diukur dan diamati.

Contohnya : hubungan antara kepuasan konsumen dengan kualitas pelayanan

Contoh Variabel Kontrol

Variabel interving merupakan variabel yang mempengaruhi variabel terikat serta variabel bebas secara teoritis, akan tetapi tidak dapat diukur dan diamati.

Contohnya : hubungan antara kepuasan konsumen dengan kualitas pelayanan

Demikianlah penjelasan mengenai Variabel Independen, Dependen, Moderator dan Interving semoga dengan penjelasan diatas bisa membantu anda dan menambah wawasan anda. terimakasih

Please rate this

Leave a Comment