Tujuan Perusahaan Menjual Secara Kredit

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Didalam suatu perusahaan dagang sistem penjualan terbagi menjadi dua, yaitu penjualan kredit dan penjualan tunai.

Penjualan kredit adalah penjualan yang dilakukan secara non-tunai, dimana perusahaan mendapatkan piutang dan berpotensi mendapatkan laba yang lebih besar. Penjualan secara kredit tentu memiliki resiko besar jika hutang tersebut tidak dapat tertagih.

Sedangkan penjualan tunai adalah pembayaran yang dilakukan diawal oleh si pembeli dalam sebuah transaksi. Pada sistem penjualan ini perusahaan tidak memiliki resiko apapun.

Tujuan Perusahaan Menjual Secara Kredit

Sebelum mengetahui tujuan sebenarnya kamu perlu memahami apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin berbisnis atau berdagang.

Salah satunya adalah persaingan, dengan adanya persaingan yang ketat memaksa perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mereka terhadap konsumen.

Diharapkan dengan ditingkatkannya pelayanan mampu menarik minat konsumen yang lebih banyak lagi sehingga akan mempengaruhi peningkatan pendapatan mereka.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pelayanan salah satunya adalah memberikan hak kepada konsumen membeli barang dagangan secara kredit. Tentu saja perusahaan memiliki tujuan dalam sistem penjualan secara kredit ini.

Berikut ini ada beberapa tujuan sebenarnya perusahaan melakukan penjualan secara kredit :

  1. Untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen.
  2. Mendorong konsumen supaya mau membelanjakan uang dengan jumlah yang lebih besar dari yang seharusnya.
  3. Untuk menaikan volume penjualan dalam suatu periode dan dijadikan strategi persaingan guna memperbesar market share.
  4. Untuk mendorong omzet lebih besar lagi sehingga pendapatan labanya juga akan semakin besar.

Secara langsung dengan menawarkan penjualan secara kredit kepada konsumen mampu meningkatkan jumlah konsumen. Hal ini bisa terjadi karena sistem yang ditawarkan mampu menjangkau konsumen yang mempunyai daya beli rendah,

Jadi tidak hanya mereka saja yang memiliki daya beli tinggi namun mereka yang memiliki daya beli rendah bisa membeli sebuah produk yang mereka inginkan.

Kesimpulan

Memang dengan memberikan fasilitas kredit kepada para konsumen memberikan daya tarik tersendiri dan terbilang ampun untuk meningkatkan volume penjualan.

Namun apabila kegiatan ini terus berjalan dan perusahaan tidak menjaga dengan sistem yang baik maka perusahaan bisa mengalami kerugian besar. Misalnya saja perusahahaan hanya akan memberikan fasilitas kredit kepada pelanggan ataupun sub agen mereka saja.

Kenapa ? karena mereka selalu melakukan pembelian secara rutin kepada perusahaan anda dan ini akan mengurangi resiko kredit anda.

Itulah tadi penjelasan salah satu tujuan perusahaan melakukan penjualan secara kredit. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment