Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Klasifikasinya

Sudah bukan rahasia lagi jika antara lembaga sosial satu dengan yang lainnya memiliki sebuah perbedaan. Perbedaan tersebut wajar terjadi karena dalam sebuah masyarakat memiliki lingkungan serta kepercayaan yang berbeda-beda.

Hal tersebut pada akhirnya menimbulkan perbedaan dari segi tipe-tipe lembaga yang berkembang dalam lingkungan masyarakatnya. Dengan adanya pengelompokan, sebenarnya akan lebih memberikan kemudahan pada masyarakat untuk memilihnya.

Nah, jika Anda masih merasa kebingungan terkait lembaga apa saja dan bagaimana klasifikasinya, maka simaklah ulasan berikut ini!

Tipe-Tipe Lembaga Sosial

Tipe-Tipe Lembaga Sosial

Berikut ini terdapat beberapa tipe-tipe lembaga sosial berdasarkan klasifikasinya menurut J.L. Gilin dan J.P. Gilin :

1️⃣ Berdasarkan Nilai

Penggolongan yang pertama adalah tipe lembaga sosial berdasarkan nilai yang terdiri atas lembaga primer dan sekunder. Untuk lembaga primer sifatnya memberikan pengaturan pada sistem kehidupan masyarakat sehingga tak heran jika yang muncul adalah hal-hal mendasar terkait pengaturan hubungan manusia.

Mulai dari kaidah agama hingga kaidah hokum, semuanya dapat menjadi landasan lembaga primer. Sedangkan untuk lembaga sekunder merupakan sebuah lembaga yang keberadaannya tidak terlalu diperhitungkan di dalam masyarakat.

Hal tersebut karena tanpa adanya lembaga tersebut kehidupan masyarakat tetap teratur dengan baik. Baca juga pengertian, ciri-ciri dan contoh lembaga sosial.

2️⃣ Berdasarkan Perkembangan

Jika didasarkan pada perkembangannya, terdapat tiga lembaga sosial yang mulai tumbuh dan beredar di kalangan masyarak. Pertama, Crescive Social Institution yang merupakan sebuah lembaga yang berkaitan dengan pola tingkah laku masyarakat, seperi misalnya lembaga perkawinan, adat, dan lain-lainnya.

Semua contoh lembaga yang ada tersebut sudah terintegrasi atau memiliki kewenangan yang kuat di dalam masyarakat. Kedua, Eacted Social Institusion yang memiliki tujuan tertentu dalam proses pembentukannya.

Contohnya seperti lembaga-lembaga ekonomi yang muncul untuk mengatur keuangan dari setiap masyarakat yang menjadi bagian dari anggotanya.

3️⃣ Berdasarkan Sudut Penerimaan Masyarakat

Sama seperti tipe berdasar perkembangan, tipe berdasar sudut penerimaan juga terbagi menjadi dua bagian lembaga sosial. Yang pertama adalah Approved Sanctioned Institutions yang keberadaannya diterima dan mendapat pengakuan dari masyarakat.

Hal tersebut karena lembaga satu ini sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari, seperti lembaga kesehatan, lembaga transportasi, dan masih banyak lagi. Selanjutnya yang kedua adalah Unsanctioned Social Institutions yang justru mendapat penolakan dari masyarakat.

Masyarakat menolak keberadaan lembaga satu ini karena justru hanya menimbulkan keresahan di dalamnya. Contohnya saja seperti jaringan terorisme.

4️⃣ Berdasarkan Fungsinya

Untuk lembaga sosial tipe satu ini dibagi menjadi dua, yakni Operative Social Instutions dan Regulative Social Instutions. Untuk yang pertama, yakni Regulative lebih berfokus pada melakukan pengawasan terhadap adat istiadat yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat.

Dalam lingkungan masyarakat biasanya terdapat lembaga yang mengatur terkait adat, seperti contohnya lembaga pengadilan dan kejaksaan. Sedangkan yang kedua, yakni Operative lebih fokus terhadap menghimpun masyarakat untuk mencapai tujuan lembaga tersebut.

Contoh nyata dari lembaga ini adalah seperti lembaga pendidikan dan lembaga industri.

5️⃣ Berdasarkan Penyebarannya

Tipe lembaga sosial yang terakhir adalah berdasarkan penyebarannya dan dibagi lagi menjadi dua jenis. Jenis yang pertama adalah General Social Institutions yang memiliki nilai tinggi sehingga dapat diterima di kalangan masyarakat luas.

Contohnya saja seperti lembaga agama yang memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat karena banyak mengandung nilai-nilai yang positive. Lalu yang kedua adalah Restricted Social Institutions yang memberikan cerminan lokal atau tradisi budaya di dalam masyarakat.

Terdapat ciri khas lembaga tertentu yang melabeli lembaga satu ini.

Nah, itulah beberapa tipe-tipe lembaga sosial beserta klasifikasinya yang terdapat di dalam lingkungan masyarakat. Setiap tipe dibagi lagi menjadi beberapa jenis yang memiliki pengertian, fungsi, dan peran yang berbeda-beda.

Simak terus informasi lengkapnya di Khanfarkhan.com 😊

Leave a Comment