Teori Konflik Menurut Para Ahli dan Contohnya

Khanfarkhan.com | Kita sebagai manusia tentang menginginkan kehidupan yang nyaman, aman dan tentram tanpa adanya konflik-konflik sosial yang muncul di kehidupan sehari-hari.

Ada banyak sekali contoh konflik sosial yang ada di indonesia, yang mungkin pernah terjadi di daerah tempat tinggal anda saat ini. Cara penyelesaian konflik sendiri, rata-rata bisa diselesaikan dengan cara mediasi.

Dalam kajian ilmu sosiologi sendiri beberapa ahli yang menjelaskan mengenai teori konflik tersebut, contohnya saja seperti teori konflik menurut Karl Marx.

Tidak hanya teori menurut karl marx saja, tetapi disini saya ingin menjelaskan secara lengkap teori-teori konflik menurut pendapat para ahli. Mari kita simak penjelasanya dibawah ini.

Teori Konflik Menurut Para Ahli

Berikut ini ada dua ahli yang ingin saya jelaskan, mengenai teori-teori apa saya yang mereka kemukakan terkait konflik yang ada di kehidupan sehari-hari.

Ralf Dahrendorf

Selain karl marx ada juga ahli lainya seperti Ralf Dahrendorf yang memiliki pendapatnya sendiri terkait teori konflik. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat karena ada hal-hal yang terjadi, bukan tanpa sengaja tapi ada faktor penyebabnya. Baca selengkapnya faktor penyebab perubahan sosial.

Dan menurut pendapat beliau sendiri kalau teori konflik itu berawal dari perubahan sosial yang ada di sekitar kita maupun di masyarakat akibat terjadinya konflik.

Karl Marx sendiri beranggapan kalau teori konflik muncul dari beberapa konsep dasar, seperti terjadinya perubahan sosial, kelas sosial kekuasaan negara. Dimana hal tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainya.

teori konflik menurut pendapat para ahli
Munculnya Gerakan Sparatisme di Papua yang menimbulkan kerusuhan

Teori konflik sendiri memperlihatkan sebagai sebuah sudut pandang konflik. Sudut pandang yang dimaksut disini ialah perilaku masyarakat yang terus berubah-ubah.

Munculnya konflik di masyarakat sangat mudah sekali kita ketahui penyebabnya. Seperti apa contohnya ? misalnya saja ketika suatu kelompok yang ingin mencapai tujuanya, cenderung akan mengorbankan kelompok yang berbeda.

Sehingga semua itu mengarah kepada struktur sosial dan lembaga sosial yang sudah ada sejak awal. Dikarenakan masyarakat bisa menimbulkan perubahan sosial maka dari sudut pandang ini lebih menekankan peranan kekuasaan.

Jadi jika di simpulkan bahwa adanya teori-teori seperti yang dikemukanan oleh para ahli karena memang adanya konflik yang terjadi di masyarakat. Sistem sosial yang terjadi di masa itu memang melahirkan cara berfikir yang berbeda pada dasarnya.

Maka di jaman yang sudah modern ini, kita harus menghilangkan sistem sosial seperti kaum kapitalis dan kaum borjuis terhadap kaum buruh.

Contoh Teori Konflik di Kehidupan Sehari-hari

Adapun penjelasan selanjutnya, menjelaskan mengenai contoh teori konflik yang ada dan pernah terjadi di kehidupan sehari-hari. Baik yang ada di dalam keluarga maupun di masyarakat.

Yuk, kita simak apa saja contohnya !!

Konflik Ojek Online

Contoh teori konflik dalam keseharian dimana beberapa waktu yang lalu kita pernah melihat di saluran televisi para ojek online melakukan demo, dengan alasan bahwa pembayaran untuk pengendara ojek online ini terlalu murah menurut mereka.

Artinya apa dengan cara berdemo mereka berharap bisa dengan mudah meminta meningkatkan pembayaran dan bonus lebih dari sistem aplikasi yang mereka gunakan.

Ini menunjukan sikap realistis manusia untuk menuntut lebih, yakni memperoleh keuntungan yang besar.

Kemiskinan

Kemiskinan terjadi karena adanya kesenjangan sosial di suatu daerah, rata-rata terjadi di daerah terpencil. Mereka selalu berupaya melakukan beberapa cara untuk meningkatkan pendapatanya.

Ada diantara mereka yang bekerja keras, ada juga yang lebih memilih jalan pintas dengan cara mencuri atau merampok. Selagi kesenjangan sosial masih sangat tinggi, selama itu juga konflik akan selalu ada disekeliling kita.

Jadi itulah sedikit pembahasan yang bisa kami berikan mengenai teori konflik dan contohnya, semoga apa yang sudah dijelaskan diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Selamat Membaca !!!

Please rate this

Leave a Comment