Teknologi Vertikultur

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Pembudidayaan tanaman dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan metode vertikultur. Teknik yang ditemukan di swiss ini pun kini banyak digunakan di Indonesia.

Pembahasan mengenai pengertian, tujuan, berbagai jenis vertikultur, serta keuntungannya yang dapat Anda lihat melalui rangkuman berikut.

Pengertian Teknologi Vertikultur

Apa itu vertikuktur? Sesuai namanya pengertian teknologi vertikultur adalah suatu sistem budidaya yang memang dilakukan secara tegak atau vertikal.

Kegiatan budidaya tanaman ini pun cukup praktis karena dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan dengan memanfaatkan wadah tertentu.

Teknik yang ditemukan di swiss ini pun kini banyak digunakan di Indonesia. Pembahasan mengenai tujuan, berbagai jenis vertikultur, serta keuntungannya dapat Anda lihat melalui rangkuman berikut.

Tujuan Vertikultur

Seiring laju pertumbuhan penduduk, lahan tanam akan semakin menurun karena beralih fungsi menjadi pemukiman. Di sinilah peran budidaya tanaman secara vertikultur yang menyediakan kebutuhan pangan masyarakat dengan memanfaatkan lahan terbatas.

Jadi, tujuan utama vertikultur yakni menyediakan kebutuhan pangan bagi masyarakat dengan cara memanfaatkan lahan yang terbatas.

Jenis-Jenis Vertikultur

Terdapat empat jenis metode bertani vertikultur diantaranya yaitu.

1. Vertikultur Gantung

Jenis Vertikultur Gantung
Gambar. Vertikultur Gantung

Apa itu vertikuktur gantung? Metode jenis vertikuktur gantung biasanya menggunakan kawat atau tali untuk meletakkan wadah veltikultur pada sudut atap. Biasanya veltikultur gantung memanfaatkan pot atau barang-barang bekas sebagai wadahnya.

Media yang sering digunakan sebagai wadah biasanya seperti pipa paralon, botol plastik bekas, kaleng, dan lain-lain.

Karena kebanyakan fungsi vertikultur gantung hanya digunakan sebagai pajangan, maka Β tanaman yang dibudidayakan menggunakan metode ini bukan dari jenis tanaman pangan, melainkan tanaman hias.

Vertikultur gantung banyak digunakan untuk menghiasi sekolah dan juga area teras perkantoran.

2. Vertikultur Vertikal

Jenis Vertikultur Vertikal
Gambar. Vertikultur Vertikal

Apa itu vertikuktur vertikal? Pada umumnya jenis vertikuktur vertikal dibuat menggunakan sebuah penopang yang dapat berdiri dengan tegak. Penopang yang digunakan pada lahan biasanya dibuat dari paralon atau kayu yang dibentuk silinder.

Selanjutnya media vertikultur akan ditegakkan pada lahan dan ditambahkan wadah sebagai media tanam seperti gelas air mineral bekas.

3. Vertikultur Susun

Jenis Vertikultur Susun
Gambar. Vertikultur Susun

Jenis vertikultur ini sekilas mirip dengan vertikultur vertikal. Bedanya metode ini tidak mengandalkan penopang seperti vertikultur vertikal, tapi menggunakan media pot yang ditumpuk secara bertingkat.

4. Vertikultur Horizontal

Apa itu vertikuktur horizontal? Veltikultur jenis iniΒ  biasanya disusun di dalam rak kayu dengan bentuk menyerupai tangga Media penanamannya sendiri biasanya menggunakan kaleng, botol bekas ataupun batang pisang.

Vertikultur Horizontal biasanya digunakan oleh para petani yang memang berniat membudidayakan tanaman dengan lahan yang terbatas.

Keuntungan Menggunakan Metode Vertikultur

Berikut ini ada beberapa keuntungan atau keunggulan jika bertani menggunakan metode vertiultur dilahan sempit.

1. Hemat Tempat

Keuntungan Menggunakan Metode Vertikultur

Karena vertikultur dapat disusun dan dipindahkan dengan mudah, maka lahan yang ditempati pastinya tidak akan memakan banyak ruang. Anda bahkan bisa melakukan metode budidaya ini di rumah sekalipun.

Inilah keunggulan vurtikultur terlebih lagi anda yang memiliki rumah di perkotaan.

2. Hemat Air

Tanaman yang dibudidayakan menggunakan metode ini dapat menyerap air secara optimal hingga mencapai titik jenuh pada wadah yang digunakan. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak air hanya untuk menyiramnya.

3. Pembuatan Media Tanam Yang Murah

Seperti yang dijelaskan di poin-poin sebelumnya, beberapa jenis vertikular menggunakan media tanam yang dapat diperoleh dengan mudah di lingkungan sekitar kita. Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas dan menjadikannya sebagai wadah untuk tanaman yang akan dibudidayakan.

4. Mengurangi Anggaran Belanja

Keuntungan yang terakhir yaitu bisa menghemat anggaran belanja. Dengan menanam sendiri tanaman pangan pada vertikultur, Anda dapat menghemat pengeluaran keluarga untuk membeli kebutuhan pangan berupa sayur.

Selain itu tanaman yang Anda rawat sendiri tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai pengertian vertikuktur beserta tujuan dan jenis-jenisnya. Dapat disimpulkan bahwa pembudidayaan tanaman menggunakan metode ini memiliki banyak kemudahan serta keuntungan bagi si pelaku budidaya.

Leave a Comment