Tanaman Pangan: Jenis, Contoh dan Manfaat

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa dihilangkan. Bahkan kebutuhan ini merupakan kebutuhan utama yang dicari manusia dengan berbagai upaya. Pangan yang kita konsumsi setiap hari tersebut berasal dari tanaman.

Secara umum, tanaman pangan merupakan sebuah tanaman yang hasilnya bisa diolah menjadi pangan karena mengandung berbagai karbohidrat dan protein. Ketahui apa saja mengenai jenis, contoh, dan manfaatnya agar lebih mengenal tanaman ini.

Tapi sebelum itu agar lebih paham lagi, mari kita simak tentang pengertian tanaman pangan menurut pendapat para ahli:

Pengertian Tanaman Pangan dari Para Ahli

Berikut ini ada tiga ahli yang memiliki pendapat berbeda tentang definisi dari tanaman pangan.

  1. Menurut Sunarti (2007)

Beliau berpendapat bahwa tanaman pangan ialah aneka ragam jenis tumbuhan disekitar hutan yang sudah dimanfaatkan oleh sekelompok masyarakat demi memenuhi kebutuhan pangan mereka.

  1. Menurut Yulianti (2013)

Beliau mengetakan bahwa tanaman pangan adalah sesuatu yang tumbuh memiliki akar, batang dan daun namun bisa dikonsumsi olah mahluk hidup. Pada umumnya tumbuhan tersebut dulunya hanya bisa ditemukan di hutan.

  1. Menurut Moeljopawiro & Manwan (1992)

Menurut beliau bahwa tanaman pangan itu terbagi dalam komoditas utama, komoditas potensial dan komoditas introduksi.

Jenis Tanaman Pangan

Tanaman ini sebenarnya tidak hanya tanaman yang mengandung karbohidrat dan protein saja namun juga tanaman yang mengandung nutrisi lainnya termasuk vitamin dan mineral. Setidaknya ada 3 jenis tanaman pangan yang ada, diantaranya yaitu:

  1. Umbi
Jenis Tanaman Pangan Umbi
Umbi

Umbi-umbian menjadi salah satu tanaman jenis ini karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat tersebut adalah dalam bentuk pati serta kandungan seratnya yang cukup tinggi. Bahkan beberapa daerah di Indonesia menjadikan tanaman ini sebagai sumber makanan pokok.

  1. Kacang-kacangan
Jenis Tanaman Pangan Kacang-kacangan
Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki banyak kandungan yang penting seperti mineral, protein, vitamin,    karbohidrat, dan lemak sehat. Meski hanya sering digunakan sebagai pelengkap namun tanaman ini masih tetap bisa digunakan sebagai sumber bahan pangan.

  1. Padi

Tanaman padi memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan sehari-hari masyarakat. Terutama masyarakat indonesia yang setiap harinya mengkonsumsi nasi sebagai makanan utama mereka.

  1. Jagung
Tanaman Pangan Jagung
Jagung

Didalam jagung terkandung karbohidrat, Amerika Serikat sendiri menjadikan jagung sebagai makanan alternatif. Tidak hanya itu beberapa wilayah yang ada di Indonesia juga mengkonsumsi jagung sebagai makanan alternatif mereka.

  1. Kacang Kedelai

Orang Asia Timur banyak menggunakan kacang kedelai sebagai bahan dasar pembuatan kecap, tempe dan tahu. Banyak orang yang menyukai makanan dengan bahan dasar kacang kedelai tersebut.

Karena pada dasarnya kadungan gizi yang ada di kacang kedelai meliputi lemak tak jenuh, protein, kalsium dan lechitin.

  1. Singkong
Jenis Tanaman Pangan Singkong
Singkong

Dari tanaman singkong ini selain umbinya yang bisa di konsumsi, namun pucuk daun mudanya juga bisa makan dengan cara direbus atau di sayur santen. Dari umbi singkong sendiri anda bisa membuat berbagai macam olahan makanan yang enak.

  1. Serealia

Jenis yang terakhir adalah serealia atau juga bisa disebut dengan biji-bijian. Tanaman ini bisa dibilang sebagai tanaman pangan utama terutama untuk masyarakat Indonesia. Ada banyak kandungan yang dimiliki seperti karbohidrat, protein, dan serat kasar.

Contoh Tanaman Pangan

Setelah mengetahui jenis tanaman pangan, mungkin Anda juga penasaran dengan contohnya. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa contohnya:

  1. Padi

Padi atau oryza sativa merupakan jenis serealia yang menjadi sumber makanan pokok masyarakat Indonesia. Pasalnya, padi yang diolah akan menghasilkan beras yang kemudian bisa menjadi nasi.  Tanaman ini merupakan tanaman semusim yang hanya satu kali panen dalam semusim.

  1. Singkong

Singkong termasuk jenis umbi-umbian yang bisa dijadikan sumber makanan pokok pengganti beras, terutama oleh masyarakat Indonesia. Selain bisa dimanfaatkan sebagai sumber pangan, singkong juga bisa diolah menjadi cemilan seperti keripik dan lain sebagainya.

  1. Gandum

Gandum ini menjadi sumber makanan pokok masyarakat Eropa. Tanaman yang termasuk serealia sama seperti padi ini juga memiliki bentuk dan pengolahan yang tidak jauh berbeda. Kandungan penting yang ada di dalam gandum diantaranya yaitu mineral, vitamin B kompleks, protein, dan juga serat.

  1. Kacang Hijau

Sesuai namanya, kacang hijau termasuk tanaman kacang-kacangan. Bentuknya adalah polong dengan banyak kandungan vitamin. Biasanya tanaman ini diolah dengan berbagai resep yang menjadikannya lebih lezat.

Manfaat Tanaman Pangan

Setelah mengetahui jenis dan contoh tanaman pangan, selanjutnya ketahui juga manfaatnya selain tentu saja untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Sebagai sumber energi

Manfaat utama dari tanaman ini adalah sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat tinggi yang ada di dalamnya mampu membuat Anda kenyang sehingga lebih energik.

  1. Sebagai sumber kelangsungan hidup

Makanan merupakan sumber kelangsungan hidup manusia. Tanpa adanya bahan pangan ini maka manusia tidak akan berenergi dan mengalami kelaparan.

  1. Meningkatkan daya tahan dan memperbaiki sel

Sebagai sumber makanan utama, bahan pangan yang berasal dari tanaman ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Oleh sebab itu mereka bisa lebih sehat, aktif, dan terhindar dari penyakit. Selain meningkatkan daya tahan, bahan pangan juga mampu melakukan regenerasi sel dengan baik sehingga mampu menciptakan sel baru.

Itulah informasi mengenai tanaman pangan yang sangat bermanfaat untuk manusia. Semoga informasi yang diberikan mengenai jenis, contoh, dan manfaatnya tersebut dapat membantu Anda.

Leave a Comment