Tanaman Mangga: Ciri, Manfaat dan Cara Merawat

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Mangga, semua orang pasti menyukai buah yang satu ini. Buah yang tumbuh di iklim tropis ini digemari karena memiliki cita rasa yang manis. Namun tak jarang juga yang suka menyantapnya saat masih muda karena ingin mencicipi sensasi asam buah tersebut.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai klasifikasi tanaman mangga, Anda dapat melihat informasi mengenai ciri, manfaat, dan cara merawatnya dalam pembahasan berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Mangga

Adapun klasifikasi tanaman mangga antara lain yakni:

KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoSapindales
FamilyAnacardiaceae
GenusMangifera L
SpesiesMangifera Indica L

Ciri Morfologi Tanaman Mangga

Ciri Morfologi

Klasifikasi tanaman mangga berdasarkan ciri fisiknya yaitu mempunyai batang pohon berjenis kayu yang dapat tumbuh mencapai ketinggian 4 meter.

Pohon mangga dapat ditumbuhi oleh beberapa cabang dengan diameter 10-25cm, dan masing-masing cabang tersebut bisa ditumbuhi oleh buah mangga.

Sedangkan daunnya sendiri adalah daun tunggal dengan tangkai yang mempunyai panjang 1-1,5 cm, daun pohon mangga sendiri bisa tumbuh sangat lebat tergantung iklim dimana mangga ditanam.  Lalu yang selanjutnya adalah bagian bunga, bunga mangga biasanya berbentuk majemuk dan berkelamin campuran.

Biasanya bunga pada pohon mangga punya ukuran yang kecil dengan warna kuning kehijau-hijauan. 

Klasifikasi tanaman mangga yang terakhir yaitu buah mangga yang masih muda biasanya ditandai dengan warna kuning kehijauan. Semakin matang buah tersebut maka tampilan luarnya akan semakin hijau.

Ukuran buah mangga ditentukan oleh jenis serta kesuksesan dalam pembudidayaannya. Buah tersebut biasanya dapat tumbuh mencapai 30cm. Selain memahami ciri-cirinya anda juga perlu mengetahui manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan
Manfaat Buah Mangga

1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat buah mangga yang pertama yakni memiliki enzim yang dapat digunakan untuk membantu mencerna serat dan mengolah protein dengan baik. Sehingga hal ini akan sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membuat organ dalam tetap sehat.

2. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Serat yang dimiliki oleh buah mangga juga dapat membantu menurunkan resiko serangan jantung. Kandungan serat ini pun ternyata lebih banyak terdapat pada mangga yang masih muda, namun karena sifatnya yang asam sebaiknya batasi mengkonsumsi mangga muda secara berlebihan

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selain kaya akan vitamin C, buah mangga juga kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Kemudian buah ini juga memiliki kandungan antioksidan alami yang dapat mencegah penurunan penglihatan di masa mendatang.

4. Menyehatkan Kulit

Buah mangga tinggi akan kandungan betakarotein, kandungan ini sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit. Jika rutin dikonsumsi, maka kulit Anda akan terjaga kelembapannya, dan regenerasi sel-sel kulit mati pada kulit akan berjalan lancar.

Cara Merawat Pohon Mangga

Cara Merawat Pohon Mangga
Merawat Pohon Mangga

Setelah membahas mengenai klasifikasi pohon mangga dan manfaat yang didapatkan dari buahnya, tentunya tidak lengkap bila tidak membahas cara merawat pohon mangga.

Adapun cara perawatan yang dapat membantu mangga cepat berbuah seperti berikut ini.

1. Melakukan Pemangkasan

Untuk merangsang pertumbuhan buah supaya lebih optimal, Anda bisa melakukan pemangkasan terhadap ranting atau cabang yang tidak produktif. Hal tersebut dapat mengurangi penyaluran nutrisi yang tidak dibutuhkan, sehingga pertumbuhan akan dipusatkan pada ranting yang tersisa.

Selain itu pemangkasan sendiri juga berguna untuk membantu pemerataan sinar matahari pada dedaunan, sehingga proses fotosintesis menjadi lancar.

2. Berikan Fosfor dan Protein Tinggi

Pemupukan yang teratur pada pohon dapat merangsang pertumbuhan bunga, selain itu kegiatan ini pun dapat menghindarkan pohon dari serangan penyakit. Untuk mencukupi kebutuhan proteinnya Anda dapat memberikan pohon mangga tepung ikan.

Tepung ikan ini dapat digunakan setelah pohon Anda beri pupuk kandang atau pupuk tsp. Gunakan cara ini setiap tiga bulan sekali, dan pohon Anda pasti tumbuh sehat dan lebat.

Begitulah penjelasan mengenai klasifikasi pohon mangga, ciri-ciri, manfaat, serta cara untuk merawatnya. Pohon mangga dapat memberikan buah yang kaya akan manfaat asalkan tanaman tersebut dirawat dengan baik.

Leave a Comment