Tanaman Hortikultura

Ada banyak tanaman yang ditanam dengan metode ini, manfaat, jenis pembudidayaan, serta fungsi dari hortikurtura dapat Anda simak dalam pembahasan berikut ini.

Tapi sebelum itu Anda perlu memahami pengertian tanaman hortikultura dan asal kata dari holtikulturan itu sendiri, pada penjelasan berikut ini.

Pengertian Tanaman Hortikultura

Kebanyakan petani di Indonesia menggunakan metode penanaman hortikultura. Pengertian hortikultura dapat diartikan sebagai kegiatan membudidayakan tanaman pada lahan yang diambil dari bahasa latin hocus dan culture.

Tanaman hortikultura juga merupakan tanaman untuk budidaya dengan kapasitas besar dan memerlukan lahan yang luas pula. Kita ketahui bersama bahwa tanaman pada hortikultura dijadikan sebagai sumber gizi bagi banyak orang.

Berikut ini ada beberapa pengertian tanaman hortikulturan menurut para ahli.

Menurut Perhoti:

Tanaman hortikultura adalah gabungan dari seni, ilmu dan teknologi dalam memanfaatkan atau mengelola segala jenis tanaman berupa sayuran, buah, ornamen, dan tanaman obat-obatan.

Manfaat Tanaman Hortikultura

Berikut ini beberapa manfaat tanaman hortikultura untuk semua kalangan:

1. Membantu Perekonomian Petani

Manfaat Tanaman Hortikultura

Manfaat pertama tanaman hortikulturan bisa membantu perekonomian petani. Selain itu jugaTanaman hortikultura memiliki nilai jual tinggi yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan oleh para petani.

Ditambah lagi permintaan pasar juga tak pernah surut, hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi perekonomian para petani.

2. Sebagai Sumber Pangan Masyarakat

Kebutuhan pangan yang berasal dari tanaman pokok seperti padi dan sayur, membuktikan bahwa masyarakat sangat bergantung pada produk tanaman hortikultura. Karena mayoritas tanaman masih menggunakan metode tersebut, maka masyarakat pun tidak perlu khawatir akan kehabisan stok.

Hal ini sesuai dengan pengertian hortikultura yang melakukan penanaman pada lahan, dimana lahan pertanian sendiri pastinya memiliki ukuran luas yang dapat ditanami ratusan hingga ribuan tanaman.

3. Tanaman yang Dihasilkan Lebih Berkualitas

Tanaman yang Dihasilkan Lebih Berkualitas

Penanaman yang langsung dilakukan pada lahan tentunya akan memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang metode lainnya. Hal ini dikarenakan tanah pada lahan sendiri mempunyai kandungan unsur hara alami, memiliki kualitas pengairan dan udara yang baik, serta mendapat sinar matahari yang cukup.

Faktor-faktor tersebut tentunya dapat mempengaruhi perkembangan dan kesehatan tanaman. Jika semuanya telah terpenuhi maka sudah pasti hasil panen yang didapatkan tidak akan mengecewakan.

4. Dapat Dijadikan Sebagai Wisata Alternatif 

Jika dilihat dari pengertian hortikultura yang cenderung mengAndalkan lahan sebagai media tanam, maka akan sangat tepat jika lahan tersebut dijadikan juga sebagai tempat wisata.

Banyak tanaman holtikutur yang memiliki bentuk eksotis, terlebih lagi jika digabungkan dengan kreatifitas petani dalam menyusun lahan maka akan tercipta pemAndangan yang indah.

Para petani sekarang sudah mulai sadar akan potensipariwisata dengan memanfaatkan lahan pertanian. Sehingga sebagian mulai beralihmenjadi petani bunga, ataupun menanam buah yang dapat dipetik langsung olehpengunjung. Jenis wisata ini sangat menarik, terutama bagi orang perkotaan yangingin mencari suasana baru.

Model Budidaya Tanaman Hortikultura

Setelah membahas pengertian hortikultura dan manfaatnya, sekarang mari kita bahas cara budidaya tanaman hortikultura. Budidaya tanaman hortikultura terbagi menjadi dua cara yaitu menggunakan metode generatif, dan vegetatif.

Kedua metode ini sangat berbeda, pembudidayaan secara generatif dilakukan pada tanaman yang menghasilkan biji, atau melalui perkawinan. Sehingga cara menanamnya cukup mudah.

Cara yang biasa dilakukan dengan pembudidayaan bersifat generatif seperti penyemaian biji, dan pindah tanam.

Sebaliknya, metode vegetatif mengAndalkan bibit yang bukan dihasilkan dari hasil perkawinan. Jika pembudidayaan generatif menggunakan biji, maka vegetatif menggunakan bagian lain tanaman yang diambil langsung dari induknya seperti batang, daun, dan lain sebagainya.

Cara yang digunakan pada budidaya ini pun bermacam-macam, tergantung jenis tanamannya. Beberapa metode vegetatif buatan yang sering dilakukan pada tanaman hortikultur yaitu cangkok, setek batang, setek daun, okulasi, merunduk, dan menyambung.

Fungsi Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura memegang peran yang penting dalam mencukupi kebutuhan hidup manusia, karena tanaman ini memiliki banyak jenis yang digunakan dalam kebutuhan pokok seperti makanan dan juga obat-obatan.

Selain itu tanaman hotikultura punya prospek yang bagus, hal tersebut dikarenakan potensi pasarnya bukan hanya diminati oleh konsumen dalam negeri saja, namun juga konsumen dari luar negeri. Sehingga hal ini sangat berguna dalam membangun perekonomian di Indonesia.

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian hortikutura, manfaat, jenis pembudidayaan, serta fungsi yang dimilikinya bagi perekonomian. Dengan mengkonsumsi tanaman tersebut maka Anda juga ikut membantu meningkatkan kesejahteraan para petani.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar