Sumber Modal Koperasi UU No. 17 Tahun 2012

Badan Usaha yang bernama koperasi ini pada dasanya banyak sekali sumber-sumber dana yang didapat kurang lebih ada sebelas. Artinya sumber dana koperasi tidak hanya berasal dari simpanan pokok ataupun simapan wajib saja.

Akan tetapi sumber dana koperasi bisa berasal dari Dana Cadangan, Donasi (kalau ada), Modal pinjaman anggota, Modal penyertaan, Modal pinjaman koperasi dan masih banyak lagi yang lainya. Dan anda juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan koperasi.

Nah disini khanfarkhan.com ingin menjelaskan mengenai sumber dana koperasi yang harus anda ketahui simak juga penjelasan lengkapnya.

Sumber Dana Koperasi No.17 Tahun 2012

Sumber yang kami bagikan disini adalah sesuai UU terbaru dan ini sudah sahkan oleh pemerintah. Karena penjelasan koperasi menurut UU No 17 Tahun 2012 menjelaskan lebih jelas dan lengkap mengenai komposisi modal yang dimiliki oleh koperasi dalam hal pemisahan kekayaan para anggotanya.

Berbeda dengan penjelasan koperasi daru UU sebelumnya yakni No 25 tahun 1992 dimana tidak menjelaskan secara jelas komposisi modal yang dimiliki koperasi di dalam pemisahan kekayaan para anggotanya tersebut. Selain itu sumber-sumber dana koperasi bisa dilihat sebagai berikut ini.

√ Sumber Modal Koperasi Menurut "UU No 17 Tahun 2012" Terbaru
Sumber Modal Koperasi
“Terdapat dua sumber modal yang selalu dijadikan sebagai modal usaha koperasi antaralain yakni Sumber Modal sendiri dan Sumber Modal Pinjaman”.

1. Modal Sendiri

Sumber modal yang pertama yaitu berasal dari modal sendiri dimana seluruh sumber dananya didapatkan dari simpanan pokok dan simpana wajib para anggotanya. Kemudian dana tersebut di olah kembali dalam bentuk apapun sehingga ketika sudah berjalan dan mendapatkan SHU (sisa hasil usaha) setengah dari hasil tersebut akan di simpan kembali dan dijadikan sebagai dana cadangan.

Pahami juga mengenai pembagian dan cara menghitung sisa hasil usaha koperasi

Hal tersebut dilakukan secara terus menerus sehingga akan memperkuat modal sendiri. Nah disini modal sendiri koperasi ini juga didapatkan dari beberapa sumber diantaranya sebagai berikut:

∞ Simpanan Wajib

Yang merupakan pemberian uang kepada koperasi dan wajib dibayarkan karena untuk mencukupi kebutuhan dana yang akan dikumpulkan. Masing-masing anggotan jumlah yang diberikan berbeda beda. Semua simpanan wajib tersebut haruslah di akumulasikan oleh para anggotanya agar jumlah yang sudah ditentukan bisa tercukupi sebab tujuanya untuk menjalankan dan mengembangkan usaha koperasi.

∞ Simpanan Pokok

Lalu yang kedua ada simpanan pokok, simpanan pokok ini berupa uang dan wajib dibayarkan ketika anda pertama kali masuk anggota koperasi dan uang tersebut untuk mengisi kas jumlahnyapun sama masing-masing anggota.

Uang tersebut biasanya di setorkan bulanan namun selama masih berstatus sebagai anggota koperasi uang tersebut tidak akan bisa anda ambil kecuali anda memutuskan keluar semua simpanan anda bisa diambil.

Jumlah uang bulanan yang harus anda setorkan sudah ditentukan lewat para anggota dan telah disepakati bersama.

∞ Dana Cadangan

Disini dana cadangan haruslah ada guna untuk keperluan koperasi. Dana cadangan sendiri ialah dana yang akan dipakai apabila ternyata terjadi kerugian koperasi atau bisa digunakan sebagai modal tambahan jika diperlukan.

Dari mana dana cadangan berasal ?

Dana Cadangan ini didapatkan dari Sisa Hasil Usaha (SHU) yang disisihkan setiap bulanya. Penyisihan dana tersebut juga sudah di tetapkan di dalam anggaran dasar koperasi sehingga tidak akan berubah-ubah jumlahnya. Sesuai pasal 81 UU No. 17 Thn 2012 bahwasanya koperasi harus menyisihkan suplus hasil usaha sebagai dana cadangan paling sedikit 20% dari SMK (Sertifikat Modal Koperasi).

∞ Hibah atau Donasi

√ Sumber Modal Koperasi Menurut "UU No 17 Tahun 2012" Terbaru
Dana Koperasi

Donasi adalah sejumlah uang atau barang yang diberikan kepada koperasi kemudian bisa di kembangkan kembali guna memperlancar usaha koperasi.

Donasi atau hibah ini diberikan jika ada saja dan tidak rutin perbulan selalu ada.

2. Modal Pinjaman

Selain dari modal sendiri koperasi mendapatkan sumber dana dari modal pinjaman misalnya saja dari modal pinjaman anggota, modal pinjaman koperasi atau badan usaha lain, bank dan modal pinjaman lainya nah berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai sumber modal pinjaman koperasi berasal:

∞ Modal Pinjaman Anggota

Sumber modal pinjaman yang pertama berasal dari modal pinjaman anggota. Modal pinjaman anggota ini berupa simpanan sukarela dan simpan pribadi oleh anggotanya. Jadi tidak hanya dari simpanan poko atau simpanan wajib saja yang umumnya kita ketahui.

  1. Simpanan Khusus/pribadi yakni modal pinjaman yang didapat dari anggota guna membiayai keperluan tertentu. Nantinya modal tersebut akan dikembalikan seseu peraturan khusus atau mendapatkan imbalan balas jasa.
  2. Simpanan Sukarela yakni berupa uang simpanan dari anggota dan uang tersebut akan dapat diambil kembali sesuai waktu perjanjian yang tertera dalam anggaran rumah tangga.

Dalam hal ini tidak ada paksanaa apapun karena sudah di atur dan ada kebijakanya tersendiri.

∞ Bank dan Lembaga Keuangan Lainya

Sumber modal koperasi lainya yang umum adalah didapat dari bank atau lembaga keuangan lainya namun untuk melakukan pinjaman kepada lembaga keuangan seperti bank haruslah mengajukan persyaratan terlebih dahulu seperti dibawah ini:

  1. Memberikan rincian pemakaian modal atau rencana usaha
  2. Menjelaskan jangka waktu pengembalian kredit
  3. Memberikan jaminan bahwa barang yang akan dibeli sesuai dengan jumlah pinjaman

Apabila persyaratan tersebut belum terpenuhi lembaga keuangan akan sulit dalam memberikan dana pinjaman. Pahami juga apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan bank dan non bank.

∞ Modal Peyertaan

√ Sumber Modal Koperasi Menurut "UU No 17 Tahun 2012" Terbaru
Modal Pinjaman

Umumnya jenis modal ini asalanya dari masyarakat langsung atau pemerintah dan modal penyertaan ini ada resiko yang harus di tanggung oleh koperasi nantinya.

  1. Modal dari pemerintah Yakni modal yang asalnya dari BUMN, BUMN akan memberikan bantuan kepada koperasi yang potensinya cukup besar. Dalam hal ini pemerintah tidak turun langsung namun menyerahkan kepada wakilnya untuk mengelola unit usaha terkait. Kemudian modal penyertaan tersebut akan di tarik kembali setelah koperasi sudah berjalan dengan lancar.
  2. Modal Non Pemerintah yang dimaksud disini ialah modal yang berasal bukan dari pemerintah akan tetapi dari perorangan atau lembaga swasta. Modal penyertaan merupakan bentuk usaha dari koperasi yang tujuanya untuk menambah modal sekaligus menanggung resiko yang terjadi. Kesepatan modal didasari atas perjanjian antara penanam modal dan pihak koperasi.

∞ Obligasi dan Surat Utang

Selanjutnya sumber dana yang berasal dari obligasi. Obligasi merupakan surat berharga berupa jutang jangka panjang yang wajib untuk dilunasi ditambahkan dengan bunga dan dibyarkan pada waktu yang sudah di tetapkan sebelumnya.

Ada tata cara jika ingin menerbitkan obligasi yakni dengan mendapatkan izin dari Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan sudah melengkapi persyaratan.

∞ Pinjaman dari Koperasi lain

Koperasi juga bisa mendapatkan pinjaman modal yang berasal dari koperasi lainya namun tentunya dengan kesepakatan antara kedua belah pihak dengan hasil yang saling menguntungkan tentunya.

∞ Sumber Lainya

√ Sumber Modal Koperasi Menurut "UU No 17 Tahun 2012" Terbaru
Sumber Pinjaman Lainya

Dan yang terakhir ialah dana pinjaman yang berasal dari sumber lainya bisa dari pemerintah swasta atau masyarakat yang sudah di pertimbangkan terlebih dahulu sebelumnya.

Apabila ditinjau secara umum sumber modal koperasi yang bisa dijadikan sebagai modal usaha ada dua yaitu secara langsung dan secara tidak langsung

Kalau secara langsung pengurus koperasi harus mengaktifkan pengumpulan tabungan para anggota lalu mencari pinjaman dari pihak bank atau selain bank demi kesuksesan kegiatan operasional koperasi. Dan semua itu dilakukan dengan cara-cara klasik.

Sedangkan secara tidak langsung  modal yang diperoleh tida bisa dipakai langsung melaikan dengan mengambil manfaat dari kemampuan koperasi itu sendiri demi menekan biaya yang tinggi salah satunya dengan cara memupuk dana cadangan, melakukan kerja sama usaha, mendirikan badan-badan bersubsidi dan memperlambat pembayaran wajibnya.

Itulah tadi penjelasan mengenai sumber keuangan koperasi apabila ada penulisan yang salah atau tidak jelas silahkan beri komentar ada di kolom komentar paling bawah artikel. Terimakasih

Please rate this

Leave a Comment