Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

Dengan pulau-pulau yang besar dan wilayah yang sangat luas negara indonesia memiliki berbagai macam sumber daya alam yang begitu melimpah.

Bahkan sampai sekarang ini ada banyak sumber daya alam yang masih belum bisa di manfaatkan dan belum di ketahui keberadaanya. Misalnya saja seperti emas.

Mungkin hanya beberapa tempat saja yang sudah diketahui memiliki kandungan emasnya dan sudah di gali secara benar oleh perusahaan.

Perlu anda ketahui juga bahwasanya ada sumber daya alam yang bisa di perbaharui dan sumber daya alam yang tidak bisa di perbaharui. Jadi kita tidak bisa mengambilnya begitu saja tanpa memikirkan dampaknya untuk lingkungan sekitar.

Nah, disini akan saya jelaskan beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan manfaatnya. Tapi sebelum itu simak dulu apa itu sumber daya alam ?

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam bisa dibilang sesuatu yang asalnya dari alam dan bukan buatan, dan sesuatu itu bisa dimanfaatkan secara baik oleh manusia agar kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh manusia tapi jika habis tidak dapat diperbaharui kembali.

JIka sumber daya alam sudah mulai habis maka akan menyebabkan kelangkaan sumber daya ekonomi. Sebab manusia tidak bisa lagi menikmatinya.

Contoh Sumber Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui dan Manfaatnya

Penambangan yang dilakukan untuk mengambil sumber daya alam
Contoh Tambang

Seluruh hasil alam yang ada diambil dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan alat berat. Berikut ini kami sudah menyiapkan contoh-contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

1. Minyak Bumi

Kandungan yang terdapat didalam minyak bumi setelah dilakukan proses penyulingan akan menghasilkan yang namanya BBM, Minyak Tanah, Aspal dan lainya.

Sumber minyak bumi ini sendiri tidak terbentuk begitu saja, namun sudah mengalami beberapa fase berjuta-juta tahun sebelumnya sampai bisa di manfaatkan saat ini.

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui karena berasal dari mikroplanton yang ada di rawa, danau dan dasar lautan.

Lalu mengalami fase lainya seperti adanya tekanan dari lapisan atasnya dan dari magma yang berasal dari letusan gunung berasi. Fase ini membutuhkan waktu yang sangat lama sekali.

Apabila minyak bumi di ambil secara terus menerus maka lama-kelamaan akan habis juga, karena terbentuk dari sebuah proses juga.

2. Logam Mulia

Berbeda dengan minyak bumi, logam mulia ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi seperti Emas, Perak dan Berlian. Untuk mendapatkanya pun tidak mudah karena berada di dalam perut bumi.

Ada beberapa faktor yang membuat harganya tinggi, yakni bentuknya yang memang bagus, proses mendapatkanya pun tidak mudah dan letaknya berada berkilo-kilo meter di perut bumi.

Dan yang pastinya sangat langka tidak mudah untuk mendapatkanya.

3. Bijih Besi

Bijih Besi merupakan sebuah batuan yang didalamnya terkandung mineral-mineral besi, alumina, silika, magnesia dan mineral lainya.

Bijih besi ini banyak sekali kegunaanya dan manfaatnya untuk kebutuhan industri, yakni sebagai bahan baku pembuatan semen, cat dan juga flux guna peleburan-peleburan logam.

Penyebaran bijih besi ini sendiri ada di Pulau Sumatra seperti (Aceh, Sumatra Barat, Lampung), Pulau Kalimantan tersedia di (Pelaihari, Tanah Bumbu, Kota Baru) dan yang terakhir di Pulau Jawa (Blitar, Cilacap, Tulung Agung dan sekitaran Kulon Proggo).

Dan bahkan saat ini sudah di temukan di daerah timur indonesia yakni di Was Isyop, War Arkopi dan Papua.

4. Nikel

Contoh NIkel
Gamabr NIkel

Persebaran nikel di indonesia cukup luas mulai dari Kalimantan, Papua, Maluku, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Nah nikel ini adalah salah satu komponen yang hanya ada di meteorit, dan nikel juga sebagai komponen yang membedakan antara meteorit dan mineral lainya.

Dari semua nikel yang di dapat ada 65% nikel yang digunakan sebagai bahan pembuatan stainless steel, dengan komposisi 18% besi lalu nikel 8%.

5. Tembaga

Tembaga ini salah satu sumber daya alam yang sampai saat ini diperlukan keberadaanya, sebab tembaga ini manfaatnya banyak sekali untuk keperluan industri dan lainya.

Tembaga juga memiliki daya tahan yang sangat lama, bentuknya yang kuat dan tahan karat bahkan dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kapal laut, kabel listrik dan lain sebagainya.

Nah, tembaga sendiri persebaranya di indonesia berada di Pulau Jawa , Pulau Sulawesi, dan Papua. Aslinya tembaga berwarna merah muda dan berbentuk lunak.

Tembaga juga contoh termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

6. Gypsun

Dari semua kandungan mineral yang ada, gipsun termasuk mineral memiliki kandar kalsium tinggi. Dalam penggunaanya gimpun digunakan sebagai bahan dasar atau bahan campuran.

Gipsun ini sendiri hampir bisa di dapatkan di wilayah yang ada di indonesia. Dibawah ini contoh dari pemanfaatan gypsun.

Pengelolaan Gypsun
Gambar Gypsun yang sudah jadi

7. Gas Alam

Apa yang bisa di manfaatkan dari gas alam ?

Secara umum gas alam yang dimanfaatkan manusia ialah gas alam berbentuk cair. Saat ini gas alam ini di perjual belikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak.

Gas alam ini digunakan untuk keperluan dapur dan rumah tangga, LPG, LNG dan lainya.

8. Batu Marmer

Batu marmer memiliki harga yang cukup mahal jika di olah dan bentuk dengan baik. Batu marmer ini adalah batuan pualam yang terbentuk dari batu kapur yang sudah mengalami perubahan.

Untuk mendapatkanya haruslah menggali terlebih dahulu, karena memang batu marmer ini terkubur di dalam tanah dan posisnya cukup dalam. Saat ini batu marmer dijadikan kramik, hiasan dan ornamen rumah yang sangat antik.

Batu marmer ini banyak ditemukan di wilayah Trenggalek, daerah Bayat dan Lampung. Mau tau seperti ini coba anda perhatikan gambar berikut ini.

Jenis-Jenis batu marmer
Batu Marmer

9. Alumunium

Alumunium banyak sekali di temukan di indonesia dan kalian bisa mendapatkanya dengan mudah di manapun. Alumunium ini adalah logam yang bisa dibilang anti karat, bentuknya yang bisa menggantarkan panas dan ringan di bawa kemana-mana.

Ketika di ambil alumunium ini masih berupa bauksit, setelah di olah barulah menjadi alumunium. Alumunium ini di manfaatkan untuk membuat perabotan dapur, mabel dan peralatan rumah tangga lainya.

10. Batu Gamping

Sebutan lain dari batu gamping ini adalah batu kapur, tapi orang banyak lebih mengenal sebagai batu gamping. Batu gamping banyak di temukan di tempat industri bangunan dan tambang.

Tidak hanya bijih besi, namun batu gamping dimanfaatkan untuk pembuatan semen sebagai bahan utamanya, dan kelebihan lainya adalah bisa di pakai sebagai pupuk tanah yang kurang akan zat kapur.

11. Timah

Sama dengan alumunium timah tahan akan karat selain itu juga timah memiliki sifat konduktivitas panas dan listrik yang tinggi. Bentuknya yang lunak serta memiliki titik leleh yang tidak tingga namun struktruk kristalnya yang tinggi.

Timah bisa ada temukan banyak di Bangka dan dataran Riau. Timah di gunakan sebagai bahan pembungkus permen, bungkus rokok, bungkus coklat dan lainya.

12. Batu Bara

Batu bara memiliki masa perubahan yang sangat lama, batu bara mulai terbentuk sudah dari berjuta-juta tahun yang lalu dan terbentuk dari adanya perubahan alam, seperti gunung meletus, sedimentasi tumbu-tumbuhan dan lainya.

Batu bara ini tertimbun di kerak bumi, serta pemanfaatnya sendir untuk keperluan industri, bahan bakar, sumber enerti kereta api, pembuatan cat, bahan untuk mengaspal, bahan peledak, sabun dan pupuk.

Di indonesia sendiri letak batu bara banyak di temukan di wilayah sumatra dan sekitarnya.

13. Belerang

Blerang memiliki bau yang cukup menyengat dengan warna kekuningan dan letaknya di sekitaran gunung berapi. Blerang bentuknya berupa zat padat dan untuk mendapatkanya tidaklah mudah.

Secara umum blerang digunakan untuk bahan obat patek, korek api, pembuatan pupuk. Wilayah persebaran blerang sendiri ada di gunung Jawa Tengah, Jawa Timur, Jambi dan Sulawesi Tengah.

Berikut ini proses pengambilan belerang.

Proses Penambangan Belerang
Gambar Belerang

14. Mangan

Apa anda tahu batu baterai ? Jika tau nah batu baterai dibuat dengan menggunakan bahan dasar mangan, selain itu juga untuk keramik, pembentukan baja, dan lainya.

Mangan bisa anda temukan di daerah Tasikmalaya, Martapuran dan Kiripan.

15. Intan

Intan ini benetuknya berupa kristal atau alotrop dari karbon dan keberadaanya berada di permukaan bumi dengan kedalaman sampai 161 KM.

Dengan kedalaman seperti ini terdapat batuan yang cair bagian astenosfer, dengan suhu serta tekanan yang tertentu, sehingga memungkinkan adanya perubahan mineral karbon berubah menjadi hitam.

Jadi itulah beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. kalau kita menggunakanya setiap saat lama kelamaan akan habis juga.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan silahkan baca artikel lainya pada postingan kami selanjutnya.

Please rate this

Leave a Comment