Studi Kasus: Pengertian, Jenis dan Contoh Makalahnya

Ketika melakukan sebuah penelitian, metode yang digunakan dalam melakukan penelitian tersebut adalah hal penting yang harus menjadi pertimbangan utama.

Metode penelitian yang digunakan akan menentukan hasil atau tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tersebut sekaligus alat untuk mendapatkan jawaban dari penelitian yang dilakukan.

Dalam sebuah penelitian ada berbagai jenis metode yang digunakan, seperti misalnya studi kasus. Berasal dari bahasa Inggris β€˜case study’ metode ini digunakan untuk mencari makna pada masalah sosial yang dipelajari.

Pengertian Studi Kasus

Pengertian Studi Kasus

Para ahli memberikan pendapat berbeda-beda tentang pengertian studi kasus ini. Kristina Wolff mengungkapkan jika case study ini merupakan sebuah metode penelitian sosial yang menonjolkan pada pAndangan umum pada masyarakat.

Ada juga yang mendefinisikannya sebagai cara mendapatkan jawaban atas penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pertanyaan yang terkait dengan penelitian tersebut.

Didalam membuat laporan penelitian, Anda juga perlu memahami yang namanya tinjauan pustaka. Baca juga tentang contoh tinjauan pustaka dan cara membuatnya.

Jenis Studi Kasus

Metode penelitian ini juga dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuknya. Diantaranya adalah beberapa jenis berikut.

β‘  Ilustratif

Metode ini merupakan sebuah metode penelitian sosial yang mendekatkan pada kajian deskriptif atas berbagai fenomena atau kejadian sosial dalam masyarakat.

Contoh studi kasus ini misalnya penelitian tentang fenomena kenakalan remaja, kemiskinan dan berbagai kejadian sosial lainnya.

Baca juga: Pengertian dan Jenis Kuesioner

β‘‘ Penyelidikan

Jenis selanjutnya adalah proses penyelidikan. Bentuk metode studi kasus ini juga dikenal dengan istilah investigasi.

Metode penelitian ini tergolong cukup efektif dalam mendapatkan hasil dari penelitian yang dilakukan, terutama untuk hal yang berkaitan dengan konflik sosial yang terjadi di dalam masyarakat.

β‘’ Kumulatif

Berikutnya adalah metode penelitian kumulatif. Metode ini dilakukan dengan cara menjelaskan secara singkat atas kumpulan informasi yang didapat dari sumber literasi yang sudah dikumpulkan dan dibandingkan.

Dari sumber-sumber literasi tersebut kemudian dikumpulkan dan ditelaah lebih dalam.

β‘£ Kritis

Bentuk terakhir studi kasus ini dilakukan dengan cara menguji persoalan atau permasalahan dalam masyarakat dengan menggunakan hubungan sebab dan akibat.

Proses penelitian dengan metode ini terbilang cukup sulit dilakukan apalagi oleh orang awam.

Baca juga: Pengertian dan Susunan Kerangka Penelitian

Contoh Makalah Studi Kasus

Setelah mengetahuibeberapa jenis atau bentuk metode penelitian case study, berikut ini adalahcontoh penerapan studi kasus dalam penelitian.

Kasus kenakalan remaja saat ini semakin meningkat, tidakhanya di lingkungan perkotaan bahkan di lingkungan pedesaan. Studi kasus yangdiajukan penulis mengenai kenakalan remaja ini, ditemukan data tentang penyebabdan jenis kenakalan remaja yang sering terjadi di masyarakat. Dengan begitudiharapkan dapat dicari solusi bersama untuk mengatasi masalah tersebut.

Kenakalan remaja kebanyakan terjadi dan dilakukan olehkelompok masyarakat yang masih dalam usia remaja, dengan rentang usia 15-18tahun. Kenakalan yang dilakukan bervariasi mulai dari membolos sekolah hinggaikut tawuran. Dalam berbagai kasus yang sudah mencapai tahap parah, bahkansudah masuk dalam kategori penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Berdasarkan studi kasus yang dilakukan, fenomena initerjadi dikarenakan banyak sebab. Kurangnya pengawasan orang tua dan gurumenjadi salah satu faktor pendukung terbesar. Para remaja yang masih pada tahapmemiliki gelora dan semangat tinggi ini tidak memiliki media lain untukmenyalurkannya.

Dari studi kasus yang dilakukan nantinya bisa didapatkanhasil penyebab terjadinya kenakalan remaja ini. Dengan begitu bisa membantudalam menemukan solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Demikian tadi penjelasan tentang studi kasus dan beberapa bentuk metode penelitian yang menggunakan metode ini.

Contoh yang diberikan di atas hanyalah gambaran singkat yang didapat ketika menerapkan metode ini dalam melakukan penelitian, terutama penelitian terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar