Pengertian Sosialisasi Politik: Fungsi dan Contohnya

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Kita sebagai makhluk sosial pastinya membutuhkan bantuan dari orang lain. Bisa gak sih kita hidup sendiri dan benar benar sendiri gitu? saya yakin gak ada yang bisa.

Apalagi anda yang masih sedang mencari ilmu saat ini, pergaulan itu penting asalkan yang positif misalnya bergaul dengan teman-teman yang pintar. Saya yakin anda akan ketularan pintar, inilah yang saya alami.

Secara tidak sadar kita sudah melakukan sosialisasi. Begitupun dengan mereka, maka kita bisa mengenal karakter dan sifat dari orang tersebut. Sosialisasi sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis, diantaranya ada Sosialisasi Politik.

Apa itu sosialisasi politik? Nah pada pembahasan ini khanfarkhan akan memberikan penjelasan terkait pengertian, contoh dan fungsi sosialisasi politik.

Pengertian Sosialiasi Politik Menurut Para Ahli

Secara umum sosialisasi politik adalah perilaku seseorang yang mampu memberikan motivasi pada pengetahuan sistem politik, gejala politik dan lembaga politik.

Untuk lebih memperjelas lagi penjelasan terkait pengertian sosialiasi politk menurut para ahli:

Pengertian Sosialiasi Politik Menurut Para Ahli
Sosialisasi Politik dalam Masyarakat Semakin Maju
  1. Menurut Ramlan Surbakti (1992)
    Beliau menjelaskan kalau Sosialisasi politik adalah sikap berpolitik yang semua anggota masyarakat lakukan demi menambah pengetahuan dan wawasan.
  2. Menurut Richard E. Dawson (1992)
    Sosialisasi politik ialah bentuk pembelajaran tentang nilai, norma, pengetahuan dan pola pikir yang di jelaskan melalui sistem pendidikan.
  3. Menurut Gabriel Almond (2000)
    Beliau mengatakan pengertian sosialisasi politik adalah perilaku atau mindset politik yang dibentuk supaya memperoleh hasil yang maksimal di dalam pemerintahan.
  4. Kenneth P. Langton (1969)
    Kenneth berpendapat definisi politik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam menjaga kebudayaan politik yang benar. Arti benar disini dengan tidak menyebarkan berita Hoax.

Fungsi Sosiliasi Politik

Melakukan sesuatu hal seperti sosialisasi politik di masyarakat, diharpkan memberikan dampak yang baik. Apabila kita perhatikan pada dasarnya fungsi dari sosialisasi politik ini sendiri seperti apa?

Berikut ini beberapa fungsi sosialisasi politik secara umum:

  1. Memelihara kebudayaan politik suatu bangsa
    Dengan adanya sosialisasi politik bisa mencegah sistem politik yang tidak sehat. Politik termasuk keberagaman budaya yang ada di indonesia.
  2. Memberikan pemahaman kepada seseorang terhadap dunia politik
    Tentunya banyak masyarakat yang tidak memahami dan mengerti makna politik. Sehingga diperlukan sosialisasi politik yang ada di indonesia.
  3. Mengajarkan nilai dan norma mengenai politik
    Penting sekali mengerti nilai-nilai yang terkandung di dalam politik, agar masyarakat menjadikan politik sebagai kebudayaan. Sehingga nantinya masyarakat akan terbiasa dengan nilai-nilai tersebut.

Contoh Sosialisasi Politik

Seperti apa contoh sosialisai politik yang dimaksud pada artikel kali ini. Ada berbagai macam contoh real yang secara tidak sadar terjadi di lingkungan sekitar kita.

Misalnya saja contoh sosialisasi politik dalam keluarga, dalam kelompok pergaulan, di sekolah dan di lingkungan keluarga. Berikut penjelasan secara lengkapnya:

Contoh Sosialisasi Politik dalam Keluarga

Berikut beberapa contoh sosialisasi didalam suatu keluarga:

  1. Mengenalkan semua institusi politik yang impersonal seperti MK (Mahkamah Agung), Partai politik dan Proses Pemilu.
  2. Mengenalkan otoritas melalui individu misalnya saja orang tua, anak, presiden dan aparat kepolisian.

Contoh Sosialisasi Politik dalam Kelompok Pergaulan

Di dalam lingkungan pergaulan, contoh sosialisasi politik yang bisa kita lihat adalah banyaknya organisasi yang berfokus terhadap politik. Adapun contoh-contoh dari organisasi tersebut misalnya saja seperti:

  1. LMND (Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi).
  2. PMI (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia).
  3. HMI (Himpunan Mahasiswa Indonesia) dan lain-lain.

Contoh Sosialisasi Politik di Sekolah

Mungkin diantara kalian ada yang pernah ikut dalam sosialsasi politik disekolah. Adapun contoh sosialisasi politik di dalam lingkunga sekolah seperti berikut ini:

  1. Mengikuti kegiatan PASKIBRA agar melatih siswa bisa mengibarkan bendera saat Upacara.
  2. Pemilihan ketua OSIS yang diikuti oleh semua siswa dan siswi.
  3. Belajar organisasi dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah.
  4. Memberikan materi kepada murid mengenai simbol dari masing-masing partai politik yang ada di Indonesia.

Itulah tadi pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi dan Contoh Sosialisasi Politik di Indonesia. Semoga pada artikel ini bisa memberikan wawasan kepada teman-teman.

Selamat Membaca !!!

Leave a Comment