Alasan Software Akuntansi Begitu di Butuhkan

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Kehadiran accounting software Indonesia dirasa begitu membantu proses penghitungan keuangan dalam dunia usaha. Saat ini, perhitungan akuntansi pada perusahaan menjadi semakin kompleks sehingga rasanya kurang efektif jika hanya dikerjakan dengan menggunakan cara manual.

Penggunaan software akuntansi dianggap lebih mampu meningkatkan efisiensi divisi keuangan dalam sebuah perusahaan. Berikut ini beberapa alasan mengapa software akuntansi begitu dibutuhkan.

Alasan Software Akuntansi Begitu di Butuhkan

Alasan Accounting Software Indonesia Dibutuhkan dalam Usaha

1. Mampu Meminimalisir Terjadinya Human Error

Perhitungan keuangan yang dilakukan secara manual berpotensi untuk menimbulkan human error atau kesalahan yang disebabkan oleh manusia. Jika hal ini terjadi, maka bisa saja perusahaan menelan kerugian yang besar. Oleh karena itu, perusahaan mencoba untu meminimalisir terjadinya human error dalam proses perhitungan keuangan dengan menerapkan software accounting.

Software akuntansi memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam menghitung dan menganalisa keuangan dalam perusahaan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil perhitungan keuangan yang benar-benar valid dan reliable.

2. Mampu Mengerjakan Perhitungan Akuntansi dengan Cepat

Accounting software Indonesia kini semakin banyak digunakan oleh perusahaan berskala kecil maupun besar di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan software tersebut untuk melakukan perhitungan akuntansi secara cepat.

Dengan begitu, kini perusahaan pun bisa lebih memaksimalkan tingkat efisiensi dari divisi keuangan dalam perusahaan tersebut.

Jika perhitungan keuangan dilakukan secara manual atau tanpa menggunakan software akuntansi, maka proses pengerjaanya tentu saja akan memakan waktu yang lama. Hal ini tentu saja akan menghambat produktivitas kinerja perusahaan Anda karena para karyawan hanya berkutat pada pengerjaan satu tugas saja.

3. Kemudahan dalam Perhitungan Aset dan Pajak Perusahaan

Perusahaan perlu menghitung dan mengelola aset yang dimilikinya. Selain itu, mereka juga harus menghitung berapa banyak pajak yang harus dikeluarkannya. Proses penghitungan pajak dan aset yang dilakukan dengan cara manual tentu saja akan terasa menyulitkan.

Selain itu, perhitungan secara manual juga akan menyulitkan Anda dalam melakukan audit data dan juga memonitor saldo pelanggan.

Kehadiran software akuntansi mampu meminimalisir kesulitan-kesulitan dalam prooses perhitungan aset maupun pajak dalam sebuah perusahaan. Hal inilah yang mendorong banyak perusahaan di Indonesia mulai banyak menerapkan software akuntansi ini.

4. Mampu Menghemat Anggaran yang Harus Dikeluarkan oleh Perusahaan

Software akuntansi yang diterapkan oleh sebuah perusahaan dapat membantu menekan jumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Sebab, kini perusahaan tidak perlu lagi melakukan outsourcing manajemen keuangan kepada pihak eksternal.

Selain itu, software ini juga telah mampu mengotomatiskan penghitungan pokok dan prosedur administrasi. Dengan begitu, seluruh data telah disimpan secara digital di tempat yang aman sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan daba untuk pencetakan dan pemberian dokumentasi.

Demikianlah beberapa alasan yang menunjukkan betapa pentingnya accounting software Indonesia dalam dunia usaha. Untuk mendapatkan software akunting yang terbaik, Anda bisa berkonsultasi dengan Soltius Indonesia.

Leave a Comment