Pengertian Serealia: Manfaat, Jenis, Contoh

Serealia merupakan tanaman biji-bijian yang hasil panennya berupa biji atau bulirnya. Tanaman ini menjadi salah satu sumber karbohidrat utama baik di Indonesia atau negara-negara lainnya. Anda mungkin sudah penasaran dengan pengertian serealia, manfaat, jenis, dan juga contohnya.

Untuk itu di bawah ini ada pembahasan lengkapnya yang bisa Anda simak.

Pengertian Serealia

Secara umum, pengertian serealia adalah salah satu jenistanaman yang dibudidayakan untuk menghasilkan bijinya yang kaya akankarbohidrat, serat kasar, dan nutrisi lainnya. Selain kandungan tersebut,tanaman ini juga mengandung beberapa vitamin seperti E dan B kompleks, zatbesi, seng, magnesium, dan lain sebagainya.

Cara tanam dancara panen semua tanaman serealia hampir sama saja. Jika di Indonesia, jenis yangpaling banyak adalah padi, gandum, dan jagung. 80% kandungan serealia adalahkarbohidrat, 5% protein, 5% lemak, 2% air dan mineral, dan sisanya adalahkandungan vitamin.

Jenis dan Contoh Serealia

Setelah mengetahui pengertian serealia, mungkin Anda juga penasaran dengan jenis dan contohnya. Tanaman Serealia sendiri terdiri dari beberapa jenis yang biasa Anda temukan di kehidupan sehari-hari.

Jenis-jenis tersebut juga sekaligus bisa menjadi contohnya.

Berikut ini adalah jenis dan contoh serealia:

  1. Jagung
Jenis dan Contoh Serealia Jagung
Gambar Jagung

Jagung merupakan jenis dan contoh tanaman sereal yang memiliki masa tanam tidak terlalu panjang, antara 80 hingga 150 hari. Di wilayah Indonesia sendiri, ada dua jenis jagung yang sering ditanam yaitu jagung putih dan jagung kuning.

Jagung masuk dalam kategori tanaman palawija, karena jagung banyak di budidayakan oleh masyarakat Indonesia. Dimana pada pembahasan sebelumnya saya sudah membahas mengenai jenis dan contoh tanaman palawija.

  1. Beras
Jenis dan Contoh Serealia Beras
Gambar Beras

Beras adalah butiran dari tanaman padi yang sudah dipisahkan dari kulit padi dengan proses tertentu. Serealia ini juga memiliki jenis yang beragam mulai dari ketan hitam, ketan putih, beras merah dan beras putih.

Meski sama-sama beras, namun dan kandungan gizi yang ada berbeda-beda. Untuk mengetahui ciri-ciri tanaman padi, bisa baca disini.

  1. Sorgum
Jenis dan Contoh Serealia Sorgum
Gambar Sorgum

Sorgum adalah tanaman serba guna yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan namun juga dimanfaatkan sebagai bahan baku industri dan pakan ternak.

Sorgum ini sedikit mirip dengan jagung namun tumbuhnya lebih tinggi lagi.

  1. Gandum

Jika sorgum mirip jagung maka gandum ini mirip dengan beras. Gandum juga dibagi menjadi dua tipe yaitu drum wheat untuk bahan dasar mie dan pasta, serta bread wheat untuk bahan roti.

Tanaman ini mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga dimanfaatkan untuk bahan makanan pokok.

Manfaat Serealia

Mengetahui pengertian serealia beserta jenis dan contohnyatidak lengkap jika tidak mengetahui manfaatnya juga. Untuk itu, ketahui manfaatpenting serealia berikut ini:

  1. ManfaatGandum

Karena mengandung karbohidrat tinggi, mengonsumsi gandumbisa membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, gandum juga mampu menurunkankadar kolesterol sehingga tubuh Anda bisa menjadi lebih sehat. Anda juga bisamengkonsumsi gandum untuk mencegah sembelit dan risiko penyakit kanker.

  1. Manfaat Beras

Kandungan paling besar dari beras adalah zat gula, glukosa, dan tentu saja karbohidrat. Karena rasanya yang manis, beras yang dimasak menjadi nasi mampu memenuhi kebutuhan energi Anda.

Jadi aktivitas sehari-hari yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik. Beras adalah salah satu dari banyaknya tanaman pangan yang setiap harinya di konsumsi oleh manusia.

  1. Manfaat Jagung

Tidak hanya dikonsumsi manusia saja, jagung juga seringdipakai sebagai pakan hewan misalnya saja ayam. Selain bijinya, bagian laindari tanaman jagung juga bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar, pupuk kompos,pakan ternak, serta bahan baku kertas.

  1. Manfaat Sorgum

Seluruh bagian sorgum dari mulai akar hingga daun memilikimanfaat masing-masing. Tangkai daun bisa dijadikan sapu, daunnya diberikankepada ternak, bunganya untuk hiasan, dan batangnya untuk pembuatan kertas.

Itulah informasimengenai pengertian serealia beserta dengancontoh dan manfaatnya. Semoga informasi yang diberikan mengenai tanamanserealia ini berguna untuk Anda.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar