Recount Text Adalah: Jenis dan Contoh

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Mendengar kata recount text, mungkin masih terasa asing bagi sebagian besar dari Anda. Apalagi jika Anda belum begitu mengenal bahasa inggris. Ketika anda sudah memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP) sehingga Sekolah Menengah Atas (SMA) anda pernah di tugaskan untuk membuat recount text.

Biasanya anda akan ditugaskan untuk mengceritakan tentang pengalaman pribadi anda menggunakan bahasa inggris. Disini saya ingin memberikan beberapa contoh recount text, namun sebelum itu anda bisa memahami pengertian dan jenis recount text terlebih dahulu.

Pengertian Recount Text

Pengertian Recount Text
Recount Text

Recount text sendiri merupakan cerita masa lampau yang ditulis ulang untuk mengingat suatu pengalaman di masa lampau tanpa adanya tujuan membuat konflik apapun. Banyak sekali contoh recount text berdasarkan jenis recount text itu sendiri.

Dikarenakan recount text merupakan cerita masa lampau yang diceritakan kembali maka text yang digunakan adalah past tense. Tidak hanya verb atau kata kerjanya saja yang menggunakan past tense akan tetapi juga keterangan kata sambung dan keterangan waktunya juga menggunakan time connective lampau.

Jenis-Jenis Recount Text

Seperti yang telah sekilas dijelaskan di atas bahwa di dalam ilmu literasi bahasa Inggris ada yang namanya recount text. Recount text bisa menjadi suatu pelajaran dalam menyusun suatu kalimat berbasis masa lampau.

Dalam kaidah literasi bahasa inggris, recount text dibagi menjadi beberapa jenis. Diantara jenisnya adalah :

  • Personal

Diangkat dari kata personal yang artinya pribadi, jenis recount text yang satu ini berisi tentang pengalaman pribadi entah itu terkait lingkungan sekolah,  liburan,  dan lain sebagainya yang diceriakan secara mendetail dengan menggunakan bahasa lampau atau past tense.  

  • Factual

Berbeda dengan jenis recount text personal, jenis recount text yang satu ini lebih mengangkat kepada fakta yang pernah terjadi dalam kehidupan. Artinya setiap hal yang diceritakan di dalamnya nanti akan membahas hal yang benar-benar terjadi. Misalnya menceritakan tentang suatu penilitian yang pernah dilakukan.

  • Historical

Diangkat dari kata history yang artinya sejarah, jenis recount yang satu ini berisi mengenai kisah sejarah yang diceritakan ulang dengan menggunakan past tense tentunya. Ada banyak contohnya seperti menceritakan sejarah terbentuknya suatu tempat atau bisa juga mengangkat kisah sejarah suatu daerah.

  • Imaginative

Dalam hal ini penulis bisa menceritakan kisah imajinasinya dalam bentuk past tense yang artinya imajinasi yang pernah dialami bisa diceritakan ulang dengan menggunakan bahasa lampau.

Contoh Recount Text

Untuk bisa memaham lebih dalam apa dan bagaimana itu recount text maka sebagai contoh recount text tentang pengalaman pribadi bisa Anda simak di bawah ini :

When i was child, i was really like to ride a bike. At that time i learned to ride bike with my brother. Every afternoon i was always learned to ride a bike.

One day in one afternoon when i was back from my school i learned again with my brother. In the middle of way i see my close friend. Suddenly i heard my friend called me. And absolutely i looked toward to my friend. I didn’t see my way at that time. And suddenly i fell to the river.

Fortunately no water in the river at that time. I was so embrassed at that time. That was the embrassed moment in my childhood.

Pada contoh di atas bisa Anda lihat bahwa dalam setiap kalimat yang ada pada penggalan cerita menujukkan sebuah pengalaman atau cerita pribadi yang telah terjadi di masa lampau. Anda bisa mengetahuinya dari setiap keterangan waktu atau verb past yang digunakan pada beberapa kalimat yang ada.

Dengan verb dan keteragan waktu yang digunakan tersebut maka Anda sudah bisa melihat bahwa jenis text di atas merupakan recount text terstruktur.

Leave a Comment