Manfaat dan Fungsi Pupuk Za

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Tanah merupakan media tanam yang sangat dibutuhkan untuk tempat hidup tanaman. Tanah yang subur sudah pasti akan membuat tanaman tumbuh subur dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas baik.

Salah satu cara untuk memperbaiki struktur tanah dan membuat tanah subur adalah dengan pupuk buatan Za. Manfaat pupuk za untuk tanah pun sangat beragam.

Apa Itu Pupuk Za (Amonium Sulfate)

Pengertian Pupuk Za

Semua jenis pupuk pada dasarnya memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk meningkatkan kandungan unsur hara di dalam tanah serta memperbaiki struktur tanah. Pupuk Za adalah salah satu jenis pupuk buatan yang sering dimanfaatkan dalam pertanian.

Pupuk Za sendiri merupakan pupuk buatan yang memiliki kandungan amonium sulfat di dalamnya. Pupuk ini dibuat untuk membantu tanah mendapatkan tambahan kandungan hara berupa belerang dan nitrogen.

Dua kandungan ini adalah dua kandungan yang memiliki manfaat penting bagi tanah dan tanaman.

Manfaat Pupuk Za untuk Tanaman

Bentuk pupuk Za ini berupa kristal yang menyerupai kristal pada garam. Kandungan belerang di dalamnya akan membantu memperbaiki unsur hara, terutama pada jenis tanah alkali yang kurang kandungan sulfur. 

Pupuk buatan ini banyak dimanfaatkan karena memberi banyak manfaat. Seperti beberapa manfat pupuk za berikut.

  1. Memperbaiki Kualitas Tanah

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, manfaat pupuk za yang utama adalah untuk memperbaiki kualitas tanah. Di dalam pupuk za yang memiliki banyak kandungan sulfur atau belerang nitrogen akan sangat membantu dalam memperbaiki kualitas, terutama kualitas tanah berjenis alkalis yang kurang kandungan sulfur.

  1. Meningkatkan Kualitas dan Produktifitas Tanaman

Pupuk Za banyak mengandung Nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh tanaman di dalamnya. Kandungan Nitrogen ini sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk membantu pertumbuhan vegetatif tanaman.

Dengan begitu, manfaat pupuk za akan sangat membantu dalam meningkatkan produktifitas sekaligus kualitas tanaman.

  1. Meningkatkan Ketahanan Tanaman dari Serangan Hama

Salah satu faktor yang menyebabkan kualitas dan produktifitas tanaman terganggu adalah karena serangan hama. Maka ini adalah manfaat pupuk za selanjutnya bagi tanaman, yaitu membuat tanaman bisa tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

  1. Memperbaiki Aroma Tanaman
Fungsi Pupuk Za untuk Tanaman Padi

Pupuk Za memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini berperan dan bermanfaat untuk membentuk senyawa dimana senyawa tersebut bisa menghasilkan minyak.

Pada beberapa jenis tanaman, minyak ini sangat diperlukan untuk memperbaiki aroma tanaman tersebut. Seperti misalnya pada tanaman bawang merah, bawang putih serta tembakau. Kandungan sulfur di dalam pupuk Za tidak hanya akan membantu memperbaiki aroma tanaman saja.

Lebih dari itu, pupuk Za juga akan memperbaiki kelenturan pada tanaman tembakau serta mencegah penyusutan dan membuat umbi bawang merah dan bawang putih bisa lebih besar.

  1. Memperbaiki dan Meningkatkan Kandungan Hasil Tanaman

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari penggunaan pupuk Za adalah untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan Kandungan yang ada di dalam hasil tanaman. Beberapa tanaman yang pasti memiliki kandungan yang berbeda.

Seperti misalnya, ada tanaman yang mengandung vitamin dan ada yang mengandung protein. Pupuk Za ini akan membantu dalam meningkatkan kedua kandungan tersebut dalam hasil tanaman. Dengan begitu juga akan meningkatkan kualitas hasil tanam yang didapatkan.

Fungsi Pupuk Za untuk Tanaman Kelapa Sawit

Berikut ini ada beberapa fungsi atau kegunaan dalam pemakain pupuk Za (Amonium Sulfat) untuk tanaman kelapa sawit.

  1. Fungsi pupuk Za membantu membentuk bintil akar.
  2. Untuk membantu proses pembentukan tunas.
  3. Membantu proses pembentukan zat hijau daun atau klorofil pada daun.

Fungsi Pupuk Za untuk Tanaman Padi

Selain untuk kelapa sawit kegunaan pupuk za juga bisa untuk tanaman padi, berikut kegunaanya.

  1. Fungsi pupuk Za mampu memperbaiki kualitas tanah khususnya pada tanah alkalis.
  2. Memperbaiki kandungan nutrisi pada tanaman.
  3. Membuat tanaman menjadi tahan dari serangan penyakit dan haman.
  4. Membantu pertumbuhan tunas baru pada tanaman.

Penggunaan pupuk buatan bukanlah suatu hal yang dilarang dalam pertanian. Misalnya penggunaan pupuk Za. Hal ini karena pupuk buatan juga berperan dalam membantu memperbaiki kandungan hara dalam tanah serta memberikan manfaat lainnya.

Seperti manfaat pupuk Za yang sudah dijelaskan di atas. Asalkan, pemberian pupuk buatan ini dalam jumlah yang tidak berlebihan. Jika diberikan dalam jumlah berlebihan justru akan mengganggu ekosistem dan keseimbangan lingkungan.

Leave a Comment