Pupuk Tsp

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Setiap petani pasti akan melakukan apapun supaya kebutuhan nutrisi tanaman mereka tetap terjaga, salah satunya adalah dengan pemberian pupuk. Pembahasan kali ini akan mengupas tentang jenis pupuk yang banyak digunakan oleh para petani sawit dan padi, yaitu  pupuk Tsp.

Pupuk Triple Super Phosphate merupakan jenis nutrient anorganik yang dapat memperbaiki unsur hara pada tanah. Lebih lengkapnya silahkan simak dalam rangkuman berikut ini.

Manfaat Pupuk Tsp untuk Tanaman

Berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan pupuk Tsp untuk tanaman:

1. Berperan Dalam Menyusun Asam Nukleat

Kandungan nitrogen yang terdapat pada pupuk Tsp dapat membantu pembentukan unsur hara pada tanah, salah satunya adalah asam nukelat. Senyawa ini dibutuhkan oleh tanaman dalam mensitetis protein ke masing-masing sel yang membutuhkan.

Dengan kandungan asam nukelat yang tercukupi maka metabolisme tanaman akan selalu terjaga, sehingga tanaman jauh dari serangan hama maupun penyakit.

2. Membantu Proses Fotosintesis

Membantu Proses Fotosintesis

Kandungan nitrogen pada pupuk tsp juga berjasa dalam proses pembentukan sel hijau daun, hal ini ditandai dengan warna daun tanaman yang berwarna hijau cerah. Sel hijau daun sendiri memegang peran yang penting bagi kelangsungan hidup tanaman.

Dengan fotosintesis dan proses respirasi yang lancar tentunya tanaman dapat tumbuh dengan cepat dan menghasilkan panen yang memuaskan.

3. Dapat merangsang perkembangan akar

Pupuk yang memiliki rumus kimia Ca(H2PO4) ini memiliki kandungan PHOSPIATE dengan kadar mencapai 46%. Kandungan ini berperan dapat merangsang pertumbuhan serta perkembangan akar dengan optimal. Hasilnya akar tanaman dapat tumbuh dengan lebat dan sehat.

Akar tanaman dengan kemampuan mencengkram tanah yang baik tentunya tidak akan mudah roboh. Sehingga meski tanaman terus bertambah tinggi ataupun tertiup angin saat masa pertumbuhan, dijamin tanaman tersebut tidak akan mudah tumbang.

4. Menjaga Kelembaban Tanah

Apabila unsur hara pada tanah telah diperbaiki oleh pupuk Tsp maka kemampuan tanah dalam menyerap dan menyimpan air akan bertambah.

Kondisi ini akan menyebabkan tanah di lahan tanam menjadi lembab sehingga tanaman tidak cepat kering. Namun, hal ini tentunya harus dibarengi dengan penyiraman yang rutin.

5. Meningkatkan Hasil Produksi Tanaman

Pembungaan dan proses masaknya buah didasari oleh kandungan fosfor yang diperoleh tanaman dari tanah. Pupuk Tsp sendiri dibekali dengan kandungan fosfor yang dapat memicu dan mempercepat tumbuhnya bunga pada tanaman. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada hasil panen yang akan Anda peroleh.

Apalagiuntuk perawatan pohon mangga, penggunaa pupuk mampu membuat buah mangga menjadi lebih lebat.

Harga Pupuk Tsp

Dibandingkan dengan manfaatnya yang besar, harga pupuk Tsp tidaklah mahal. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 5.000 saja per kilonya. Harga dari pupuk diambil berdasarkan kualitasnya.

Jadi semakin tinggi kualitas pupuk yang Anda pilih tentu saja akan semakin mahal harganya. Akan tetapi dengan menggunakan pupuk berkualitas tinggi maka kualitas tanaman dan hasil panennya akan semakin baik.

Cara Penggunaan Pupuk Tsp

Untuk menggunakan pupuk jenis ini pada tanaman tidak membutuhkan usaha yang rumit. Anda cukup menaburkannya pada tanaman di area piringan. Selain itu Anda juga bisa mencampurnya dengan tanah, dengan cara membenamkan pupuk  ke dalam lahan tanam sesuai dosis.

Jarak yang efisien untuk menaburkan pupuk ini yaitu kurang lebih 25cm mulai dari pangkal batang sampai piringan bagian ujung. Supaya dosisnya tetap terjaga Anda bisa memakai alat takar yang dapat dibeli di toko pertanian atau membuatnya sendiri.

Pemupukan menggunakan pupuk Tsp dapat Anda lakukan minimal satu kali dalam seminggu supaya kesuburan tanah tetap terjaga.

Leave a Comment