Contoh Produksi Terus Menerus dan Produksi Terputus Putus

Khanfarkhan.com | Produksi adalah salah satu tahapan mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi. Sebuah perusahaan yang melakukan produksi sendiri tujuanya untuk memenuhi permintaan para konsumenya.

Tapi tahukah anda apa yang dimaksud dengan proses produksi terus menerus dan terputus putus ?

Proses produksi terus menerus ialah tahapan dalam mengelola bahan yang terus bergerak hingga menghasilkan sebuah produk.

Sedangkan proses produksi terputus putus ialah sekumpulan komponen bahkan lebih yang akan diproses atau sedang menunggu dan membutuhkan persediaan barang saat proses.

Contoh Produksi Terus Menerus

Yang dimaksud dalam proses produksi terus menerus ialah proses produksinya dilakukan terus berkelanjutan maka bisa dilihat kalau prosesnya akan terus berjalan secara bersamaan dengan setiap langkah lainya. Jadi dari mulai bahan masih mentah dan menjadi barang jadi proses produksinya berjalan pada waktu yang bersamaan pula.

Baca juga apa yang dimaksud dengan kegiatan produksi yang sudah kami jelaskan dipembahasan sebelumnya. Berikut ini beberapa contohnya:

Transportasi

Dalam hal ini bisa kita lihat pada stasiun kereta api dimana para pekerja disana sibuk mengatur keberangkatan kereta dan juga menunggu kedatangan kereta dari daerah lain pada waktu yang bersamaan.

Perusahaan Manufaktur

Pada hakikatnya manufaktur memiliki tahapan tahapan operasi dan disetiap tahapan operasi tersebut menjadikan bahan mentah lebih dekat ke bentuk akhirnya alias bahan jadi dan prosesnya dilakukan pada waktu yang bersamaan.

Proses Administrasi

Dalam hal ini yang proses administrasi yang dimaksud misalnya saja dalam hal pengurusa paspor dengan menjalankan beberapa tahapan memakai perangkat komputer dan tambahan aplikasi sebagai softwere pendukung.

Tipe-Tipe Produksi terus menerus

Selain itu proses produksi secara terus menerus ini memiliki 6 tipe antara lain yakni:

√ Contoh Produksi Terus Menerus dan Produksi Terputus Putus
Motor
  • Perakitan: ialah sebuah proses produksi yang menambahkan beberapa bagian kedalam sebuah barang. Misalnya saja seperti merakit kerang motor lalu menambahkan body motor, ban dan jok motor yang dilakukan secara bertahap.
  • Produksi Masal: ialah suatu proses produksi dengan jumlah yang banyak untuk satu jenis barang saja. Misalnya pabrik pisang yang memproduksi pisang denga kualitas baik dan selama 24 jam terus beroperasi untuk dijual ke konsumen.
  • Proses Manufaktur: ialah perusaahan yang menhasilkan bahan bahan kimia dalam kegiatan produksinya. Misalnya saja pembuatan besi baja yang menggunakan bahan kimia sebagai bahan campuran secara terus menerus. Sebaiknya anda pahami juga perbedaan dari perusahaan manufaktur, dagang dan jasa
  • Penyesuaian Massal: ialah penggolongan bahan terbaik dan sesuai untuk barang yang khusus sesuai kebutuhan pelanggan. Misalnya saja produksi sereal tapi di tambahkan dengan varian rasa seperti coklat, keju dan rasa lainya.
  • Produksi Energi: ialah pengelolaan sumber daya alam dan dijadikan sumber energi. Misalnya saja Bendungan Batu Tegi yang mampu menghasilkan listrik dengan tegangan tinggi secara terus menerus.
  • Diferensiasi tertentu: ialah sebuah proses alami yang mampu menghasilkan barang berkesinambaungan. Misalnya saja seperti kayu jati atau sengon di olah oleh para pengrajin sehingga bisa dibuat lemari, kursi meja dengan bahan dasar kayu tersebut.

Baca juga beberapa contoh siklus hidup produk dan tahapanya secara lengkap

Contoh Produksi Terputus putus

Dalam hal ini produk yang diproses bukanlah menggunakan bahan dasar aliran terus menerus dalam kegiatan produksinya. Akan tetapi terdapat beberapa komponen yang akan diproses atau sedang akan di proses sehingga lebih banyak membutuhkan persediaan barang dalam proses. Cotohnya sebagai berikut ini:

Perusahaan Percetakan

Merupakan sebuah kegiatan produksi yang memakai teknologi atau seni untuk menghasilkan salinan dari sebuah gambar secara cepat, tepat dan baik.

Perusahaan Meabel

√ Contoh Produksi Terus Menerus dan Produksi Terputus Putus
Meabel

Seluruh barang yang di produksi adalah untuk perlengkapan rumah ataupun kantor misalnya seperti kursi, meja dan lemari dengan menggunakan bahan dasar kayu.

Terus kunjungi situs kami ini untuk menambah wawasan anda dalam hal pendidikan.

Demikianlah tadi penjelasan seputar proses produksi semoga penjelasan diatas bisa bermafaat dan jika anda yang hurang paham silahkan tanyakan di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan selamat membaca

Please rate this

Leave a Comment