12 Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi [Terlengkap]

2 min read

Pihak-pihak Pemakai Informasi Akuntansi – Secara umum akuntansi memiliki peran sebagai Bahasa komunikasi ekonomi baik bagi perorangan ataupun Lembaga.

Kemudian system akuntansi sendiri akan mengluarkan laporan yang menyajikan informasi pokok kepada para pemakainya. Nah, pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.

Pihak-Pihak Pemakai Informasi Akuntansi

Dalam sebuha perusahaan pihak berkepentingan yang memerlukan informasi akuntansi yakni pihak intern dan ekstern.

12 Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi

Definisi Pihak Intern

Pihak intern merupakan pihak-pihak yang memiliki sebuah tanggung jawab dalam mengelola serta melaksanakan manajemen sebuah perusahaan.

1. Pemilik (Owner)

12 Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi
Pemilik/Owner

Pemilik perusahaan selalu mengharapkan untuk mengetahui apakah bisnisnya sudah berjalan dengan baik atau justru tidak berjalan sama sekali.

Disini yang perlu diketahui oleh pemilik perusahaan ialah posisi keuangan, melihat investasi, membandingkan total rekening dengan periode sebelumnya serta prospek perusahaan di masa yang akan datang dan juga hasil yang diperoleh oleh perusahaanya.

 

Baca Juga :

  1. Perlakuan Akuntansi dan Pelaporan Saham
  2. 13 Prinsip Dasar Akuntansi Yang Berlaku Umum Menurut Ahli
  3. Pengertian, Contoh dan Sifat – Sifat Kas dalam Akuntansi [Lengkap]

 

2. Manajemen

12 Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi
Manajemen

Semua manajer dari tingkat tertinggi ataupun terendah memerlukan sebuah informasi akuntansi yang cermat dan berhubungan dengan bidang pertanggungjawaban mereka.

Misalnya saja : Ketika akan menentukan harga pokok produk, manajer bidang produksi memerlukan informasi akuntansi yang berkaitan dengan perhitungan biaya produksi juga.

 

3. Karyawan

12 Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi
Karyawan

Semua karyawan perusahaan memerlukan informasi keuangan untuk dijadikan bahan perundingan kontrak kerja, pengajuan kesajahteraan ataupun kepentingan karyawan yang lainya.

Dan jika sudah diketahui kalau posisi keuangan perusahaan baik maka, karyawan bisa tenang dalam melaksakan pekerjaanya,

 

Definisi Pihak Ekstern

Pihak Ekstern dapat didefinisikan sebagai seorang partner perusahaan atau entitas. Pihak ekstern juga bisa digolongkan menjadi 6 antara lain sebagai berikut :

1. Kreditor

Kreditur atau kreditor merupakan pihak yang bisa memberikan bantuan barang kredit ataupun pinjaman kepada perusahaan.

Dan kreditur sangat membutuhkan informasi keuangan karena kreditor ingin mengetahui kemampuan/kesehatan keuangan sebuah perusahaan.

Dan tentunya disini pihak kreditor akan menilai perusahaan apakah, perusahaan bisa mengembalikan pinjaman atau tidak.

Kemudian pihak kreditur akan langsung menolak usulan kredit jika informasi keuangan perusahaan memperlihatkan hal yang negatif.

 

2. Pemerintah

Pada dasarnya pemerintah memperoleh informasi akuntansi demi keperluan pemungutan (penetapan) pajak serta untuk memenuhi ketentuan peraturan dan juga undang-undang.

 

3. Investor

12 Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi
Investor

Investor  merupakan sekumpulan masyarakat yang memiliki permodalan. Apabila mereka ingin menginvestasikan modalnya, maka mereka memerlukan informasi keuangan perusahan dalam mengukur kemampuan (profitabilitas) perusahaan atau prospek perusahaan dimasa depan.

Dan tentunya akuntansi memungkinkan para investor untuk melihat keamanan investasi.

 

4. Konsumen (Pelanggan)

Dalam partner bisnis perusahaan memakai informasi akuntansi dalam rangka untuk  evaluasi mengenai  hubungan dagang dan juga usaha yang akan datang.

 

5. Masyarakat

Disini masyarakat bisa mengetahui kontribusi perusahaan dalam perekonomian nasional, trend serta perkembangan terakhir kesejahteraan perusahaan beserta rangkaian aktivitasnya.

 

6. Beasiswa Penelitian

Untuk informasi akuntansi sendiri ialah sebuah cerminan kinerja perusahaan/entitas bisnis.

Kaum akademik sendiri, memerlukan sebuah infromasi akuntansi yang sangat rinci berhubungan dengan Aset, Penjualan, Kewajiban, Beban (Biaya) dan data pemegang saham yang ada pada pencatatan akuntansi perusahaan.

 

7. Lembaga Keuangan

Pastinya dalam perusahaan lambaga keuangan memerlukan informasi akuntansi dalam rangka memberikan kredit atau  pinjaman untuk memastiakan kelayakan serta menganalisa posisi keuangan perusahaan.

 

8. Otoritas Pajak

12 Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi
Otoritas Jasa Keuangan

Ketika akan menentukan kredibilitas pajak sebuah entitas harus menyertakan informasi keuangan. Dimana bertujuan supaya bisa dilihat rekam jejak keuangan yang bisa dilihat di laporan keuangan perusahaan berkaitan.

 

9. Agent Regulatory

12 Pihak – Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi
Agent Regulatory

Badan-badan dari pemerintah misalnya bagian Departemen Hukum, Panitera serta lainya memerlukan informasi akuntansi untuk memastikan kalau perusahaan yang berkaitan mematuhi peraturan hokum maupun Undang-undang yang berlaku.

Itulah tadi penjelasan mengenai 12 Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi semoga dengan penjelasan saya diatas tadi bisa bermanfaat untuk teman-teman sebuah dan membantu anda serta bisa menambah wawasan anda kedepanya. Dan terimakasih banyak atas kunjunganya.

Lihat Juga :

 

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *