Metode Pethitungan Pendapatan Nasional

Pendapatan Nasional –  Seluruh negara yang ada di dunia untuk menghitung pendapatan yang diterima oleh negara yang disebut perhitungan pendapatan, itulah konsep yang sampai saat ini banyak digunakan.

Tahukah anda apa manfaat dari pendapatan nasional serta bagaimana cara menghitung pendapatan nasional. Bagi teman – teman yang belum mengetahuinya simaklah penjelasan dibawah ini.

Pengertian Pendapatan Nasional

Apa itu Pendapatan Nasional ?

Secara umum pendapatan nasional adalah semua pendapatan yang sudah diperoleh oleh semua anggota masyarakat atau seluruh RKT (rumah tangga) di dalam negara dengan kurun waktu tertentu, biasanya hanya dalam satu tahun saja.

Pendapatan nasional juga didefinisikan sebagai hasil produksi nasional sehingga bisa dikatan hasil produksi yang didapat oleh semua anggota masyarakat. Pahami juga pengertian dan jenis-jenis pendapatan.

Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitung Pendapatan Nasional
Ilustrasi Pendapatan Nasional di Indonesia

Pada awalnya perhitungan pendapatan sendiri dicetuskan orang asal inggris yang merupakan seorang ahli ekonomi, yakni Sri Wiliam Petty.

Pada tahun 1665 diperkirakan dia berusaha dalam mencari cara yang mudah dan juga efektif dalam menghitung pendapatan negara. Setelah malaui berbeagai perdebatan dan macam penelitian yang dilaksanakan bersamanya dengan parlemen dan ahli-ahli ekonomi lainya.

Yang kemudian muncul sebuah konsep perhitungan pendapatan nasional yang terkenal hingga sekarang.

Cara Menghitung Pendapatan Nasional

Terdapat tiga bentuk yang dipakai  dalam perhitungan pendapatan nasional. Beberapa 3 pendekatan yang digunakan dalam perhittungan pendapatan nasional.

¶ Pendekatan Pendapatan

Hasil perhitungan dari pendapatan nasional yang diterima suatu negara dengan cara menjumlahkan dan menganalisa terhadap seluruh pendapatan yang didapat oleh negara tersebut.

Jika dilihat melalui pendekatan pendapatan, untuk memperoleh pendapatan nasional yakni dengan mentotalkan semua pendapatan yang diperoleh masyarakat sebagai balas jasa atas apa yang mereka terima. Maka pada proses produksi sendiri meliputi:

1. Upah/gaji (W) =  Balas jasa pemilik tenaga kerja

2. Bunga (i) = Balas jasa pemilik modal

4. Keuntungan (profit/p) = Balasa jasa Pengusaha

5. Sewa (r) = Balas jasa yang mempunyai tanah

Y = w + r + i + p
Keterangan:
Y = Pendapatan Nasionalr = Pendapatan dari upah, gaji dan lainya

w = Pendapatan bersih atas sewa

i = Pendapatan atas bunga

p = Pendapatan dari keuntungan perusahaan dan usaha perorangan

¶ Pendekatan produksi

Cara ini dipakai dengan menjumlahkan dari seluruh hasil produk yang dapat dihasilkan oleh suatu negara dari segala bidang yang dijalani. Untuk bisa menghitung pendapatan nasional melalui pendekatan produksi bisa menggunakan rumus berikut ini:

Y = (Q1 x P1) + (Q2 x P1) + (Q3 x P3) + … + (Qn x Pn)
Keterangan:
Y = Pendapatan NasionalP1 = Harga barang ke-1

Pn = Harga barang ke-n

Q1 = Jenis barang ke-1

Qn = Jenis barang ke-n

¶ Pendekatan Pengeluaran

Dalam perhitungan pendapatan nasional dihitung dengan cara menjumlahkan semua pengeluaran demi barang yang akan dibeli, terutama impor  oleh suatu negara dalam satu periode yang meliputi:

  1. Pengeluaran konsumsi rumah tangga.
  2. Investasi domestik bruto.
  3. Pengeluaran konsumsi pemerintah.
  4. Ekspor neto atai nilai ekspor di kurangi dengan impor jika ditulis secara matematis maka terlihat pada rumus berikut ini:
Y = C + G + I + ( X – M )
Keterangan:
Y = Pendapatan NasionalC = Konsumsi rumah tangga

I = Investasi

G = Pengeluaran pemerintah

X = Ekspor

M = Impor

Untuk mencari pendapatan perkapita suata negara tentu saja perlu perhitunganya tersendiri berbeda dengan mencari pendapatan nasional.

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Pada saat ini perhitungan pendapatan nasional yang digunakan memiliki banyak sekali manfaat bagi suatu  negara. Beberapa manfaat dari perhitungan pendapatan nasional :

1. Membantu perhitungan jumlah pendapatan suatu negara

Dalam perhitungan pendapatan nasional memiliki manfaat yang sangat penting sesuai dengan namanya, yakni besar  perolehan pendapatan nasional dalam suatu periode.

Dikatakan negara makmur tidak bisa  dilihat dari seberapa besar pendapatan nasional di suatu negara.

2. Membantu mengetahui kerugian atau keuntungan yang dihasilkan suatu negara

Manfaat lain selain mengetahui perolehan pendapatan suatu negara, manfaat lainya juga untuk mengetahui kerugian dan keuntungan yang didapat suaatu negara.

Bahkan sampai  ada yang mengalami kebangkrutan lewat perhitungan pendapatan nasional.

3. Membantu untuk mengetahui pengeluaran negara

Manfaat dari perhitungan pendapatan nasional berguna juga untuk mengetahui besar pengeluaran suatu  negara, yang dapat ditentukan oleh  para ahli ekonomi.

Apakah negara tersebut terlalu banyak melakukan pengeluaran atau tidak dan akan menentukan kebijakan-kebijakan pemeritah lebih lanjut.

4. Membantu dalam melihat tingkat pertumbuhan ekonomi dari suatu negara

Jika dalam suatu negara sudah melakukan perhitungan pendapatan nasional manfaat yang didapat adalah kita sebagai warga dunia bisa mengetahui tinglkat pertumbuhan dari suatu negara.

Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitung Pendapatan Nasional
Pertumbuhan Ekonomi

Ada rumus dalam perhitungan ini yang telah disebutkan sebelumnya, dimana posisi pertumbuhan ekonomi dinyatakan dalam bentuk persen (%). Sehingga bisa dikategorikan apakah suatu negara berada pada pertumbuhan ekonomi  yang tinggi atau lambat pertumbuhanyaa.

5. Sebagai sebuah acuan dalam melakukan analisis ekonomi

Ada hal yang paling menarik dari hasil perhitungan pendapatan nasional ialah dari berbagai analisa yang akan muncul. Baik dari penjabat pemerintah, para ahli ekonomi hingga masyarakat luas mengenali hasil perhitungan pendapatan nasional dari suatu negara.

Akan muncul beragam analisa dari hasil perhitungan pendapatan nasional, mengenai 5W1H, yakni :

  • Mengapa
  • Apa
  • Bagaimana
  • Kapan
  • Siapa
  • Dimana

Seluruh pertanyaan yang akan mengarah kepada hasil dari perhitungan pendapatan nasional berdasarkan 5W1H, yang digunakan untuk menghasilkan kegiatan suatu negara dalam periode terakhir.

6. Membandingkan pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan negara lainya

Manfaat  dari perhitungan pendapatan nasioanl ialah mampu dalam membandingkan pertumbuhan nasional antar negara. Manfaat lainya ialah mampu memberikan data yang akurat tentang pertumbuhan ekonomi  disuatu negara dan mendapat informasi dari pertumbuhan ekonomi antar negara.

7. Mengetahui seberapa besar kontribusi dari sektor bisnis terhadap pendapatan nasional

dalam menggunakan perhitungan pendapatan nasional, manfaat yang bisa  didapat yakni  mengetahui sektor bisnis atau  industri.

Yang berperan dalam mempengaruhi hasil dari perhitungan pendapatan nasional yakni sektor industri, jasa atau sektor bisnis ialah penyumbang terbesar dari hasil perhitungan pendapatan nasional tersebut.

Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitung Pendapatan Nasional
Sumber: Badan Pusat Statistik

Jika sudah diketahui sektor apa yang berperan penting dalam perhitungan pendapatan nasional, sehingga pemerintah dari negara bisa mengoptimalkan sektor tersebut.

8. Menjadi salah satu rumusan pembuatan kebijakan dari pemerintah

Adanya manfaat lain yakni sebagai dasar dan acuan dari pemerintah. Dari hasil perhitungan pendapatan nasional, seperti kontribusi sektor, untung rugi dan juga pertumbuhan ekonomi negara dan menjadi dasar sebuah kebijakan, apakah suatu negara harus melakukan hutang luar negeri atau  menambah tingkat pertumbuhan ekonomi dan sebagainya.

9. Digunakan untuk penggolongan suatu negara

Negara minyak, negara agraris, negara industri adalah beberapa label yang didapat dari suatu negara karena konstribusi tebesarnya.

Hanya dengan menganalisa lengkap dari perhitungan pendapatan nasional, label dari suatu negara bisa diketahui apakah negara tersebut hanya berkembang atau maju dan masuk dalam golongan manakah  negara tersebut itu  lah manfaat dari perhitungan pendapatan nasional.

10. Mengukur tingkat kemakmuran suatu negara

Mudahnya dalam mengukur tingkat kemakmuran dari suatu negara karena manfaat perhitungan pendapatan nasional. Setelah melakukan perhitungan pendapatan nasional, hal yang diperoleh ialah laju pertumbuhan ekonomi dan juga seberapa banyak pendapatan, untung serta rugi yang didapat oleh negara tertentu.

Dengan semakin baiknya laju pertumbuhan  ekonomi dari suatu  negar, maka akan semakin jaya negara tesebut. Selain itu juga ada manfaat dari pendagangan internasional yang bisa dirasakan oleh sebuah negara.

Demikianlah penjelasan mengenai Pendapatan Nasional, semoga dari artikel yang saya buat ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca, terimasih atas kunjunganya.

Please rate this

Leave a Comment