Pergaulan Sehat

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Sehat tidak hanya ada pada kondisi badan saja, namun sehat juga harus ada pada pergaulan kita sehari-hari. Pergaulan sehat sudah jelas memiliki arti yang positif berbeda dengan pergaulan tidak sehat.

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi seseorang berada dalam pergaulan sehat. Bila kita lihat pada kenyataan saat ini banyak juga orang-orang yang memiliki pergaulan tidak sehat.

Jadi sebenarnya apa sih pergaulan sehat? Yuk, mari kita simak pada penjelasan berikut ini.

Pengertian Pergaulan Sehat

Pergaulan sehat adalah hubungan sosial yang terjadi antara individu dengan individu lainya dalam rentang waktu yang lama, sehingga akan muncul tindakan saling mempengaruhi satu sama lainya.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia):

Pergaulan sehat menurut pendapat para ahli adalah suatu hubungan yang memiliki pengaruh positif satu sama lainya dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk menciptakan pergaulan yang sehat kita perlu memperhatikan etika sebagaimana yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja yang lebih muda menghormati orang yang lebih tua.

Dampak Positif Pergaulan Sehat

Dampak Positif Pergaulan Sehat

Pergaulan sehat ini memiliki dampak positif untuk para remaja, karena para remaja ini mudah tepengaruh dengan hal-hal baru yang justru merusak mereka. Bisa anda lihat dampak yang di hasilkan jika para remaja memiliki pergaulan sehat.

  1. Selalu memiliki prasangka yang baik terhadap orang lain.
  2. Mudah memaafkan kesalahan orang lain.
  3. Tidak suka ingkar janji.
  4. Sopan dalam bertutur kata terlebih lagi kepada orang yang lebih tua.
  5. Selalu mengingat pada hal-hal kebaikan.
  6. Murah senyum dan mengucapkan salam saat bertemu.
  7. Berakhlak Mulia.
  8. Menolong kerabat yang sedang kesusahan.
  9. Tidak suka membicarakan kejelekan orang lain.
  10. Jauh dari sifat iri dan dengki.

Prinsip Dasar Pergaulan Sehat

Prinsip Dasar Pergaulan Sehat

Terdapat beberapa prinsip dasar pergaulan sehat, prinsip ini patut di perhatikan untuk para remaja. Tujuanya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Prinsip-prinsip tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Saling memahami
Mau berusaha untuk menghargai, memahami, mengerti dan bersikap benar kepada teman kita, terutama dengan lawan jenis. Hal ini bertujuan agar tercipta keseimbangan satu sama lainya.

2. Saling menghargai perbedaan

Manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Agar orang lain mau menghargai kita, terlebih dahulu kita harus bisa menghargai orang tersebut.

3. Tidak berprasangka buruk

Kita sebagai manusia tidak boleh memiliki prasangka yang jelek kepada orang lain. Karena agama manapun mengajarkan hal yang sama. Apabila memiliki prasangka buruk maka akan menimbulkan permusuhan antara satu sama lainya.

4. Saling memberikan nasihat

Setiap orang tentu memiliki kesalahan dan kekurangan, jadi sudah sewajarnya jika teman kita melakukan kesalahan kita menasehatinya supaya tidak mengulanginya lagi.

5. Saling menyadari kalau setiap orang membutuhkan orang lain.

Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa pertolongan orang lain. Sama halnya seperti orang kaya tentu mereka memerlukan orang miskin untuk membantu pekerjaan mereka.

Bukan hanya itu saja bahkan pria butuh wanita, penulis butuh penerbit, presiden butuh rakyat, penjual butuh pembeli dan lain sebagainya.

Contoh Pergaulan Sehat

Contoh Pergaulan Sehat

Setelah anda membaca penjelasan mengenai pengertian, dampak dan prinsip dari pergaulan sehat tentu ada akan paham apa itu pergaulan sehat. Namun untuk lebih memperjelas kembali mari kita lihat juga contoh pergaulan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

1. Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah

Kegiatan seperti ini hampir ada di setiap sekolah di indonesia. Selain memberikan ketrampilan yang benar kegiatan tersebut mampu mengembangkan bakat seseorang.

Pastinya pergaulan mereka menjadi semakin luas dan berkumpul karena hobi yang sama meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

2. Kelompok Belajar

Di sekolah sering sekali dibuat kelompok belajar. Kelompok belajar ini adalah contoh pergaulan sehat, karena dari kelompok belajar tersebut terdiri dari orang-orang yang memiliki kecerdasan tidak sama.

Tentuj saja jika bergaul dengan orang-orang seperti mereka, bukan hal yang mustahil bisa memberikan semangat belajar untuk kita.

3. Kegiatan Pecinta Alam

Salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh para remaja adalah jalan-jalan mendaki, menyelam dan lain-lain. Kegiatan pecinta alam seperti itu bisa meningkatkan keberanian diri kita.

Banyak hal-hal positif yang dilakukan oleh anak-anak pecinta alam, mulai dari cara menjaga alam sekitar, mengajarkan tata krama ketika akan mendaki gunung serta cara bertahan hidup di alam.

4. Kegiatan Karang Taruna

Apabila di daerah anda ada organisasi karang taruna pastikan anda mengikutinya. Karena dengan mengikuti organisasi ini para muda dan mudi bisa mengerti kegiatan di daerahnya tersebut.

Bahkan setiap ada kegiatan sosial anggota karang taruna akan selalu membantu dan ikut serta dalam kegiatan sosial tersebut.

Itulah tadi pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai pergaulan sehat. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Leave a Comment