Pengertian Wawasan Nusantara

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Sebagai warga negara yang baik kita harus mencintai bangsa ini. Sejak Indonesia sudah merdeka dari para penjajahan perekonomian masyarakat dan struktur tatanan pemerintahnya juga ikut membaik.

Mengetahui fungsi dan tujuan wawasan nusantara sangatlah penting sekali didalam berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, kamu harus memahami makna wawasan nusantara bagi bangsa indonesia.

Apa itu Wawasan Nusantara?

Apa itu Wawasan Nusantara?

Wawasan nusantara pada dasarnya memiliki arti yang luas. Pengertian wawasan secara etimologis sendiri di ambil dari dua kata yaitu wawasan dan nusantara. Asal kata wawasan berasal dari bahasa Jawa, yang artinya pandangan atau penglihatan indrawi.

Kemudian kata nusantara dibagi lagi menjadi dua kata yaitu nusa (kepulauan) dan antara (letak antara dua benua). Tentu saja ini masih belum menjelaskan secara jelas mengenai definisi wawasan nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Pengertian Wawancara Secara Etimologis

Supaya lebih jelas anda memahami pengertian wawasan nusantara, anda perlu membaca pendapatan dari para ahli. Adapun pengertian wawasan nusantara menurut pendapat para ahli seperti berikut:

1. Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) wawasan nusantara merupakan suatu pandangan yang kalau nusantara sebagai kepulauan dengan satu kesatuan, yang terdiri dari wilayah laut dan selatnya.

2. Samsul Wahidin (2010)

Menurutnya bahwa arti wawasan nusantara itu suatu cara besikap, memahami, bertindak, berfikir dan cara pandang bagi Negara Indonesia sebagai hasil dari proses sosiakultural, psikologis dan terdiri dari aspek-aspek asta grata.

3. Noor Ms Bakry (1996)

Pengertian wawasan nusantara adalah sebuah anggapan bangsa indonesia mengenai lingkungan yang harus seirama dengan ide nasional pancasila, yang menjadi inspirasi sebuah bangsa untuk merdeka, berdaulat dan bermartabat pada lingkungan sekitarnya.

4. Sumarsono (2002)

Pendapat selanjuntya berasal dari Sumarsono, beliau berpendapat bahwa definisi wawasan nusantara merupakan nilai yang mematuhi peraturan di UUD yang berlaku pada setiap kelompok di setiap wilayah Indonesia.

Memiliki sikap nasionalisme yang tinggi akan menbangkitkan semangat juang dan memperlihatkan jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

5. Prof. Dr Wan Usman (2000)

Prof. Dr Wan Usman (2000)

Beliau menjelaskan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang suatu bangsa mengenai dirinya sendiri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan kehidupan yang beraneka ragam.

6. Munadjat Danusaputro (1981)

Menurutnya wawasan nusantara itu cara pandang Bangsa Indonesia mengenai lingkungannya dalam wujudnya yang selalu berkaitan, serta perkembangan di tengah-tengah lingkungan sesuai asas nusantara.

7. Srijanti, Kaelan dan Achmad Zubaidi (2007)

Wawasan nusantara ialah cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri serta lingkungannya dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa demi menggapai cinta-cita nasionalnya.

8. Akhadiah MK (1997)

Pengertian wawasan menurut ahli yang bernama Akhadian MK yaitu cara pandang Bangsa Indonesia mengenai diri serta lingkunganya sesuai ide nasiaonalnya yakni Pancasila dan UUD 1945, bentuk dari aspirasi sebuah bangsa yang bebas, berdaulat, adil dan makmur dengan menjiwai kebijaksanaan guna meraih tujuan dari perjuangan bangsa.

9. Sukrama (1996)

Sukrama berpendapat bahwa apa yang dimaksud wawasan nusantara adalah suatu pandangan hidup dari Bangsa Indonesia, yang sudah menafaatkan konstelasi geografis Indonesia, sejarah serta budaya agar bisa menyatukan dukungan dan rangsangan di dalam proses pencapaian aspirasi bangsa ini dan kepentingan masyarakatnya.

10. M. Panggabean (1979)

Menurut Panggabean wawasan nusantara itu sama saja seperti doktrin politik yang ada di Indonesia, tujuanya untuk menjaga kelangsungan hidup NKRI yang ideologinya dari Pancasila dan UUD 1945 dengan tetap mempertimbangkan efek ekonomi, geografi, teknologi dan kemungkinan lainya.

11. Menurut Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 (GBHN)

Sesuai ketetapan Tap MPR tahun 1993 dan 1998 makna wawasan nusantara merupakan sikap bangsa indonesia terhadap lingkungan dan dirinya untuk terus mengedepankan persatuan dan kesatuan setiap wilayah dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara guna mencapai tujuan bersama.

Jadi itulah penjelasan terkait pengertian wawasan nusantara menurut para ahli dan secara etimologis. Semoga informasi yang kami berikan diatas dapat bermanfaat.

Leave a Comment