Pengertian Transaksi, Jurnal, dan Posting Dalam Akuntansi [Lengkap]

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Khanfarkhan.com – Untuk anda yang bekerja atau kuliah di jurusan akuntansi tentunya sudah mengerti apa itu transaksi, Jurnal dan Posting karena kata-kata ini selalu muncul pada saat anda membuat sebuah laporan perusahaan.

Pengertian Transaksi, Jurnal, dan Posting Dalam Akuntansi [Lengkap]
Memposting

Pada kesempatam kali ini saya akan mengjelaskan lebih dalam lagi dan lebih detail mengenai pengertian Transaksi, Jurnal dan Ponsting dalam Akuntansi. Nah, langsung saja lihat penjelasanya berikut ini:

Pengertian Transaksi

Transaksi merupakan salah satu situasi atau kejadian dimana dialamnya berhubungan dengan unsur lingkungan serta dapat mempengaruhi posisi keuangan. Semua transaksi haruslah disertakan keterangan tertulis seperti faktur atau nota penjualan bisa juga kwitansi yang disebut sebagai bukti transaksi

 

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Bukti Transaksi Serta 5  Manfaatnya

 

  • Menurut Azhar Susanto

Transaksi ialah suatu peristiwa dimana terjadinya aktivitas bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.

  • Menurut Musryidi

Transaksi ialah kejadian yang sudah terjadi dalam dunia bisnis bukan hanya jual beli pembayaran dan penerimaan uang akan tetapi akibat adanya kebakaran, kehilangan, arus serta peristiwa lain yang bisa dinilai dengan uang.

 

Jenis – Jenis Transaksi

Secara umum jenis transaksi dibedakan sesuai dengan orang-orang yang terlibat dalam sebuah transaksi. Jenis transaksi sendiri terbagi menjadi dua yakni transaksi internal dan juga transaksi eksternal.

  1. Transaksi Internal ialah sebuah peristiwa yang terjadi didalam internal suatu organisasi atau perusahaan. Transaksi ini hanya melibatkan orang-orang dalam perusahaan seperti personalia. Dan biasanya transaksi internal hanyalah berupa pembayaran gaji karyawan, pinjaman dan lain-lain.
  2. Transaksi Eksternal ialah sebuah peristiwa atau kejadian yang melibatkan pihak luar perusahaan. Transaksi eksternal ini sangat berkaitan dengan konsumen atau perusahaan lain yang melakukan kerjasama. Kegiatan pada transaksi ini misalnya penjualan, pembelian, pinjaman modal dan lain-lain.

 

Pelaku Transaksi

Secara umum transaksi  melibatkan dua orang atau bisa juga lebih sebagai penerima dan pemberi. Dari kedua belah pihak tersebut sama-sama memerlukan bukti transaksi pada saat melakukan pencatatan aktivitas keuangan.

  1. Pemberi dana merupakan seseorang yang memberikan sejumlah dana atas aktivitas pembelian sebuah produk bisa berupa barang atau jasa. Dana tersebut diberikan sesuai dengan kesepakatan transaksi
  2. Penerima dana merupakan sesorang yang mendapatkan dana atas transaksi jual beli yang dilakukan terhadap sebuah produk baik berupa barang maupun jasa. Dana tersebut serahkan sesuai jumlah, metode dan waktu pembayaran yang sudah disetujui sebelumnya.

 

Baca Juga: [Lengkap] Contoh Soal Jurnal Penutup Perusahaan Jasa dan Jawabanya

 

Pengertian Jurnal

Jurnal merupakan sebuah catatan yang dibuat secara sistematis dan kronologis dari transaksi-transaksi finansial dengan menyebutkan perkiraan yang akan di debet atupun dikreditm jumlah serta keterangan ringkas. Pada hakikatnya jurnal memiliki 3 fungsi yakni: fungsi pencatatan, fungsi historis dan juga fungsi analisis.

Karena jurnal menjadi tempat terjadinya pencatatan transaksi pertama atau penyesuaian adjusting entries sehingga jurnal juga dikenal sebagai buku pemasukan utama books of original entry.

 

Dalam ilmu akuntansi jurnal dibagi menjadi 2 bagian yakni :

  1. Transaksi yang belum dibayar / Prepayments, yang terdiri dari beban belum dibayar (prepaid expanses) serta pendapatan (unearned revanues).
  2. Transaksi yang sudah dibayar / accruals, yang terdiri dari beban dibayar serta pendapatan (accrued revanues)

 

Pengertian Posting

Posting merupakan sebuah pemindahan dari buku jurnal yang dipindahkan ke buku besar, yakni memindahkan seluruh jumlah dalam kolom debet jurnal kedalam sisi debet rekening serta memindahkan jumlah dalam kolom kredit jurnal menuju sisi kredit rekening.

 

Baca Juga: Cara Membuat Dan Posting Buku Besar Akuntansi Perusahaan Jasa

 

Prosedur Posting

Tentunya jika kita akan memosting ada beberap prosedur yang harus dilengkapi berikut penjelasanya:

  1. Tanggal serta jumlah yang harus dicatat dalam jurnal kembali dalam rekening yang berkaitan. Jika suatu jumlah dicatat di sisi debet dalam jurnal, dengan begitu posting harus dilakukan ke sisi debet rekening dan sebaliknya juga begitu.
  2. Jika memposting sudah dilakukan, lalu nomor halaman jurnal yang wajib dituliskan dalam kolom F (Folio) di rekening.
  3. Langkah selanjuntya ialah menuliskan nomor rekening yang sudah di posting pada kolom nomor rekening di dalam jurnal tujuanya yakni:
  • Untuk memperlihatkan kalau jurnal tersebut sudah diposting
  • Untuk memperlihatkan hubungan antara jurnal dan rekening dalam buku besar.

 

Sekianlah tadi pembahasan mengenai Pengertian Transaksi, Jurnal, dan Posting Dalam Akuntansi semoga denga apa yang sudah saya jelaskan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua. Terimaskasih juga atas kunjunganya dan jangan lupa Beri bintang ya !!