Pasar Input dan Pasar Output

Pasar Input dan Pasar Output – Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan apa itu pasar input dan juga pasar output lengkap dengan ciri-cirinya. Mungkin ada beberapa orang yang sudah mengetahuinya namun yang belum tahu jangan khawatir karena tujuan saya menulis artikel ini untuk membantu teman-teman semua agar bisa mengetahuinya.

Pengertian Pasar Input

Pasar input merupakan suatu pasar sebagai tempat berinteraksinya antara permintaan dan penawaran input ataupun sumber daya produksi. Sedangkat pengertian lainya menjelaskan kalau pasar input ialah pasar yang menyediakan faktor-faktor produksi, seperti modal, tenaga kerja, sumber daya alam dan pasar kewirausahaan.

Contoh dari pasar input ini sendiri ialah: pasar sehari-hari, pasar buah, pasar sayuran dan pasar ikan.

 

Ciri – Ciri Pasar Input

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri dari pasar input itu sendiri, antara lain :

  • Pasar ini tidak berwujud fisik namun wujudnya kegiatan
  • Dalam pasar input permintaan dan penawaran dilakukan dengan jumlah yang besar.
  • Jenis dari penawaran dan permintaan didasari dengan produksi yang diperoleh
  • Penawaram faktor produksi bisa berupa monopoli sedangkan permintaan sifatnya kolektif.

 

Macan–Macam Pasar Input

1. Tanah Atau Sumber Daya Alam

Pengertian Serta Ciri-Ciri Pasar Input dan Pasar Output

Dari kurva diatas terlihat bahwa dengan bergesernya kurva D’D’ dan D”D” maka harga/sewa tenah akan terjadi kenaikan

Seluruh kekayaan yang terkandung didialam tanah, udara dan lautan atau biasa dikenal dengan sumber daya alam. Tanah ini jumlahnya tetap ataupun penawaranya tetap, sehingga kurva dari penawaran tanah bersifat inelastis sempurna (yakni berbentu garis lurus), sedangkan untuk permintaan untuk tanah terus bertambah, maka harga tanah akan semakin naik juga. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya permintaan tanah:

  • Kualitas dari tanah yang disebabkan dari kesuburan tanah tersebut, pengairanya lalu adanya fasilitas listrik, jalan serta sarana lainya
  • Keberadaanya strategis terutama untuk perusahaan atau industri
  • Banyaknya permintaan tanah yang dipakai untuk perusahaan atau industri
  • Banyaknya permintaan tanah yang dipakai untuk pembangunan pabrik, bangunan rumah, perumahan dan juga perkebunan.

2. Pasar Tenaga Kerja

Pengertian Serta Ciri-Ciri Pasar Input dan Pasar Output

Pada kurva yang terlihat diatas ini kalau kurva tenaga kerja selalu bertambah sesuai dengan pergerakan pertumbuhan penduduk, dengan begitu kurva penawaran akan bergeser ke kana menjadi S’S’

Pasar tenaga kerja ialah aktivitas dari pelaku yang memiliki tujuan untuk mempertemukan pada pencari kerja kepada pengguna tenaga kerja. Pasar ini sifatnya ditentukan oleh para pelaku tersebut. Siapa saja mereka ? yakni penjual tenaga kerja, pembeli tenaga kerja dan penyelenggara atau pengelola bursa kerja.

3. Pasar Modal

Pengertian Serta Ciri-Ciri Pasar Input dan Pasar Output

Pasar modal sebagai tempat jual beli dana serta investasi jangka panjang. Sumber permintaan modal dari pengusaha dan penawaran asalnya dari pemilik. Selain itu juga balas jasa yang diperoleh oleh pemilik modal yakni bunga. Yang mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat bunga ada beberaoa faktor yakni ;

  • Faktor permintaan serta penawaran modal di dalam masyarakat
  • Faktor keinginan resiko hilangnya modal yang dipinjam
  • Kondisi dari perekonomian
  • Campur tangan dari permintaan dalam penetapan tingkat bunga.

4. Pasar Faktor Produksi Kewirausahaan

Kewirausahaan ini merupakan insiatif untuk mengatur faktor produksi tujuanya untuk mencapai efesiensi yang maksimal, orang biasa menyebutnya sebagan wirausaha. Ketika menjalankan usaha selain faktor diatas diperlukan juga orang yang bisa memimpin dan mampu menjalankan usaha dengan sangat baik.

 

Pengertian Pasar Output

Pasar output merupakan pasar yang menjual belikan sebuah produk baranh atau jasa sebagai hasil produksi suatu perusahaan. Sedangkan pendapat lain mengatakan pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan pembeli dan terjadi pada waktu dan tempat yang sama.

Contoh dari pasar output yakni: bahan baku, tenaga kerja dan mesin.

 

A. Kelebihan dan Kekurangan

#Kelebihan

  1. Bisa membantu seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidup
  2. Menjadi perantara untuk melakukan jasa
  3. Menjadi harta produsen dalam hasil kerjanya

#Kekurangan

  1. Bisa menimbulkan persaingan antara produsen

 

Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi Model Sederhana

Untuk memudahkan pemahan anda mengenai pasar input dan juga pasar output, maka teman-teman bisa melihat pada diagram model sederhana berikut ini:

Pengertian Serta Ciri-Ciri Pasar Input dan Pasar Output
pasar input dan pasar output

Pada tampilan diagram diatas..

Kita semua melihat kalau disaat perusahaan membutuhkan faktor-faktor produksi seperti tanahm tenaga kerja, modal, bangunan, bahan baku serta kewirausahaan, dengan begitu perusahaan akan mempu mendapatkanya dari rumha tangga.

Pada kasus seperti ini, perusahaan dan juga rumha tangga akan bisa bertemu di pasar input (pasar faktor produksi). Dan sebaliknya apabila rumah tangga sedang memerlukan barang dan jasa, rumah tangga bisa membelinya dari perusahaan sehingga rumha tangga dan juga perusahaan bisa bertemu dalam pasar output (pasar barang dan jasa).

 

Perbedaan Pasar Input dan Output

Pasar Faktor Produksi (Pasar Input)Pasar Hasil Produksi (Pasar Output)
✔ Penawaran berasal dari konsumen atau masyarakat✔ Penawaran berasal produsen atau pengusaha
✔ Permintaan berasal dari produsen atau pengusaha✔ Permintaan berasal dari konsumen atau masyarakat
✔ Menawarkan faktor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal & pengusaha)✔ Menawarkan barang hasil produksi (Barang jadi atau setengah jadi
✔ Hasil yang diperoleh berupa sewa, upah, gaji, bunga dan laba.✔ Hasil yang diperoleh berupa uang hasil penjualan barang

 

Inilah tadi penjelasan mengenai Pengertian Serta Ciri-Ciri Pasar Input dan Pasar Output semoga dengan penjelasan diatas bisa membantu teman-teman semua dan bisa bermanfaat untuk orang banyak. Jangan lupa share anda votenya ya !

 

Please rate this