Pengertian Seni Budaya

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Budaya yang ada di Indonesia sangat beragam, begitu juga dengan seni. Seni dan Budaya adalah satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan. Bahkan sampai saat ini seni budaya itu sendiri masih tetap dilestarikan dari turun temurun.

Meskipun ada beberapa kesenian yang sudah mulai di tinggalkan karena kurang pedulinya masyarakat terhadap nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Oleh sebab itu, kita perlu memahami arti dari Seni dan Budaya yang akan dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Pengertian Seni dan Budaya secara umum

Pengertian Seni dan Budaya secara umum

Seni merupakan sebuah istilah yang diberikan kepada suatu karya yang mampu menggerakkan hati seseorang yang melihatnya. Kata “seni” sendiri berasal dari bahasa Sansekerta “swa” (satu) lalu digabung dengan kata “nik” yang artinya sesuatu yang halus atau kecil.

Dengan adanya seni didalam masing-masing orang mampu membangkitkan perasaan orang tersebut. Sehingga sesuatu yang dibuat oleh manusia akan memiliki unsur keindahan.

Sedangkan budaya merupakan sebuah cara hidup seseorang yang selalu diwariskan secara turun-temurun. Munculnya budaya sendiri berasal dari bermacam-macam unsur yang rumit termasuk didalamnya ada politik, bahasa, adat istiadat, sistem agama, bangunan dan karya seni.

Apabila disimpulkan pengertian dari seni budaya secara umum adalah segala sesuatu yang buat oleh sekelompok orang tentang cara hidup yang berkembang secara bersama-sama dari generasi ke generasi.

Baca Juga: Contoh benda 2 dan 3 dimensi

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Setelah memahami arti kata seni dan budaya secara umum, maka selanjutnya kita simak juga perlu mengetahui pengertian seni budaya menurut pendapat para ahli. Seluruh tokoh yang disebutkan dibawah ini memiliki profesi yang berbeda-beda mulai dari dosen seni rupa, tokoh seni sampai sejarawan Indonesia.

Berikut ini adalah penjelasan dari tokoh-toko tersebut :

Menurut Sartono Kartodirjo

Beliau berpendapat bahwa seni budaya merupakan suatu sistem yang koheren, serta bisa di terapkan didalam sebuah komunitas dengan efektif hanya dengan adanya unsur seni didalamnya.

Menurut M. Thoyibi

Pengertian seni budaya adalah perwujudan rasa seni yang sudah membudaya, termasuk didalamnya ada aspek kebudayaan sehingga bisa dirasakan oleh sekelompok orang berdasarkan sejarah peradaban manusia dari dulu sampai sekarang.

Menurut Harry Sulastianto

Menurutnya seni budaya adalah sebuah ketrampilan untuk memunculkan ide-ide yang baik sehingga mewujudkan peradaban yang lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Menurt Sudarmiji

Sudarmiji berpendapat bahwa seni diwujudkan sebagai manisfestasi batin dan pengalaman estetis berdasarkan media tertentu.

Menurut Andreas Eppink

Budaya menurut andreas emppink adalah pernyataan intelektual dan artistik suapaya bisa menjadi sebuah ciri khas di kehidupan masyarakat.

Pengertian Seni Budaya Nusantara

Pengertian Seni Budaya Nusantara

Saat ada istilah seni budaya nusantara dan mancanegara. Apa sih yang membedakan dari keduanya? seni budaya nusantara merupakan keberagaman bentuk kesenian yang muncul dan berkembang di tiap-tiap wilayah yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Tumbuh dan berkembangnya kesenian di Nusantara ini dari hasil ragam budaya yang berkembang berdasarkan adat istiadat di daerah tersebut. salah satu contoh dari seni budaya nusantara ini ialah karya seni rupa.

Pengertian Seni Budaya Mancanegara

Seni budaya mancanegara adalah sebuah karya seni yang asalanya dari luar negeri atau dari negara lain. Salah satu contoh yang bisa kita ambil adalah Piramida yang ada di mesir. Bangunan tersebut masuk sebagai seni budaya yang sudah ada sejak dahulu.

Piramida sendiri masuk kedalam seni rupa murni dan sudah menjadi ciri ckhas negaranya.

Itulah tadi beberapa pengertian mengenai seni budaya, semoga apa yang sudah di jelaskan diatas bisa dipahami oleh teman-teman semua.

Leave a Comment