Persediaan: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Setiap perusahaan dalam melakukan kegiatanya memiliki persediaan yang disimpan guna keperluan selama proses produksi. Pada pencatatanya persediaan ini harunya masuk sebagai aset bukanlah dimasukan ke dalam persediaan.

Jadi dipembahasan kali ini khanfarkhan ingin membahas mengenai pengertian, fungsi dan jenis persediaan secara lengkap dan jelas. Sebelum itu anda perlu memahami pengertian persediaan terlebih dahulu.

Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli

Jelaskan apa yang dimaksud Persediaan?

Secara umum persediaan (inventory) adalah bahan atau barang yang disimpan untuk digunakan dalam memenuhi sebuah tujuan tertentu. Persediaan juga dianggap sebagai kekayaan tetapi dianggap juga sebagai beban perusahaan.

Tidak ada perusahaan baik industri, dagang dan lainya tidak memiliki persediaan. (baca juga: pengertian manajemen persediaan)

Nah dibawah ini terdapat beberapa definisi persediaan yang dikemukakan oleh para ahli :

  1. Menurut Ristono (2009), pengertian persediaan adalah barang-barang yang disimpan untuk dipakai atau dijual setelah melalui berbagai macam proses.
  2. Menurut Kieso (2008), persediaan adalah sebuah aktiva yang perusahaan miliki untuk dijual dalam proses bisnis normal, atau barang yang akan dipakai untuk membuat barang yang akan dijual.
  3. Menurut Warren (2005), persediaan adalah barang yang bisa disimpan agar bisa dijual dan digunakan dalam proses produksi atau bisa dipakai untuk tujuan lainya.
  4. Menurut Nasution dan Prasetyawan (2008), persediaan adalah sumber daya yang tersedia untuk selanjutnya menunggu proses selanjutnya.
  5. Menurut Munandar (2005), persediaan merupakan barang atau bahan yang dijadikan sebagai objek usaha pokok perusahaan.
  6. Menurut Kusuma (2009), pengertian persediaan adalah barang yang disimpan agar kedepanya bisa di olah untuk dijual pada periode yang akan datang.

Fungsi Persediaan

Fungsi Persediaan

Berikut ini ada beberapa fungsi persediaan menurut Render dan Heizer (2005) sebagai berikut:

  1. Menjaga pengaruh dari inflasi dan meningkatnya harga.
  2. Mengambil keuntungan diskon kuantitas, karena saat pembelian terjadi dengan jumlah yang besar bisa mengurangi biaya produksi dari pengiriman barang.
  3. Memisahkan perusahaan dari fluktuasi permintaan serta menyediakan persediaan barang-barang yang akan memberikan pilihan kepada para customernya.
  4. Memisahkan beberapa bagian produksi. Misalnya saja seperti ketika persediaan perusaahn berfluktuasi, maka akan dibutuhkan persediaan tambahan untuk memisahkan proses produksi dari penyuplai.

Untuk mengentahui metode pencatatan persediaan periodik dan perpetual , silahkan klik disini.

Jenis Jenis Persediaan

Apabila dilihat berdasarkan fisiknya persediaan terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu:

Persediaan Bahan Mentah

Persediaan bahan mentah adalah persediaan bahan-bahan yang masih berbentuk aslinya dan belum di olah. Misalnya saja seperti pabrik ban maka bahan mentahnya getah karet, pabrik furniture bahan mentahnya kayu gelondongan.

Persediaan Komponen-Komponen Rakitan

Persediaan ini lebih banyak ada di industri elektronik dan otomatif. Dari kedua industri tersebut keduanya pasti memiliki pabrik perakitanya sendiri.

Apa yang tersedi disana? ya tentunya berbagai macam komponen rakitan. Misalnya saja seperti pabrik komputer maka komponenya hardisk, power supply, kabel dan komponen lainya.

Persediaan Bahan Pembantu

Persediaan bahan pembantu adalah persediaan yang tidak termasuk sebagai komponen suatu barang, akan tetapi bahan pembantu ini sangat diperlukan dalam produksi.

Persediaan dalam Proses

Persediaan dalam proses adalah persediaan yang pada dasarnya hasil dari tiap-tiap proses, akan tetapi masih setengah jadi dan perlu dilakukan pengolahan lagi.

Persediaan Barang Jadi

Sudah jelas bahwa barang jadi merupakan barang yang sudah memasuki tahap akhir dan tidak perlu dilakukan pengolahan lagi. Sudah siap di jual ke pasaran karena barang tersebut sudah memiliki nilai ekonomis.

Itulah tadi penjelasan mengenai persediaan, semoga pada postingan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Simak terus informasi lainya di Khanfarkhan.com 🙂

Leave a Comment