Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Sudah bukan rahasia lagi jika dalam suatu masyarakat umumnya terdapat beberapa kelompok yang bergabung menjadi satu dalam satu tujuan. Setiap anggota yang ada di dalamnya memiliki satu misi yang sama sehingga lebih mudah dalam mewujudkannya.

Misalnya saja seperti sebuah kelompok peduli bencana alam, maka mereka pasti beranggotakan para relawan yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap penderitaan masyarakat lainnya, Sama halnya juga seperti kelompok penggiat sastra, kelas inspirasi, dan lain sebagainya.

Kelompok tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah pengertian komunitas yang oleh para ahli didefinisikan dengan beberapa macam pemahaman. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh, maka simak saja uraian berikut ini.

Untuk mengetahui apa saja contoh komunitas yang ada dimasyarakat, bisa baca artikelnya disini.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Pengertian Komunitas
Komunitas

Adapun pengertian komunitas menurut para ahli sebagai berikut:

⓵ Menurut Vanina Delobelle

Pengertian pertama datang dari ahli sosiologi yang bernama Vanina Delobelle. Beliau menganggap pengertian komunitas sebagai suatu wadah atau sarana tempat berkumpulnya orang-orang dengan satu misi yang sama.

Mereka memiliki kepentingan serta tujuan sama yang ingin diraih. Proses terbentuknya terjadi karena tiga faktor, yakni komunikasi yang sama, wilayah berkumpul, dan kebiasaan antar anggota yang sama.

⓶ Menurut George Hillery Jr

Berbeda dengan pendapat sebelumnya, George Hillery menganggap kelompok tersebut merupakan sebuah bentuk atau hubungan yang terjalin karena kesamaan tempat tinggal.

Mereka yang berada dalam satu lingkungan pasti melakukan interaksi yang kemudian bisa menghasilkan sebuah pemikiran yang sama. Pemikiran atau gagasan tersebut akan coba untuk diwujudkan bersama dengan orang-orang yang sepaham.

⓷ Menurut Koentjaraningrat

Pengertian Komunitas Menurut Koentjaraningrat
Prof.Dr. Koentjaraningrat

Ahli sosiologi yang sudah sangat terkenal di Indonesia ini mengemukakan jika komunitas merupakan sebuah kondisi di mana masyarakat hidup dalam satu kesatuan yang sama, baik itu lingkungan, tradisi, maupun adat istiadat.

Keterikatan identitas sosial mereka memunculkan adanya kesamaan pemikiran satu sama lain. Apalagi dengan kondisi lingkungan yang sama mereka akan terus berusaha membuat sebuah hal yang berguna bagi masyarakat.

⓸ Menurut Sounders

Pengertian komunitas selanjutnya datang dari Sounders yang menganggap kelompok tersebut merupakan tempat atau kumpulan orang dalam sebuah sistem sosial.

Anda tidak bisa melarang setiap orang yang berkumpul atau membentuk suatu kelompok tertentu karena hal itu merupakan sebuah hal wajar. Kelompok yang dibentuk umumnya berasal dari hobi atau kesenangan yang sama.

Maka dari itu mereka bisa merasa klop atau sepaham dengan tujuannya. Baca contoh pemberdayaan komunitas.

⓹ Menurut Kertajaya Hermawan

Pengertian Komunitas Menurut Kertajaya Hermawan
Kertajaya Hermawan

Menurut pandangan Hermawan, pengertian komunitas merupakan sebuah sistem sosial yang di dalamnya berisi orang-orang dengan minat yang sama. Mereka memiliki rasa peduli terhadap sebuah objek yang sama hingga akhirnya terbentuklah sebuah relasi atau hubungan.

Maka bisa disimpulkan jika adanya kesamaan dalam menganut nilai serta minat, bisa menjadikan seseorang menggagas sebuah kelompok.

⓺ Menurut Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Kedua ilmuwan tersebut memiliki kesamaan dalam menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian komunitas. Keduanya sepakat jika kelompok tersebut terdiri dari beberapa orang dengan jumlah yang tak terbatas dan memiliki kesadaran serta saling berinteraksi bersama.

Interaksi yang dilakukan memang hanya sebatas pada lingkungan sekitar mereka saja, tetapi dampak yang ditimbulkan kepada masyarakat cukup penting dan berperan.

⓻ Menurut Fairi

Fairi mengatakan bahwa komunitas adalah pertemuan sebagian kecil masyarakat dan berada pada tempat yang sama. Baca juga pemberdayaan masyarakat: pengertian, tujuan dan contoh.

⓼ Menurut Spradley

Menurutnya bahwa pengertian komunitas adalah sekelompok orang yang saling terhubung satu sama lainya dan bertukar pengalaman yang pernah dialami.

Yang dimaksud disini misalnya saja seperti komunitas KPKkers yang terdiri dari orang-orang dengan hobi menulis baik puisi, cerpen dan lain sebagainya.

⓽ Menurut Wahit

Beliau berpendapat bahwa komunitas itu merupakan sekumpulan orang yang saling berinteraksi satu sama lainya, ada dalam suatu wilayah yang sama dan mempunyai nilai keyakinan sama demi mencapai tujuan.

⓾ Menurut Zakapedia

Pengertian komunitas yaitu sebagian dari populasi yang hidup dan berkumpul di waktu dan tempat dengan saling berkomunikasi dan berinteraksi.

Nah, itulah beberapa pengertian komunitas yang disampaikan oleh para ahli sosial. Dengan pemaparan dari pengertian beberapa ahli tersebut Anda pasti sudah semakin paham mengenai kelompok tersebut.

Sebab, disadari atau tidak setiap orang pasti menjadi bagian dari suatu kelompok. Entah itu kelompok kecil ataupun kelompok besar.

F.A.Q

Apa pengertian dari KOMUNITAS?

Komunitas yakni sebagai suatu wadah atau sarana tempat berkumpulnya orang-orang dengan satu misi yang sama.

Apa pengertian komunitas dalam sosiologi?

Komunitas sebagai suatu wadah atau sarana tempat berkumpulnya orang-orang dengan satu misi yang sama.

Leave a Comment