5 Jenis Laporan Keuangan Akuntansi Dan Contohnya

4 min read

Jenis-Jenis Laporan Keuangan | Khanfarkhan.comTahukah anda ? Laporan keuangan didefinisikan sebagai posisi kemampuan dan juga kinerja kuangan atas perusahaan yang didalamnya berisi informasi akuntansi yang dibutuhkan oleh sipemakai informasi akuntansi.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian dan 4 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

 

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan Keuangan merupakan hasil ringkasan dari sebuah proses pencatatan, laporan keuangan yang diperoleh dari  transaksi-transaksi keuangan dan telah terjadi dalam jangka satu periode atau tahun buku yang bersangkutan.

Tujuan dari penyusunan laporan keuangan ini ialah untuk mempertanggungjawabkan semua aktivitas-aktivitas yang sudah direncanakan  dan pencapaian hasilnya.

 

Jenis Jenis Laporan Keuangan Akuntansi

Menurut PSAK serta yang disusun oleh manajemen jenis-jenis akuntansi ada 5 yakni Laporan Keuangan, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Arus Kas dan Laporan Perubahan Posisi Keuangan

1. Laporan Keuangan Neraca

Pengertian laporan neraca yakni suatu laporan yang memperlihatkan keadaan keuangan pada tanggal tertentu dalam sebuah perusahaan/entitas.

AKTIVA = UTANG + MODAL”

Dan Penggolongan Aktiva, Utang serta Modal pada Neraca akan di jabarkan beserta istilah neraca yakni antara lain :

Harta-harta/Aktiva (assets)Hutang-hutang (liabilities)
Aktiva Lancar (current assets)Hutang-hutang Lancar (current liabilities)
Investasi Jangka Panjang (investment)Pendapatan yang Diterima Dimuka (unearned income)
Aktiva Tetap Berwujud (fixed assets)Hutang-hutang Jangka Panjang (long term debt)
Aktiva Tetap Tidak Berwujud (intangible assets)Hutang-hutang lain (other liabilities)
Aktiva/Harta Lainnya (other assets)Modal Sendiri (capital)
Modal Saham yang Disetor (capital stock)
Agio/Disagio Saham (agio/disagio capital stock)
Cadangan-cadangan (reserve)
Laba Tidak Dibagi (retained earning)

Untuk bentuk neraca sendiri secara umum digunakan ketika menyajikan sebuah laporan neraca dan laporan neraca sendiri dibadi menjadi dua yakni :

  1. Bentuk Rekening (Account Form) yakni dengan bentuk Aktiva serta Pasiva sejajar (Pasiva disebelah kanan dan Aktiva disebelah kiri).
  2. Bentuk Laporan (Report Form) yakni dengan bentuk aktiva serta pasiva dibuat kebawah (Pasiva diposisi bawah dan Aktiva diposisi atas).
[Pengertian] 5 Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dan Contohnya
Laporan Keuangan Neraca

Lihak Juga : Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur  dalam Perusahaan

 

Aktiva

Aktiva sendiri bisa dikatan sumber-sumber ekonomi yang perusahaan miliki dan berupa uang, barang maupun hak-hak yang dijamin oleh Undang-undang yang timbul dari transaksi dimasa lalu dan dinginkan mampu mendatangkan manfaat ekonomis pada masa yang akan datang.

Aktiva Lancar merupakan aktiva serta uang kas maupun sumber-sumber yang dinantikan akan diakuisisi menjadi uang kas atau untuk dikonsumsi sendiri selama siklus usaha perusahaan.

Beberapa akun yang masuk dalam aktiva lanyar yakni kas, persediaan barang dagang, piutang dagang, piutang wesel, piutang pegawai, surat – surat berharga, dan biaya yang dibayar dimuka seperti asuransi dibawah dimuka, bunga sewa dan lainya.

 

Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang merupakan aktiva tidak lancer yang secara  umum terdiri atas salah satu unsur-unsur dibawah ini:

  1. Investasi/Penamaan modal dalam surat berharga
  2. Investasi yang bentuknya berupa penyisihan dana demi tujuan yang bersifat khusus (ex.Dana pension, dana pelunasan hhutang obligasu serta dana ekspansi dll)
  3. Investasi dalam bentuk barang-barang berwujud

 

“Tujuan dilakukanya investasi jangka Panjang untuk mempunyai barang-barang tersebut dalam waktu lebih dari satu tahun / satu periode akuntansi perusaahaa, intinya tidak ada maksud perusahaan untuk menjualnya kembali dalam waktu yang dekat.”

 

Hutang Lancar

Hutang Lancar merupakan hutang pembayaran dengan memakai aktiva lancer atau bisa saja dengan menciptakan hutang lancer yang baru. Pada hutang lancar didalamnya termasuk anda :

  1. Hutang yang ditimbulkan atas pembelian barang dan jasa, misalnya Hutang dagang, hutang gaji dan upah hutang pph.
  2. Pendapatan uang muka atas penjualan barang dan jasa, misalnya pendapatan sewa diterima di muka dan uang muka dari pembeli.
  3. Hutang yang pembarayaran selama periode akuntansi perusahaan, misalnya hutang jangka Panjang yang sebentar lagi jatuh tempo.

 

Hutang Jangka Panjang

Hutang Jangka Panjang yakni seluruh hutang perusahaan yang sudah jatuh tempo pembayaranya melampaui batas waktu satu tahun sejak tanggal neraca atau satu periode akuntansi  perusahaan.

Modal Sendiri

Modal Sendiri merupakan kewajiban perusahaan terhadap pemilik, modal tidak sama dengan aktiva dan hutang. Dalam perusahaan modal biasanya ditunjukan dalam satu rekening  yang dinamakan modal.

Akan tetapi modal dalam perusahaan yang berbentuk firma ditunjukan dalam rekening modal tiap-tiap anggota. Namun modal yang ada pada perusahaan dan berbentuk perseroan ditunjukan dengan rekening modal serta berisi elemen-elemen dibawah ini:

  1. Modal disetor merupakan jumlah uang yang disetor oleh pemegang sahan dan umumnya terbagi dalam 2 kelompok misalnya :
  2. Modal saham yakni jumlah nominal saham yang beredar
  3. Disagio/Agio saham yakni selisih nilai dari nilai nominal saham dengan setoran pemegang saham. Disagio ialah selisih dibawah nominal sedangkan Agio selisih diatas nominal
  4. Laba Tidak Dibagi merupakan gabungan laba dari tahun-tahun sebelumnya yang tidak dibagikan sebagai dividen. Pemegang saham dapat meminta sebagai deviden jika sewaktu-waktu tidak dibagikan. Apabila akan membatasi supaya laba tidak dibagi tidak diinginkan sebagai dividen semuanya dengan begitu dapat dilakukan dengan cara menciptakan cadangan dari laba yang tidak dibagi.

 

2. laporan Rugi Laba

Laporan rugi laba merupakan laporan yang memperlihatkan hasil dari usaha dan juga biaya-biaya yang diciptakan selama periode akuntansi. Bentuk Laporan Laba rugi dibedakan menjadi 2 yakni Bentuk Multiple Step (bertahap) dan Single Step (Satu tahap).

 

Lihat Juga : Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan

 

Laporang Laba tidak Dibagi

Informasi pada Laba Ditahan (laba Tidak Dibagi) memiliki kaitang langsung dengan laporan perhitungan rugi laba. Informasinya antara lain :

  1. Koreksi laba (rugi) tahun-tahun yang lalu
  2. Dalam hubungan dengan deviden yang dibagikan atas, laba ditahan ahunn berjalan
  3. Terdapat transfer dari dan ke saldo laba tidak dibagi.

 

[Pengertian] 5 Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dan Contohnya
Laporan Rugi Laba

 

3. Laporan Arus Kas / Laporan Perubahan Posisi Keuangan

Dikenal sebagai laporan cash flow, laporan arus kas dipakai oleh perusahaan untuk memperlihatkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada periode tertentu. Tidak hanya itu saja laporan arus kas junga memiliki fungsi sebagai indicator jumlah arus kas dimasa  mendatang sesuai data arus kas terkini.

Dan jenis  laporan ini juga nanti yang akan menjaddi alat pertanggung jawaban arus kas keluar dan masuk selama periode pelaporan.

 

Lihat Juga : Cara Menyusun Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

 

Tentunya anda dapat melihat laporan arus kas keluar dan masuk dari beberapa sumber. Misalnkan saja seperti hasil kegiatan operasional dan kas yang diterima dari pendanaan atau pinjaman. Serta, arus kas keluar dapat dilihat dari seberapa banyak jumlah beban biaya yang akan dikeluarkan suatu perusahaan. Baik biaya yang deikeluarkan perusahaan  untuk kegiatan operasional ataupun invetasi.

Dari laporan perubahan posisi keuangan kita bisa mendapatkan indormasi mengenai :

  1. Ringkasan dari pengaruh transaksi/kegiatan penanaman modal serta pembiayaanya.
  2. Catatan secara lengkap mengenai berbacam informasi faktor penyebab timbulnya perubahan keadaan keuangan perusahaan, pada periode akuntansi yang berkaitan.
[Pengertian] 5 Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dan Contohnya
Laporan Arus Kas

4. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan yang memperlihatkan ringkasan perubahan modal dan penyebabnya yakni dari total keseluruhan pada awal periode menjadi jumlah modal di akhir periode.

[Pengertian] 5 Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dan Contohnya
Laporan Perubahan Modal

 Lihat Juga : Contoh dan Tujuan Laporan Perubahan Ekuitas Perusahaan Jasa

 

5. Laporan Atas Laporan Keuangan

Saat ini belum terlalu dikenal dengan jenis laporan keuangan yang satu ini ?

Laporan atas laporan keungan merupakan laporan yang proses pembuatanya berhubungan dengan laporan yang disajikan. Laporan ini dibuat bertujuan utuk memperihatkan penjelasan yang lebih rinci terhadap hal-hal yang tercantum pada laporan-laporan jenis lainya.

[Pengertian] 5 Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dan Contohnya
Laporan Atas Laporan Keuangan

Demikanlah tadi penjelasn mengenai Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dan Contohnya semoga denga penjelasan kali ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih banyak atas kungjunganya. Jangkan lupa kunjungi artikel lainya ya.

 

Lihat Juga :

  1. Contoh & Cara Menyusun Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung
  2. Bentuk dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Anggaran Kas [Lengkap]
  3. Contoh Transaksi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang beserta Jurnal
  4. 12 Pihak Yang Membutuhkan Informasi Akuntansi [Terlengkap]

 

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *