Franchise Adalah: Kelebihan dan Kekurangannya

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Apa yang anda ketahui mengenai franchise? Secara umum orang memahami franchise sendiri sebagai suatu kerja sama antara pihak A dan pihak B. Ada dua ide franchise perlu anda ketahui yakni usaha makanan dan minuman.

Untuk menjalankan bisnis franchise dibutuhkan modal yang bervariasi, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Nah pada kesempatan yang baik ini saya ingin menjelaskan mengenai pengertian franchise, serta kelebihan dan kekurangannya.

Sebelum kita masuk ke penjelasan lebih dalam sebaiknya anda memahami pengertian franchise menurut para ahli.

Pengertian Franchise Menurut Para Ahli

Pengertian Franchise Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang memiliki pendapat berbeda tentang definisi dari franchise, berikut penjelasan lengkapnya.

1. R. Justin and R. Judd

Franchise merupakan sebuah bisnis yang di berikan oleh perusahaan atau produsen sebagai pemilik dan merek dagang atau layanan, dengan memberikan hak istimewa kepada individu untuk menjual atau memasarkan produk dan jasa, kemudian akan memperoleh pembayaran royalti sebagai imbalan sesuai kualitas standar.

2. Menurut L.T. Tarbutton (1986)

Franchise merupakan suatu hubungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang secara berkelanjutan, dimana franchisee mendapatkan hak berlisensi dari franchisor, patuh pada kesepatan dia awal dan bisa memanfaatkan dalam pemakaian merek dagang, merek layanan dan franchisor hingga memberikan saran kepada franchisee.

Apabila anda tidak mau ribet dalam membuat produk atau merek, anda bisa bergabung dengam bisnis franchise. Carilah bisnis franchise yang cocok untuk anda seperti kuliner makanan.

Untuk mengetahui apa saja ide bisnis franchise kuliner makanan, dengan modal kecil tetapi menguntungkan, bisa dibaca disini.

Jenis-Jenis Franchise

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis franchise yang bisa anda pahami sebagai seorang pemula.

  1. Franchise Luar Negeri: Jenis francshie ini peminatnya lebih banyak. Karena merek produknya sudah pasti dikenal oleh masyarakat banyak dengan sistem yang berjalan sudah pasti jelas.
  2. Franchise Dalam Negeri: franchise ini sangat diminati oleh para investor dalam negeri. Karena dengan modal yang tidak begitu besar semua orang bisa bergabung dalam bisnis franchise.

Kelebihan Bisnis Franchise

Kelebihan Bisnis Franchise

Ada beberapa kelebihan jika anda menjalankan bisnis franchise (waralaba) . Dalam menjalankan bisnis kita perlu memperhatikan hal semacam ini. Alasannya sederhana kita menjalankan bisnis agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Nah berikut beberapa kelebihan dari bisnis waralaba (franchise):

1. Tidak berlebihan dalam melakukan promosi

Alasanya sederhana, usaha yang anda jalani saat ini sudah pasti memiliki nama yang besar dan dikenal oleh masyarakat banyak. Sehingga masyarakat tidak akan ragu untuk membeli makanan tersebut.

Inilah kelebihan bisnis franchise dimana anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk melakukan promosi.

2. Mendapat dukungan maksimal dari franchisor

Sejak awal anda bergabung dalam bisnis franchise anda akan mendapat dukungan secara maksimal dari pihak franchisor. Dukungan tersebut berupa pelatihan dalam segi marketingnya seperti cara beriklan, cara mengatur keuangan, dan masih banyak cara lainya.

Dengan modal yang tidak begitu besar anda mendapatkan fasilitas secara lengkap sejak awal anda bergabung.

3. Cepat balik modal dalam hitungan bulan

Berdasarkan pengalaman pribadi untuk balik modal cukup 2-3 bulan saja, itu pun tergantung jenis usaha yang anda jalani dan berapa modal yang anda keluarkan di awal. Tapi pastinya itu tidak memakan waktu yang lama.

Karena sudah jelas dalam hal ini anda tidak memiliki biaya lain-lain seperti biaya iklan.

4. Manajemen keuangan baik

Biasanya sistem keuangan sudah diatur dengan sedemikian rupa, sehingga anda tidak perlu repot-repot membuat laporan keuangan sendiri. Ikuti saja sesuai sistem yang sudah berjalan saat ini.

5. Manajemen bisnis sudah baku

Berbeda saat anda menjalankan usaha anda sendiri dari awal, ada banyak waktu yang perlu anda siapkan untuk memikirkan ide-ide untuk mempromosikan brand anda, mencari target pasar anda dan lainnya.

Tapi dengan bisnis franchise anda sudah tidak perlu memikirkan itu semuanya. Inilah kelebihan franchise yang wajib anda pahami.

Kelemahan Bisnis Franchise

Dalam menjalankan bisnis selain kelebihan tentu ada kekurangannya, akan tetapi kekurangan tersebut bukan berarti membuat kita melaikan resiko yang perlu kita hadapi. Berikut kelemahan dari bisnis waralaba (franchise):

1. Modal yang dikeluarkan tidak sedikit

Memang dalam menjalankan usaha atau bisnis memerlukan modal yang bervariasi, besar kecilnya juga tergantung jenis bisnis apa yang anda jalani saat ini. Akan tetapi untuk menjalankan bisnis franchise setidaknya anda perlu mengeluarkan modal paling kecil Rp 3.000.000 di awal.

Selain itu keuntungan yang anda peroleh tidak seutuhnya menjadi hak anda, karena anda wajib membayar royalty kepada pihak produsen.

2. Ada aturan yang wajib anda patuhi

Anda tidak memiliki kuasa penuh atas usaha yang anda jalani. Pemegang kendali utama hanya dimiliki oleh pihak perusahaan. Sehingga anda tidak bisa melakukan sesuatu yang bisa melanggar perjanjian di awal.

Biasanya apabila anda melanggar perjanjian tersebut akan terkena sanksi dari pemilik franchise atau waralaba tersebut.

3. Supplier terbatas

Disini anda tidak bisa mencari supplier lain selain dari yang sudah di tentukan oleh pihak waralaba. Meskipun anda mendapatkan barang atau jasa dengan harga yang lebih terjangkau.

Beberapa kelebihan dan kelemahan dari bisnis waralaba diatas bisa anda jadikan acuan diawal, hal ini sangat penting agar apa yang anda jalani sesuai dengan fashion anda. Selain itu dalam memilih bisnis franchise juga menjadi faktor utama kesuksesan anda.

Sebaiknya anda perlu melihat legalitas usaha yang akan anda ambil, lalu anda juga bisa konsultasi terlebih dahulu terkait fasilitas yang akan anda dapatkan nantinya sampai memastikan berapa lama usaha waralaba tersebut sudah berjalan.

Nah jadi itulah tadi penjelasan mengenai pengertian franchise beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Simak terus informasi lebih lengkapnya di Khanfarkhan.com.

Leave a Comment