Pengertian dan Tujuan Lengkap Seputar Prospektus

2 min read

Pengertian dan Tujuan Lengkap Seputar Prospektus

Pengertian Prospektus

Prospektus adalah sebuah informasi atau dokumen penting didalam proses penawaran umum, baik saham ataupun obligasi. Dialam prospektus didalamnya terdapat banyak informasi yang berkaitan dengan keadaan sebuah perusahaan yang melakukan penawaran umum.

Penawaran perdana saham atau Intial Public Offering adalah sebuah kegiatan yang dilakukan emiten untuk menjual saham baru untuk masyarakat umum. Emiten mengharapkan seluruh saham yang lepas ke publik bisa terserap seutuhnya dengan begitu target pendapatan yang diinginkan bisa terwujud.

Namun sebaliknya, jika para pemodal deviden, capital gain, maupun hak-hak lain sebagai pemegang saham, baik itu berupa relevan sehubungan dengan kegiatan penawaran tersebut dengan begitu pemodal bisa mengambil keputusan investasi dengan cepat dan tepat.

Bagian Penting Dari Prospektus yang harus diperhatikan calon investor

A. Jumlah saham yang ditawarkan

Apabila perusahaan menawarkan saham, maka informasi tentang jumlah sahan yang akan ditawarkan juga harus diketahui oleh calon investor, sebab jumlah saham yang ditawarkan memperlihatkan berapa besar bagian dari modal disetor yang akan dimilik publik. Jumlah saham yang ditawarkan semakin banyak makan perdagangan saham tersebut juga akan semakin likuid di Bursa.

B. Nilai Nominaal dan Harga Penawaran

Nilai nominal merupakan nilai yang tercantung didalam surat saham yang akan dicantumkan pada setiap sahan yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan. Harga saham yang ditawarkan dapat berbeda dengan nilai nominal saham.

C. Bidang Usaha

Informasi terhadap bidang usaha yang ketika dijalankan oleh perusahaan perlu diketahui oleh calon investor dengan informasi tersebut kita akan mudah untuk mengetahui perusahaan tersebut berada pada sektor industrinya, tingkat persaingan, potensi pertumbuhan, resiko bisnis yang ada serta informasi penting lainya yang terkait bidang usaha emiten tersebut.

D. Riawayat Singkat Perusahaan

Informasi ini menjelaskan mengenai riwayat singkat pendirian perusahaan tersebut, dengan begitu calon investor bisa mengetahui sudah berapa lama perusahaan tersebut didirikan dan beroperasi.

E. Tujuan go public

Rencana dalam pemakaian dana yang didapat dari penawaran umum diberikan secara presentasi dari kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan.

F. Kegiatan dan Prospek Usaha

Secara umum seorang ivestor yang membeli saham ialah membeli prospektif usaha dari perusahaan tersebut. Hal tersebut dikarenakan prospek usaha dari perusahaan tersebut termasuk anak perusahaanya perlu untuk diketahui oleh calon investor.

G. Resiko Usaha

Setiap usaha tentunya ada sebuah resiko yang mungkin akan dihadapinya. Maka dari itu calon investor haruslah mengetahui kemungkinan resiko yang akan dihadapi oleh perusahaan tersebut.

H. Kebijakan Deviden

Informasi yang diserahkan dalam bentuk retang jumlah presentase deviden tunai yang dihubungkan dengan jumlah laba bersih.

I. Kinerja Keuangan Perusahaan

Dengan mengetahui data keuangan yang lama, maka bisa dibuat sebuah perkiraan untuk tahun-tahun selanjutnya. Setidaknya si calon investor sudah mengetahui perkembangan keuangan perusahaan lima tahun terakhir.

J. Agen-agen penjual

Agen penjual adalah perusahaan efek yang ditunjuk oleh penjamin emisi untuk bertindak selaku agen penjual dalam rangka untuk memasarkan saham-saham yang diatawarkan pada penawaran umum.

 

Tahapan Prospektus di Indonesia

  • Prospektus Awal dipakai pada saat penawaran awal atau guna melihat minat pasar.
  • Prospektus ringkas ini dipakai pada saat penawaran umum kepada publik. Prospektus ringkas ini setidaknya sudah mencakup informasi mengenai:
  1. Prakiraan tanggal efektif
  2. Prakiraan masa penawaran
  3. Prakiran tanggal pengembalian uang pemesanan
  4. Prakiraan tanggal pengembalian uang pemesanan
  5. Prakiraan tanggal penyerahaan surat efek
  6. Prakiraan tanggal penjatahab
  7. Prakiraan tanggal pencatatan yang direncanakan
  8. Nama lengkap, alamat, logo, nomor telepon dan nomor kotak pos (tidak saja kantor pusat namun juga pabrik dan kantor perwakilan), kegiatan usaha utaman dari emiten.
  9. Nama bursa efek (jika ada)
  10. Dan juga beberapa persyaratan teknis yang secara detail bisa dilihat pada peraturan termaksud.
  • Prospektus Final dini dipublikasikan sesudah penyataan pendaftaraan sudah dinyatakan efektif oleh Bapepam

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Tujuan Lengkap Seputar Prospektus semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainya ya.

 

Artikel Lainya:

  1. Pengertian, Tugas, Tujuan dan Contoh Perusahaan Emiten
  2. Pengertian, Karakteristik dan Contoh (SBI) Sertifikat Bank Indonesia
  3. Pengertian Serta Ciri-Ciri Pasar Input dan Pasar Output Lengkap
  4. 20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli

Please rate this