Pengertian Skularisme dan Contoh di Kehidupan Sehari-hari

Didalam suatu pemerintahan tentu kita akan mengetahui yang namanya sekularisme dizaman ini. Ada banyak sekali peraturan-peraturan yang kontroversial yang justru menyudutkan salah satu agama.

Apakah Indonesia menganut paham sekularisme?

Baru-baru ini muncul pernyataan yang di uncapkan oleh Menteri Agama mengenai pelarangan memakai celana cingkrang dan bercadar khusus untuk para aparatur pemerintah.

Hal ini menimbulkan banyak sekali perdebatan diantara para ulama dan masyarakat yang menentang pernyataan tersebut. Maka pada postingan ini khanfarkhan ingin menjelaskan mengenai pengertian Sekularisme dan Contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Sekularisme Menurut Para Ahli

Apa itu sekularisme dan contohnya ?

Pengertian Sekularisme Menurut Para Ahli

Dibawah ini saya ingin jelaskan beberapa pengertian sekularisme menurut pendapat para ahli.

  1. H.M Rasjidi : berpendapat bahwa sistem etika filsafat yang bertujuan dalam memberikan inptestasi didalam kehidupan individu manusia, dengan tidak mempercai keberadaan tuhan, kitab suci, nabi dan hari kiamat.
  2. Dr. Syamsuddin Arif : berpendapat bahwa pengertian sekularisme adalah suatu pemikiran yang memisahkan agamda dengan urusan dunia. Dalam hal ini agama yang dianggap sekedar melaksanakan ibadah saja, tidak bisa dihubungkan dengan urusan dunia.
  3. GeorgeJacub. H : menyatakan bahwa sekularisme adalah sebuah sistem etik yang berlandaskan pada prinsip moral diluar agama.
  4. Prof. Dr. Syed Muhammad Najib : menjelaskan bahwa sekularisme itu suatu pemikiran manusia yang terdiri dari pengosongan alam, dari seluruh makna spiritual, deklarasi politik dan pengosongan nilai agama di kehidupan.
  5. Kristen Harvey Cox : menjelaskan juga bahwa pengertian dari sekularisme adalah pembebasan manusia dari keterikatan dari belenggu agama dan metafisika, yakni pengalihan perhatian dunia lain kedalam dunia saat ini.

Contoh Sekularisme dalam Kehidupan Sehari-hari

Kenapa contoh yang khanfarkhan berikan disini berasal dari kehidupan sehari-hari. Karena segala sesuatu bentuk seperti contoh masalah sosial, kesenjangan sosial atau nilai moral dll.

Seluruhnya berasal dari terjadi di lingkukangan masyarakat di tempat kita tinggal. Berikut ini contoh sekularisme :

  1. Contoh sekularisme dalam agama seperti kebijakan Materi Agama melarang aparatur negara memakai celana cingkrang dan cadar, karena dianggap sebagai orang radikalisme.
  2. Peraturan perundang-undangan yang tidak memihak kepada agama.
  3. Contoh sekularisme dalam politik seperti pelarangan hal-hal yang berkaitang dengan agama masuk kedalam sebuah organisasi pemerintah atau masyarakat.
  4. Tidak mengkaitkan masalah perdagangan dengan urusan agama, padahal agama mengajarkan agar kita berdagang secara jujur dll.
  5. Undang-undang yang tidak melarang pernikahan dengan berbeda agama.
  6. Negara membiarkan para anggota LGBT melakukan Hak Asasinya dan agama dilarang mengaturnya. Padahal agama menjelaskan bahaya dari para pelaku Lesbi, Guy dll.
  7. Negara menganut sistem ekonomi kapitaslis untuk menggerakkan perekonoian Negara.
  8. Seseorang yang meminjam sejumlah kepada rentenir, maka anda akan diberikan bunga yang cukup besar.

Jadi pada kesimpulanya pemahaman sekularisme ini, sangat bertentangan dengan ajaran agama islam dan lainya. Segala sesuatunya apabila sudah muncul pemahaman sekularisme maka akan berbeda pemahaman.

Kita hidup di dunia tidak hanya di atur oleh undang-undang namun, pedoman hidup kita tetaplah agama, agama mengatur segala sesuatunya dengan benar dan tidak akan menjerumuskan kita ke jalan yang salah.

Tapi kenyataanya bahwa saat ini banyak sekali orang yang meyakini bahwa nilai sebuah agama haruslah dibedakan dari nilai kehidupan, dan semua aspeknya.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai pengertian dan contoh sekularisme, semoga postingan diatas bisa memberikan manfaat dan wawasan kepada teman-teman semua.

Oya apabila teman-teman ingin menambahkan contoh dari sekularisme yang pernah dilihat di kehidupan sehari-hari, silahkan komen dibawah ya. Terimakasih

Selamat Membaca !!

Please rate this

Leave a Comment