20 Contoh Rasisme dan Pengertianya Menurut Para Ahli

Ketika kita memandang buruk orang lain dari sisi suku, warna kulit atau lainya itu yang dinamakan rasisme. Rasisme ini sendiri muncul karena tidak sepemahaman atas perbedaan ras.

Ada beberapa negara yang pernah terjadi rasisme ini, sebagai warna negara tindakan ini tidaklah dibenarkan sama sekali. Karena kita hidup bernegara haruslah berdampingan tidak membedakan satu sama lainya.

Kita semua harus mendapatkan perlindungan yang sama, karena peranan negara adalah menberikan keadilan kepada masyaakatnya. Pada pembahasan ini akan dijelaskan lebih detail mengenai pengertian rasisme menurut pendapat ahli dan contohnya.

A. Pengertian Rasisme Menurut Para Ahli

Apa itu rasime ?
Rasisme merupakan suatu paham yang menolok dan tidak menyukau satu golongan masyarakat karena alasan ras seperti waran kulit yang berbeda. Sedangkan para ahli bependapat bahwa rasime itu seperti berikut ini:

Menurut Alo Liliweri : Beliau mengatakan kalau rasisme ini suatu ideologi yang mendasarkan diri terhadap individu atau kelompok, karena alasan ras yang berbeda dan akan terus menjadi doktrin politis.

Menurut Oliver C.Cox : Beliau menjelaskan bahwa rasisme itu situasi yang menilai berbagai tindakan, serta menilai sebuah kelompok, sesuai perspektif kulturnya yang menganggap kalau seluruh nilai sosial kelompok lain itu tidak dapat diterima.

Menurut Pramoedya Ananta Toer : Beliau menegaskan bahwa rasisme itu pemahaman yang menolak satu golongan atau individu atas dasar perbedaan ras. Dan itu termasuk kelainan sebab berbeda dengan pemahaman yang umum.

Human Rights And Equal Opportunity Commission : Rasisme adalah suatu ideologi yang merendahkan etnis atau ras kelompok atau individu, karena alasan mitos yang beredar.

B. Contoh Rasisme di Masyarakat

Contoh Rasisme di Masyarakat
Contoh Rasisme

Setelah anda memahami pengertian dari rasisme berdasarkan pendapat para ahli, untuk memperjelas pada pembahasan kali ini. Berikut ini terdapat beberapa contoh dari rasime yang pernah terjadi di masyarakat.

Menghina Asal Tempat Tinggal

Keberanekaragaman suku dan budaya tentunya tidak terlepas juga dari konflik antar sesama warga negara. Secara umu setiap wilayah akan di tempati orang asli pribumi.

Tapi di daerah kalimantan tida mau menerima orang madura untuk menetap disana, sehingga terjadi lah konflik dengan kekerana. Ini sudah termasuk salah satu bentuk rasisme.

Menghina Dengan Kata-kata

Contoh dari tindakan rasisme selanjutnyai dengan mengucapkan kata-kata yang memonjokan individu. Ucapana ini seperti menghina dari mencibir contohynya “Dasar Orang Miskin”.

Sehingga otomatis orang yang mendengarnya pun merasa terhina, walaupun orang tersebut miskin tapi tidak sepatutnya dihina seperti itu. Justru orang yang kurang mampu harus dibantu bukan di rendahkan.

IIslam Phobia

Salah satu ciri seorang muslim ialah berjenggot dan untuk wanita seperti bercadar, banyak orang yang menghindar karena beranggapan mereka adalah seorang teroris.

Bahkan mereka mencaci maki, sampai ingin membunuh ini yang sering terjadi di negara barat. Tapi banyak orang justru sadar setelah mereka menghina bahwa yang mereka pikirkan selama ini ternyata tidaklah benar.

Menjauhi Orang Cacat

Catat merupakan salah satu bentuk kekurangan fisik seseorang, yang diakibatkan karena musibah kecelakaan atau sudah cacat sejak lahir. Orang yang cacat sudah pasti berbeda dengan pada umumnya.

Bisa berupa bentuk fisik yang berbeda atau keterbelakangan mental. Sehingga hal ini yang membuat orang lain tidak bisa menerimanya. Dalam lingkungan keseharianya mereka menolak orang cacat ada di sekitar mereka.

Menghina perbedaan warna kulit

Menghina perbedaan warna kulit
Rasisme warna kulit

Rasisme yang berikutnya ini terkait warna kulit antara putih dan hitam. Contoh rasisme ini pernah yang dilakukan suporter sepak bola Lazio di Italia.

Saat itu Lazio mendatangkan pemain baru asal Belanda yang bernama Anton Winter. Pada saat kedatangan Anton Winter di Club Lazio, iya selalu mendapatkan hinaan karena kulitnya yang berwarna hitam tentu hal ini menyakiti hati.

Pilih Kasih antara karyawan

Dalam dunia kerja rasime antara karyawan masih sering terjadi, sehingga menyebabkan kesenjangan sosial. Kebanyakan orang yang memiliki jabatan lebih tinggi tidak mau berkumpul dengan orang yang jabatan rendah.

Mereka biasanya berkelompok saat pergi atau kegiatan di dalam perusahaan. Namun tidak jarang juga tindakan lainya seperti penindasan terhadap orang yang jabatanya lebih rendah.

Biasanya ketika orang tersebut melakukan kesalahan, maka mendapatkan hukuman bahkan cacian kepada orang tersebut.

Diskriminasi Guru kepada Murid

Diskriminasi antara guru kepada muridnya ini berupa perlakukan yang berbeda antara murid pintar dengan yang tidak pintar. Biasanya guru lebih dekat dan memperhatikan murid yang lebih pintar.

Sedangkan murid yang nilainya lebih rendah dan tidak rajin sering mendapatkan teguran dan dimarahi. Terkadang mereka sampai menyebutkan untuk mencontoh si A atau si B.

Guru sebaiknya harus memberikan mereka motifasi belajar bukan dengan cara membandingkan seperti itu.

Membully antar sesama teman

Sikap rasisme seperti ini tidak hanya ada dalam sinetro, tapi benar adanya dalam dunia nyata. Baik wanita ataupun pria biasanya mereka cenderung memiliki kelompok sendiri atau Geng.

Ini yang terjadi pada pelajar masa kini, terkadang mereka suka membully teman-teman mereka yang, culun, miskin, jelek dan lain sebagainya. Mereka membuly karena kejelekan orang lain untuk memuaskan diri mereka sendiri.

Politik di Afrika Selatan

Bisa dibilang diksriminasi politik di afrika selatan sangatlah luar biasa. Bisa anda bayangkan setiap kepetingan warganya mereka lebih mengutamakan orang yang berkulit putih.

Mereka yang berkulit hitam tidak mendapatkan keadilan yang layak, dan seharunya meraka ikut mendapatkan hak yang sama.

Perlakuan PNS dan Pegawai biasa

Banyak orang berpendapat bahwa PNS ini memiliki derajat yang lebih tinggi karena jabatan yang ia miliki. Dan pastinya jika dibandingkan pegawai biasa sangatlah berbeda.

C. Penyebab Terjadinya Rasisme

Dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa faktor yang menimbulkan rasime antar sesama masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Politik atau Kebijakan Pemerintah.
  • Perbedaan Budaya.
  • Perbedaan Adat Istiadat yang berlaku di Daerah.
  • Sosialisasi dalam keluarga.

Demikianlah tadi pembahasan tentang Pengertian dan contoh rasime. Semoga ini menjadi refernsi untuk belajar anda. Selamat membaca

Please rate this

Leave a Comment