Pengertian, Tujuan dan Contoh Inovasi Menurut Para Ahli

Dengan perkembangan zaman yang berkembang sangat pesat, jangan sampai kita melewatinya begitu saja, jika perlu kita ikut serta dalam memajukan perkembangan zaman.

Bagaimana melakukanya ? Yaitu dengan menciptakan inovasi atau pembaruan. Adanya inovasi terbaru bisa saja menjadi faktor penyebab perubahan sosial di masyarakat.

Maka artikel kali ini akan menjelaskan mengenai pengertian, tujuan dan contoh inovasi menurutp para ahli. Dan yang perlu anda pahami terlebih dahulu yakni pengertian dari inovasi.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli
Apa itu Inovasi ?

Berikut ini terdapat beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian inovasi :

Menurut Everett M.Rogers :
Mengatakan kalau inovasi itu berupa ide-ide, objek, gagasan dan praktek yang bisa diterima sebagai suatu hal yang awam (baru) oleh kelompok atau individu untuk di kembangkan.

Menurut Kuniyoshi Urabe :
Menjelaskan bahwa inovasi adalah segal sesuatu bentuk kegiatan, memiliki proses yang panjang dan kumulatif, yang didalamnya terdapat proses pengambilan keputusan mulau dari ide awal sampa pengaplikasianya.

Menurut Van de Ven, Andrew H :
Berpendapat bahwa inovasi termasuk dalam suatu pengembangan dan penerapa gagasan baru yang dibuat seseorang berdasarkan waktu yang ditentukan, dengan berbagai kegiatan transaksi pada organisasi tertentu.

Itu adalah beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli terkait pengertian inovasi. Selanjutnya anda tinggal mempelajari tujuan dari kegiatan inovasi tersebut.

Tujuan Inovasi

Dibawah ini kamu bila melihat dan memahami beberapa tujuan dari diciptakanya suatu inovasi :

  • Demi Meningkatkan Kualitas
    Yang dimaksud meningkatkan kualitas disini ialah produk atau pelayanan yang sebelumnya memang sudah ada, sehingga kedepanya bisa menjadi lebih baik.
  • Demi Memperluas Jangkauan Produk
    Pastinya apabila ku alitas produk semakin baik dan banyak dibutuhkan, dengan adanya inovasi maka mampu memperluas jangakauan produk.
  • Demi Menciptakan Pasar baru
    Maksud dari menciptakan pasar yang baru, ialah membuat usaha atau bisnis yang baru sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik.
  • Demi Mengurangi Konsumsi Penggunaan Energi
    Adanya inovasi bisa memberikan dampak baik untuk masyarakat, sehingga masyarakat yang ada di pedalaman bisa menikmati listrik dari sumber air terjun di gunung.
  • Demi Mengurangi Kerusakan Lingkungan Hidup
    Polusi udara akibat dari kendaraan bermotor dan lainya sangatlah buruk dampaknya, namun dengan adanya inovasi sekarang sudah ada kendaraan listrik yang ramah lingkungan.
  • Demi Mengurangi Biaya Tenaga Kerja
    Sudah pasti ini berhubungan dengan kemajuan teknologi, sekarang berkat adanya inovasi terciptalah mesin produksi yang bisa menggantikan tenaga manusia, hasilnya juga lebih efektif.
  • Demi Mengganti Pelayanan Yang Sudah Ada
    Contoh yang bisa dilihat disini ialah mobil, demi memenuhi kebutuhan konsumen saat ini sudah ada jenis mobil matic sehingga pemakaianya lebih mudah untuk pemula.
  • Demi Menyesuaikan Terhadap Peraturan
    Membuat inovasi tidak hanya dari kemauan perusahaan saja, tetapi ada kalanya perusahaan harus berinovasi karena sudah tuntutan peraturan yang berlaku disetiap negara.

Itulah beberapa tujuan dari inovasi yang mungkin belum diketahui oleh teman-teman, karena perkemangan zaman yang semakin cepat semua harus memiliki inovasi terbaru.

Kenapa ? karena jika kit tidak berinovasi kita akan semakin tertinggal dengan negara maju lainya. Dengan adanya inovasi terbaru tentu segala sesuatunya akan menjadi lebih mudah.

Dibawah ini terdapat beberapa contoh inovasi yang bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari anda.

Contoh-Contoh Inovasi

Contoh-Contoh Inovasi
Inovasi tentang Teknologi

Ada beberapa contoh inovasi yang ditujukan untuk produk, inovasi pendidikan, inovaso teknologi, inovasi kebudayaan dan contoh inovasinya lainya. Silahkan baca selengkapnya berikut ini :

Inovasi tentang Kebudayaan

Contoh Inovasi yang pertama terkait kebudayaan, nah indonesia memiliki berbagai macam budaya yang mampu menarik perhatian wisatawan asing. Bahkan mereka sampai rela menetap di indonesia untuk mempelajari budaya tersebut.

Dengan adanya inovasi kebudayaan tersebut ditampilkan dengan dibuat fetival budaya dan festival batik dari seluruh indonesia. Tentu ini bisa mengangkat kembali nilai-nilai budaya yang sudah mulai hilang.

Inovasi tentang Pendidikan

Misalnya saja saat ini mahasiswa hanya diajarkan masalah teorinya saja, pada mata kuliah tertentu. Karena dosenya sudah bepengalama sehingga cara mengajar dosenya tersebut diubah dengan membuat sebuah game.

Sehingga kelas menjadi lebih hidup dan dari game tersebut mahasiswa bisa memahami apa yang menjadi materi pembahasan saat itu juga.

Memang sih jika dosenya hanya berbicara dan mahasiswa mendengarkan hal itu menjadi sangat membosankan, bukanya mengerti justru akan membuat ngantuk dan kelas menjadi tidak kondusif lagi.

Inovasi dalam Masyarakat

inovasi yang ada di masyarakat berhubungan langsung dengan pekerjaan, seperti berkebun, bertani dan beternak. Sehingga dengan adanya inovasi petani yang awalnya menggunakan sapi untuk membajak.

Saat ini para petani sudah bisa memakai traktor, dengan begitu membajak sawah menjadi lebih cepat dan hemat tenaga.

Inovasi Pelayanan Publik

Sebelum adanya inovasi terbaru, pelayanan di negeri ini masih manual saat ini sudah serba online karena adanya inovasi tersebut. Misalnya layanan publik yang sudah berubah Bank, Pembuatan KTP dan lainya.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui juga, adanya inovasi menjadi indikator keberhasilan pembangunan, baik berupa material ataupun yang lainya.

Demikanlah tadi pembahasan mengenai Pengertian, Tujuan dan Contoh Inovasi semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih

Please rate this

Leave a Comment