Pengertian, Bentuk dan Cara Menyusun Neraca Saldo [Lengkap]

Neraca Saldo Perusahaan – Pengertian Neraca saldo merupakan suatu  bentuk yang berisikan saldo masing-masing perkiraan pada buku besar.

Pada saat  buku besar selesai dikerjakan agar dapat mengetahui saldo dari masing-masing perkiraan yang terdapat di buku besar, berikutnya perlu  dibuat Neraca Saldo.

[toc]

Prosedur Membuat Neraca Saldo

Sebelum kita memasuki tentang proses penyusunan neraca saldo yakni dengan pemindahan saldo dari buku besar. Dalam penyusunan neraca saldo bisa dilihat dari bentuk buku besar itu sendiri. Apabila buku besat memakai bentuk satffel, sehingga setiap akun bisa diketahui kapan saja.

Pembuatan Neraca Saldo sendiri sebenarnya tidaklah sulit jika anda sudah bisa memahami dasar -dasar pengisianya. Ketika akan membuat Neraca Saldo anda perlu mencatat Transaksi Jurnal Umum, selanjutnya transaksi yang ada di jurnal umum anda pidahkan ke buku besar yang sesuai baru setelah itu anda bisa membuat Neraca Saldo.

Perlu diperhatikan jika terjadi kesalahan pada jurnal umum atau buku besar maka Neraca Saldonya pun juga akan ikut salah.

 

Penyusunan Neraca Saldo

Dalam penysunan Neraca Saldo sebaiknya mengikuti ketentuan seperti sebagai berikut :

11 Aset Lancar41 Pendapatan usaha
12 Aset Tidak Lancar51 Beban Usaha
21 Liabilitas Jangka Pendek61 Hal-hal di Luar Usaha
22 Liabilitas Jangka Panjang71 Pajak Penghasilan
31 Ekuitas

Manfaat Neraca Saldo

Manfaat dengan disusunya neraca saldo bagi suatu  perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Memudahkan dalam mengecek kebenaran buku besar yang sudah dibuat. Pada saat buku besar yang dibuat dengan benar sebagai dasar penyusunan neraca saldo.

maka jurnal total  angka kkolom debet dan kredit yang ada di neraca saldo akan menunjukan jumlah saldo yang sama (ballance) sehingga neraca saldo dapat  dianggap benar

2. Sangat bermanfaat sebagai dasar pembuatan kertas kerja (neraca Lajur) dan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan.

 

Bentuk Neraca Saldo Perusahaan

Pada dasarnya format dari neraca saldo yang sederhana memiliki 4 kolom utama diantaranya kolom kode akun, Kolom nama perkiraan , kolom debet dan kredit perhatikan gambar dibawah ini.

Pengertian dan Bentuk Neraca Saldo Beserta Contohnya

Keterangan :

1. Kolom kode (nomer) akun

Kolom ini berisi berbagai kode aku dari setiap akun yang terdapat didalam buku besar perusahaan. Nomer akun harus ditulis secara sistematis atau urut dari kode 1 yang menunjukan kode akun harta sampai kode 4 yang menunjukan kode akun beban.

2. Kolom nama perkiraan

Kolom tersebut berisi berbagai nama yang tercantum dalam buku besar perusahaan. Penulisanya di urutkan dari golongan akun harta, hutang, modal ,pendapatan dan akun beban.

3. Kolom Debet

Kolom ini berisi dari setiap akun yang memiliki saldo debet sesuai dengan buku besar.

4. Kolom kredit

Kolom ini berisi saldo setiap akun yang memiliki saldo total kredit sesuai yangada di dalam buku besar.

 

Contoh neraca saldo dalam perusahaan

Berikut ini adalah contoh neraca saldo perusahaan :

KANTOR KONSULTAN KAWASADA
NERACA SALDO
TGL : 31 DESEMBER 2018

NONAMA PERKIRAANDEBET (Rp)KREDIT (Rp)
1101Kas16.500.000
1102Piutang Usaha7.000.000
1103Perlengkapan2.500.000
1201Peralatan5.000.000
2101Utang Usaha500.000
3101Modal Tuan Andre15.000.000
3102Prive Tuan Andre750.000
4101Pendapatan Jasa18.000.000
6101Beban Gaji1.750.000
Jumlah33.500.00033.500.000

 

Cara Menyusun Neraca Saldo dari Buku Besar

Kamu bisa lihat video dibawah ini jika ingin mempelajari cara membuat neraca saldo yang benar

Kesimpulan :

Bentuk neraca saldo memiliki format beberapa kolom utama yang dilakukan dalam melakukan pencatatan berupa nomer akun, nama perkiraan, kolom debet dan kredit.

Neraca saldo sendiri merupakan suatu daftar yang berisi kumpulan jenis nama akun beserta total saldonya yang dibuat dan diurutkan secara sistematis (urut) sesuai dengan golongan dan kode akunya yang bersumber dari buku besar perusahaan.

 

Sekian beberapa penjelasan tentang Pengertian dan Bentuk Neraca Saldo Beserta Contohnya semoga apa yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Silahkan berikan kritik atau saranya di kolom komentar apabila anda menenukan penjelasan yang kurang jelas.

Please rate this

Leave a Comment