Pengertian Empati Menurut Para Ahli

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Sebagai makhluk sosial yang memiliki akal sehat sudah sewajarnya kita selalu hidup berdampingan dengan orang lain. Didalam kelompok masyarakat kita selalu melakukan insteraksi sosial dengan yang lainya.

Terkadang dari semua kegiatan yang selama kita lakukan kita merasakan empati muncul dari dalam diri kita, misalnya saja ketika tetangga kita sedang kesusahan otomatis kita akan merasakan keadaan emosional orang tersebut.

Hal pertama yang kita lakukan adalah dengan memberikan bantuan semampu kita, jadi rasa empati kepada orang ini tidak bisa dibuat-buat melainkan muncul secara spontan.

Nah pada postingan kali ini khanfarkhan ini membahas mengenai arti empati menurut para ahli, contoh dan manfaatnya untuk orang lain.

Pengertian Empati

Apa yang dimaksud Empati?

Empati dan simpati sangat berbeda. Kata Empati berasal dari Bahas Jerman, asal katanya Einfuhlung yang arti empati adalah ‘memasuki perasaan orang lain’. Perasaan Empati yang dimiliki masing-masing manusia beraneka macam.

Ada yang bersikap Empati dengan suatu perbuatan tetapi ada juga yang bersikap empati namun hanya di dalam hati saja.

Menurut khanfarkhan.com bahwa empati adalah sebuah perasaan yang dimiliki seseorang untuk bisa memahami kondisi emosional yang dialami orang.

Pengertian Empati Menurut Para Ahli

Pengertian Empati Menurut Para Ahli
Sikap Empati Kepada Sesama Teman

Untuk lebih memperjelas mengenai definisi empati menurut para ahli dan ahli psikologi salah satunya adalah Baron dan Byrne, berikut ini mari kita simak penjelasannya :

  1. Thomas F. Mader menurut beliau Empati adalah kemampuan yang ada pada diri seseorang untuk berbagi perasaan atas dasar rasa kepedulian.
  2. Taylor menurut beliau Empati adalah suatu cara untuk mendalami perasaan seseorang supaya bisa ia bisa memahami juga apa yang sedang dirasakan orang tersebut.
  3. Eeileen R dan Sylvie S menurutnya Empati adalah cara berfikir setiap individu dalam menghasilkan rasa pada saat berinteraksi dengan orang lain.
  4. Menurut Wikipedia Empati berasal dari bahas Yunai yang artinya ketertarikan fisik.
  5. Baron dan Byrne yang dituliskan daam buku Psikologi Sosial, menurut pendapat beliau Empati merupakan suatu kemampuan untuk merasakan keadaan emosional, simpatik, mengambil prespektif orang lain dan menyelesaikan masalah saat ini.
  6. Hodges S.D dan Klein C. Mader menurut mereka sikap Empati merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan keinginan seseorang demi menolong sesama yang ikut mengalami masalah emosi yang sama dan mengerti apa yang sedang orang lain pikir dan rasakan.
  7. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa pengertian Empati yaitu keadaan mental yang membuat seseorang merasa bahwa dirinya bisa masuk kedalam perasaan atau pikiran yang sama dengan perspektif orang tersebut.
  8. Bullmer menurutnya Empati itu adalah sebuah situasi yang terjadi disaat si A bisa berbagi perasaan dengan si B, dan memahami apa yang ia rasakan lalu di ungkapkan dengan perbuatan sehingga orang tersebut benar-benar memahami perasaan yang dimiliki orang lain.
  9. Alfred Adler mendefinisikan Empati adalah sebuah penerimaan perasaan seseorang dan mampu menempatka diri kita ke dalam diri orang tersebut seberapa besar perasaan orang tersebut saat ini.
  10. Hurlock beliau bependapat bahwa definisi Empati ialah kemampuan untuk membayangkan perasaan dan emosional orang lain, dan juga kemampuan dalam menganalisis apa yang sedang dirasakan orang tersebut.
  11. George Herbet Mead yang mengatakan kalau Empati adalah sebuah bentuk kemampuan untuk merasakan serta mengambil peran dan mengadopsi perspektif yang terdapat di dalam diri orang lain lalu menyambungkanya dengan diri kita.
  12. Kohler menurutnya bahwa empati lebih menekankan mengenai suatu pemahaman terhadap apa yang dirasakan oleh orang, dibandingkan hanya bercerita dengan mereka.

Cara Menumbuhkan Rasa Empati

Perasaan atau sikap empati terhadap seseorang sudah ada disetiap diri seseorang masing-masing, namun yang membedakan hanyalah tingkatanya saja.

Nah berikut ini ada beberapa tahap yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan empati pada diri kita sendiri, antala lain:

  1. Berbagai pengalaman kepada seseorang yang bisa meningkatkan kemampuan kita dalam merasakan empati.
  2. Melakukan komunikasi dengan baik kepada orang lain sehingga akan membentuk rasa kepedulian hidup lebih bahagia.
  3. Berusaha memperlajari mengenai perasaan dan pemikiran seseorang yang kita kenal di satu situasi apapun.
  4. Belajar memahami orang mempunyai kemampuan empatinya lebih tinggi dibandingkan kita.
  5. Mau mendengarkan seseorang mengutarakan perasaan yang sedang ia alam saat ini.
  6. Bersikap simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah orang lain.

Itulah tadi pembahasan mengenai Pengertian dan Cara Menumbuhkan Rasa Empati. Semoga apa yang tertulis di atas bisa memberikan manfaat untuk teman-teman. Simak terus informasi lainya di Khanfarkhan.com 🙂

Leave a Comment