Pengertian, Jenis Pendapatan dan Pengeluaran Menurut Para Ahli

Pengertian, Jenis-Jenis Pendapatan dan Pengeluaran Menurut Para Ahli

Pengertian Pendapatan Menurut Ahli – Dalam pembasahan kali ini kami akan membahas mengenai pendapatan dengan pengeluaran yang akan saya jelaskan secara jelas dan lengkap. Sebelum masuk kedalam pembasan sebaiknya anda harus memahami sumber pendapatan serta pengeluara, simak penjelasan berikut ini

 

Pengertian Pendapatan Menurut IAI

Definisi dari pendapatan sendiri yakni suatu arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang muncul dari suatu aktivitas normal perusahaan selama satu periode tertentu, apabila arus masuk tersebut menyebabkan kenaikan ekuitas yang tidak berasa dari kontribusi penanaman modal.

Sedangkan dalam pengertian secara umumnya bahwa pendaptan adalah hasil dari sebuah pencaharian usaha. Menurut ahli yang bernama Budiono menyatakan kalau  pendapatan adalah hasil dari penjualan factor-faktor yang dipunyainya kepada sector produksi.

Akan  tetapi bebeda menurut Winarti yang mengatakan bahwa peendapatan adalah sebuah hasil yang berupa  uang maupun materi lainya yang dicapai dari penggunaan factor-faktor produksi.

Sedangkan pendapatan menurut Sukirno (2002) kalau pendapatan tersebut bisa dihitung lewat 3 cara yakni :

  1. Pertama cara pengeluaran, dengan cara ini pendapatan dihitung dengan menjumlahkan nilai pengeluaran / perbelanjaan ke atas barang-barang serta jasa
  2. Beriktunya cara produksi, dengan cara produksi ini pendaparan bisa dihitung dengan menjumlahkan nilai barang dan jasa yang didapat
  3. Terkahir cara pendapatan, pada perhitungan ini pendapatan diterima melalui cara menjumlahkan semua pendaptan yang diperoleh

 

10 Manfaat dan Cara Perhitungan Pendapatan Nasional

 

Jenis – Jenis Pendapatan

Menurut ahli  yang bernama Suparmoko dan Artman, seorang ahli ekonomi, secara garis besar pendapatan bisa dikelompokan dalam tiga golongan yakni :

  1. Upah dan Gaji yang merupajan suatu imbalan yang diperoleh sesudah seseorang menjalankan pekerjaa unntuk orang lain yang diberikan dalam jangka waktu tidak menentu bisa lama atau sebentar
  2. Pendapatan dari usaha sendiri yakni nilai total dari hasil produksi dikurangi dengan seluruh biaya-biaya yang dibayar dan usaha itu adalah usaha milik sendiri atau milik keluarga yang dimana tenaga kerjanya berasal dari anggota keluarga kita sendiri.
  3. Pendapatan dari hasil usaha lainya yakni suatu perolehan sesorang dengan memberikan semua tenaga kerja dan sering dikenal dengan pendapatan sampinga, misalnya saja dari penyewaan asset yang berupa ternak, rumah serta masih banyak lagi.

https://khanfarkhan.com/cabang-ilmu-ekonomi/20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli

 

Perbedaan Pendapatan dan Penghasilan

Jika kita  melihatnya dalam ilmu ekonomi basic, biasanya income juga diartikan sebagai suatu pendapatan. Walaupun begitu dalam ilmu akuntansi, ternyata pengertian income sangatlah berbeda dengan ravanue (pendapatan).

Sebanarnya jika kita perhatikan kalau income bisa diperoleh dari  nilai kelebihan revenue atas seluruh biaya-biaya yang tidak bisa dipakai lagi untuk  medatangkan keuntungan pendapatan dimasa mendatang.

Oleh karena itu, penghasilan atau income diterjemahkan sebagai suatu pendapatan bersih atau laba bersih dari hasil usaha sesudah dikurangi dengan semua biaya-biaya yang menjadi beban dari sebuah usaha yang belum dikurang dengan beban biaya. Sering kali biasanya revenue atau pendapatan ini dekenal dengan sebutan omzet penjualan.

 

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Pengertian, Jenis-Jenis Pendapatan dan Pengeluaran Menurut Para Ahli semoga dengan penjelasa saya diatas tadi mudah sekali untuk  dipahami sehingga dapat membantu anda semuanya. Terimakasih banyak atas kunjunganya dan jangan lupa untuk  mengunjungi artikel lainya.

 

Artikel Lainya :

  1. 3 Contoh Penyusutan Metode Garis Lurus, Saldo Menurun dan Jumlah Angka Tahun
  2. 4 Macam Aspek Manfaat Perdagangan Internasional antar Negara
  3. [Terlengkap] Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan

Please rate this

Leave a Comment