Pemberdayaan Masyarakat: Pengertian, Tujuan dan Contoh

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Negara yang maju adalah rendahnya angka kemiskinan di negara tersebut, dan pastinya masyarakatnya lebih sejahtera. Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam melakukan pemberdayaan kepada masyarakatnya.

Memang dalam pemberdayaan masyarakat desa, kota masih memerlukan peranan dari pemerintah sehingga masyarakat bisa memperbaiki kehidupannya.

Sesuai dengan tema pembahasan kali ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat”. Khanfarkhan ingin menjelaskan kepada teman-teman semua mengenai pengertian, tujuan dan contoh pemberdayaan masyarakat.

Pengertian Menurut Para Ahli

Apa itu pemberdayaan masyarakat ?

Pemberdayaan dalam bahasa inggris berarti empowerement. Secara umum pemberdayaan masyarakat adalah suatu cara untuk menjadikan masyarakat lebih mandiri untuk menyejahterakan kehidupanya.

Adapaun pengertian pemberdayaan masyarakat menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut:

  1. Menurut Robinson (1994), pengertian pemberdayaan adalah keterlibatan yang dilakukan secara personal dan sosial, dalam mengakutulisasikan kepentingan umum yang lebih kompetensif terhadap masyarakat lainya.
  2. Menurut Sumarjo (1999), pemberdayaan masyarakat adalah tindakan yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri dalam mengelola, mengantisipasi serta melakukan hal positif terhadap perubahan sosial saat ini. Cek selengkapnya faktor penyebab perubahan sosial.
  3. Menurut Sumodiningrat (1999), pemberdayaan merupakan sebuah cara memperluaskan segala akses kehidupan dengan memberikan dukungan yang bisa meningkatkan kemampuan, sehingga masyarakat bisa mandiri secara keberlanjutan.
  4. Menurut Slamet (2003), definisi pemberdayaan masyarakat yakni suatu kegiatan membentuk sistem masyarakat sendiri, hal ini dilakukan atas dasar keputusan bersama untuk membangun kreatifitas dan inovasi terhadap masyarakat.
  5. Menurut Daulay (2006), pemberdayaan ialah sebuah aksi dilakukan demi mendorong kemampuan masyarakat awam, sehingga bisa menjadikan mereka sebagai pelaku dalam segala hal yang partisipatif dan aktif.

Tujuan

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan mengajarkan seseorang untuk selalu bersikap hormat dan jujur kepada siapapun, hal ini mencerminkan masyarakat yang beradab.

Alasan dilakukan pemberdayaan masyarakat karena, ada beberapa tujuan yang sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan masyarakat. Berikut ini beberapa tujuan pemberdayaan masyarakat yang ada di lingkungan kita:

  1. Untuk memberikan kebebasan kepada semua orang dari kegiatan yang mengekang dan ketat.
  2. Memberikan mereka kebebasan dalam mengeluarkan ide-ide serta tindakan mereka sendiri.
  3. Membantu masyarakat agar bisa melepaskan sumber daya yang tersembunyi agar bisa di akses.

Berbeda halnya dengan tujuan pemberdayaan masyarakat menurut Mardikanto, bahwa tujuan pemberdayaan masyarakat itu meliputi :

  1. Memperbaiki kelembagaan serta jaringan kemitraan usaha.
  2. Memperbaiki kehidupan setiap keluarga dan masyarakat.
  3. Mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi.
  4. Memperbaiki lingkungan yang rusak karena kemiskinan dan pendapatan yang rendah.
  5. Memperbaiki penghasilan masyarakat dan termasuk penghasilan keluarga.
  6. Memperbaiki usaha/bisnis dengan meningkatkan pendidikan dan kelembagaan.

Contoh Pemberdayaan Masyarakat

Berikut ini ada beberapa contoh pemberdayaan masyarakat yang berasal dari berbagai bidang. Seperti di bidang Ekonomi, di bidang Kesehatan, di bidang Pertanian dan di bidang Pendidikan.

Adapun penjelasanya seperti di bawah ini:

Di Bidang Ekonomi

Pertama yakni contoh pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, yang menjadi target utama adalah pemberdayaan masyarakat desa yang tersebar di seluruh wilayah indonesia.

Misalnya wilayah di Jawa Timur tepatnya di kabupaten Magelang. Salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan disana seperti memberikan pelatihan kerajinan tangan dari bahan-bahan alam.

Hasil yang mereka buat akan di jual secara online. Tujuanya agar tidak hanya masyarakat sekitar yang bisa membelinya, namun masyarakat dari luar wilayah juga bisa membelinya.

Di Bidang Kesehatan

Contoh selanjutnya di bidang kesehatan. Contoh Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan ini bisa dilihat dengan adanya Bank Sampah.

Pendiri dari bank sampah ini sendiri mengatakan bahwa masyarakat bisa berobat dengan memberikan barang-barang bekas sebagai biayanya. Siapa sih yang bisa berfikir sampai sejauh itu.

Oleh sebab itu banyak orang yang memandang positif kegiatan tersebut, dan memberikan dukungan atas usaha dari pendiri bank sampah dalam membantu kehidupan masyarakat.

Di Bidang Pertanian

Negara indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya sehingga dikenal sebagai negara agraris. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah di bidang Pertanian.

Meskipun demikian masih terus dilakukan pemberdayaan masyarakat seperti membuat tanaman Hidroponik serta Aquaponik. Dengan adanya metode menanam seperti itu menjadi solusi bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Cara bertanam secara Hidroponik dan Aquaponik terbebas dari bahan-bahan kimia seperti penyemprotan pestisida, sehingga kualitasnya sangat terjamin. Pada dasarnya pemberdayaan tidak hanya dilakukan kepada masyarakat, melainkan kepada sekolompok komunitas juga. Baca contoh pemberdayaan komunitas.

Di Bidang Pendidikan

Disalah satu wilayah di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Kediri terdapat sebuah kampung yang bernama “Kampung Inggris”, seluruh masyarakatnya berbicara menggunakan bahas inggris setiap harinya.

Pada awal mulanya desa ini hanyalah seperti desa pada umumnya, kemudian terbentuknya kampung inggris di pelopori oleh Mr Kalen. Beliau memberikan pendidikan atau kursus secara gratis kepada masyarakat di desa tersebut.

Saat ini Kampung Inggris menjadi tempat wisata atau sebagai tempat kunjungan bagi mereka yang ingin belajar, mencari pekerjaan dan lainya. Untuk mengetahui contoh komunitas sosial, religius dan disekolah, bisa dibaca disini.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Pemberdayaan Masyarakat, semoga artikel diatas bisa memberikan manfaat kepada teman-teman semua. Simak terus informasinya di Khanfarkhan.com 🙂

Leave a Comment