Contoh Norma Kesopanan dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagai mahluk sosial yang selalu hidup bermasyarakat tentunya ada beberapa norma yang perlu kita patuhi. Banyaknya perbedaan antara individu membuat kita harus saling menghormati satu sama lainya.

Ada aspek-aspek sosial yang perlu kita ikuti dalam kehidupan sehari-hari.

Namun seiring berkembangnya zaman ada banyak sekali perubahan sosial di masyarakat sehingga membuat hilangnya norma-norma sosial, dimana salah satu norma yang berlaku di Indonesia adalah norma kesopanan.

Sederhananya norma kesopanan merupakan sebuah peraturan tentang kebiasan yang berkaitan dengan kebudayaan, adat istiadat dan tradisi yang berkembang di suaru daerah, kemudian dipelajari oleh anggota masyarakat melalui lingkungan pergaulan sehingga menjadi pedoman saat berinteraksi antar sesama.

Alangkah baiknya norma tersebut kita tanamkan kepada anak maupun anggota keluarga sejak usia dini. Agar pada saat dewasa nanti mereka sudah terbiasa hidup didalam masyarakat.

Contoh Norma Kesopanan di Masyarakat

Inilah contoh-contoh norma kesopanan diantaranya adalah :

1. Menghormati orang yang lebih tua

Menghormati orang yang lebih tua

Dalam sebuah kelompok masyarakat tentunya kita harus saling menghormati satu sama lainya, terutama kepada orang yang lebih tua. Setiap orang harusnya sudah paham dengan perilaku ini.

Sebab, orang tua kita pastinya sudah mengajarkan kepada kita. Adapun mereka yang melanggar norma kesopanan ini akan mendapatkan sanksi.

Misalnya anak memanggil orang tua dengan sebutan “bro” (bahasa gaul), sudah pasti itu melanggar norma kesopanan seharusnya memanggil dengan sebutan “ayah” atau “ibu”.

2. Tidak menyombongkan diri sendiri

Tidak menyombongkan diri sendiri

Ketika berbicara kepada orang lain ataupun teman tidak menyombongkan pencapaian diri kita sendiri bahwa kita orang sukses. Hal seperti itu tentunya tidak akan meberikan manfaat untuk hidup kita apalagi orang lain.

Contohnya saja menceritakan kepada orang-orang bahwa dia sudah lulus Sarjana dengan nilai yang bagus.

Seharunya kita cukup bersyukur dan tidak perlu di tunjukan kepada orang lain bahwa kira lebih pintar demi mendapatkan pujian.

3. Adab Bertanya

Contoh Norma Kesopanan di Masyarakat

Contoh norma kesopanan bisa dicerminkan dari cara bertanya seseorang kepada orang lain yang tidak dikenal. Misalnya saja pada saat kita lupa arah jalan menuju tempat yang ingin kita tuju.

Tentunya kita akan mencari informasi dengan bertanya kepada orang sekitar, etika bertanya yang baik di tunjukan dengan bahasa yang sopan seperti “Maaf menggangu waktunya sebentar, jalan Imam Bonjol ke arah mana ya?”.

Dengan pertanyaan seperti itu tentunya orang tersebut akan memberitahukan dengan senang hati.

4. Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik termasuk salah satu contoh norma kesopanan yang sering sekali diabaikan beberapa orang. Seseorang akan dihargai ketika iya bisa menghargai orang lain juga.

Contohnya saja seperti ketika orang tua sedang menasehati kita karena melakukan keselahan maka, kita wajib mendengarkan nasehatnya tidak dengan membatas setiap perkataanya.

Kalaupun ada yang ingin di beritahukan tunggu orang tua kita selesai bicara. Jangan sampai kita memotong pembicaraanya seakan akan kita tidak mau di nasehati.

5. Tidak meludah di sembarang tempat

Tidak meludah di sembarang tempat

Meskipun tidak banyak yang memperhatikan pada saat kita meludah akan tetapi dalam kehidupan bermasyarakat meludah sembarangan adalah perilaku yang tidak baik.

Sebaiknya meludah ditempat yang sepi dah hindari meludah di tempat-tempat ramai. Ditakutkan pada saat kita meludah tanpa sengaja ada seseorang yang lewat di sebelah kita sehingga mengenai orang tersebut.

Apa Jadinya jika Norma Kesopanan ditiadakan?

Saat ini norma kesopanan sudah tumbah di masyarakat Indonesia dan diajarkan secara turun temurun oleh para orang tua kita. Namun, apa jadinya kalau norma kesopanan ditiadakan?

Maka yang terjadi adalah banyak sekali orang yang melakukan pelanggaran dan masalah sosial di sekitar kita seperti membuah sampah di halaman rumah tetangga, berkata kasar kepada orang tua dan lain sebagainya.

Penutup

Jadi kesimpulanya adalah berprilaku sopan santun diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Karena dengan perilaku tersebut dimanupun dan kapanpun seseorang dapat dihargai dan disenangi keberadaanya sebagai mahluk sosial.

Berdasarkan beberapa contoh norma kesopanan yang sudah di jelaskan diatas, tentu itu semua membawa dampak yang baik bagi diri kita sendiri.

Sebab tidak ada asalan seseorang memberikan sanksi berupa cemoohan, teguran bahkan makian dari orang lain. Nah, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar