Jenis Migrasi Nasional dan Internasional

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Migrasi merupakan istilah yang merujuk pada perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah yang lain, baik dalam satu lingkup wilayah negara ataupun lintas negara.

Ada dua jenis migrasi ditinjau dari cakupan wilayah yang dituju, yaitu migrasi nasional dan internasional. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang kedua jenis migrasi ini.

Jenis-Jenis Migrasi dan Pengertian

Ada berbagai faktor yang memicu seseorang untuk melakukan migrasi. Alasan paling umum karena kian sempitnya lapangan pekerjaan di wilayah asal.

Selain itu, ada pula orang melakukan migrasi dalam rangka untuk berlibur, berwisata untuk jangka waktu tertentu, melakukan riset atau penelitian, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian Migrasi, dampak, teori dan penyebabnya

Berikut jenis-jenis migrasi nasional dan internasional beserta pengertiannya.

Jenis Migrasi Nasional

Jenis Migrasi Nasional
Gambar 1. Migrasi Nasional

Migrasi nasional sering disebut juga dengan istilah migrasi internal, ialah perpindahan penduduk yang masih dalam satu lingkup wilayah sebuah negara. Ada empat jenis migrasi nasional, berikut penjelasannya.

  • Urbanisasi

Urbanisasi merupakan jenis migrasi berupa perpindahan penduduk yang berasal dari desa menuju kota. Biasanya didorong oleh faktor ekonomi dan faktor kultural.

Faktor ekonomi misalnya karena ingin mendapatkan pekerjaan lebih baik, sedangkan faktor kultural karena ingin mendapatkan modernisasi secara lebih cepat.

  • Ruralisasi

Pada kedua migrasi nasional dan internasional terdapat jenis mobilisasi yang semacam ini, hanya beda istilah. Ruralisasi adalah jenis migrasi nasional yang mana penduduk yang telah melakukan urbanisasi kembali lagi ke desa asalnya.

Sebelumnya penduduk ini pernah menetap di kota, hanya saja karena suatu hal kembali ke desanya.

  • Transmigrasi

Transmigrasi merupakan jenis migrasi yang berupa perpindahan penduduk yang berasal dari suatu wilayah padat penduduk menuju ke wilayah yang jarang penduduknya.

Jika mengacu pada konteks Indonesia, transmigrasi biasanya dilakukan oleh penduduk Pulau Jawa menuju luar Jawa yang tingkat kepadatan penduduknya masih rendah. Tujuannya untuk pemerataan penduduk dan pembangunan.

  • Evakuasi

Evakuasi adalah sebuah bentuk perpindahan penduduk secara sementara karena daerah asalnya sedang terkena bencana atau perang. Biasanya evakuasi dilakukan kolektif dalam jumlah penduduk yang besar menuju ke daerah yang lebih aman.

Tergantung faktor penyebabnya, evakuasi bisa dikategorikan migrasi nasional dan internasional jika dilakukan lintas negara.

Jenis Migrasi Internasional

Jenis Migrasi Internasional
Gambar 2. Migrasi Internasional

Migrasi internasional merupakan jenis migrasi lintas negara, yang mana penduduk dari suatu wilayah negara melakukan mobilisasi atau perpindahan menuju negara lain.

Perpindahan ini bisa bersifat sementara atau menetap. Berikut jenis-jenis migrasi internasional.

  • Emigrasi

Emigrasi merupakan bentuk migrasi lintas negara yang berupa keluarnya penduduk dari suatu negara untuk berpindah ke negara lain. Status kewarganegaraan penduduk ini telah berubah menjadi warga negara tujuan, yang berarti kewarganegaraan lamanya telah dilepas secara resmi.

  • Imigrasi

Imigrasi merupakan masuknya penduduk dari negara lain menuju suatu negara dengan tujuan menetap. Perpindahan ini diikuti oleh perubahan warga negara juga.

Biasanya yang sering terjadi adalah masuknya pemain sepak bola dari luar negeri ke Indonesia yang kemudian statusnya menjadi WNI. Proses inilah yang disebut naturalisasi.

  • Remigrasi

Jika pada migrasi nasional disebut ruralisasi, sedangkan pada migrasi internasional disebut remigrasi. Remigrasi atau repatriasi merupakan perpindahan penduduk untuk kembali ke negara asalnya.

  • Turisme

Turisme yaitu perpindahan penduduk dari suatu negara menuju negara lainnya untuk melakukan wisata (tourism). Negara yang dijadikan destinasi adalah tempat-tempat kaya wisata seperti Indonesia, Maldives, atau Kepulauan Pasifik lainnya.

Itulah jenis-jenis migrasi nasional dan internasional beserta penjelasannya. Sebagian besar penduduk yang melakukan migrasi biasanya mempunyai tujuan untuk tinggal sementara atau menetap di suatu wilayah, dengan harapan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya, meskipun pada kenyataannya tidak selalu demikian.

Leave a Comment