Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Apabila kita renungkan tidak akan ada habisnya jika berbicara tentang masalah sosial. Masalah sosial sendiri masuk kedalam kajian ilmu sosiologi dan lainya.

Namun yang namanya masalah tentu ada penyelesaianya, tetapi masalah sosial yang terjadi saat ini seakan tidak ada habisnya. Kita melihat apa yang terjadi tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

Disini kita perlu mengetahui definisi masalah sosial menurut para ahli. Jadi kita bisa melihat dari sudut pandang para ahli terkait pengertian masalah sosial ini. Karena diantara mereka memiliki pendapat yang berbeda tentunya.

10 Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Pada pembahasan sebelumnya sudah dibahas contoh masalah sosial di indonesia dan penyelesaianya . Berikut ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai masalah sosial, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Masalah Sosial Menurut Martin S. Weinberg

Pengertian Masalah Sosial Menurut Martin S. Weinberg
Dual Attraction by Martin S. Weinberg

Martin S. Weinberg merupakan pakar sosiologi dari Amerika Serikat. Bidang utama yang diambil ialah Sosiologi Penyimpangan, Sosiologi Interpreatif dan Sosiologi Tubuh.

Martin S. Weinberg berpendapat bahwa masalah sosial adalah sebuah situasi yang memperlihatkan keadaan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai masyarakat, sebab ada kesepakatan dari masyarakat yang bertindak untuk mengubah situasi saat ini.

Masalah Sosial Menurut Richard

Richard mengatakan kalau masalah sosial ialah masalah dalam hubungan sosial yang mengakibatkan munculnya hambatan dan ketidakpuasan sekelompok orang.

Masalah Sosial Menurut Roucek dan Warren

Masalah Sosial Menurut Roucek dan Warren
Joseph Slabey Roucek

Roucek adalah tokoh sosiologi dari Amerika serikat dengan nama asli Joseph Slabey Roucek. Lahir di Prague tahun 1902, saat itu Roucek menjadi ahli sosiologi terkenal dan dibantu oleh Roland L. Warren.

Roucek dan Warren berpendapat bahwa masalah sosial adalah masalah yang muncul akibat perbuatan masyarakat itu sendiri.

Masalah Sosial Menurut Arnold Marshald Rose

Arnold Marshald Rose yakni seorang sosiologi lahir di Chicago, Amerika Serikat tahun 1918. Bidang studi khusus yang ia ambil terkait hubungan ras.

Arnold Rose mengatakan bahwa maslaah sosial merupakan sebuah situasi yang mampu mempengaruhi sekelompok masyarakat, dengan begitu mereka bisa mempercayai situasi yang menyulitkan mereka.

Masalah Sosial Menurut Soerjono Soekanto

Masalah Sosial Menurut Soerjono Soekanto
Drs. Soerjono Soekanto Ahli Sosiologi

Soerjono Soekanto adalah ahli sosiologi hukum dari indonesia, banyak karya yang sudah di buat oleh beliau salah satu bukunya yang berjudul “Sosiologi Suatu Pengantar”.

Soerjono Soekanto berpendapat bahwa masalah sosial merupakan bentuk ketidaksesuaian diantara unsur kebudayaan didalam masyarakat yang bisa menyebabkan permasalahan di kehidupan kelompok sosial.

Masalah Sosial Menurut Bulmer dan Thompson

Menurutnya masalah sosial adalah suatu kondisi yang bisa merusak nilai-nilai di dalam masyarakat, dan berdampak cukup besar pada sebagian anggota masyarakat.

Masalah Sosial Menurut Soetomo

Dr. Soetomo

Nama asli dari Soetomo ialah Subroto, beliau lahir di desa Ngepeh, Jawa Timur tahun 1888. Dr.Soetomo bersama rekan-rekanya berhasil mendirikan Organisasi bernama Budi Utomo.

Soetomo berpendapat bahwa masalah sosial itu suatu kondisi yang sangat tidak diinginkan oleh kebanyakan masyarakat pada umumnya.

Masalah Sosial Menurut Raab dan Selznick

Raab dan Selznick berpendapatan kalau definisi masalah sosial adalah masalah hubungan sosial yang memberikan hambatan atas kepuasan orang banyak, serta menantang masyarakat itu sendiri.

Masalah Sosial Menurut Janssen

Janssen berpendapat bahwa masalah sosial merupakan ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan yang sebenarnya, atau dikenal sebagai kesenjangan antara situasi saat ini dengan situasi yang diharapkan.

Masalah Sosial Menurut Lesli

Pendapat ahli yang selanjutnya datang dari Lesli, beliau mengatakan bahwa masalah sosial itu sebuah situasi yang mempengaruhi kehidupan sebagai besar masyarakat, sebagai situasi yang tidak diharapkan sebelumnya sehingga perlu dipertimbangan untuk mengatasinya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai pengertian masalah sosial menurut para ahli. Semoga materi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semuanya.

Selamat Membaca !!!

Please rate this