Masalah Pokok Dalam Pembangunan

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Sebagai suatu bangsa yang merdeka dan sudah tidak dijajah lagi oleh Bangsa Asing tentunya kita harus memiliki tujuan untuk membangun Indonesia menjadi negara yang sejahtera.

Apakah Negara kita sudah sejahtera ?

Tentu saja belum, standar hidup kita saja masih dibawah rata-rata sulitnya mencari pekerjaan bahkan masih banyak masyarakatnya belum hidup secara layak. Bahkan saat ini kita masih sering melihat anak-anak terlantar.

Seharusnya mereka dan fakir miskin dipelihara oleh negara. Jadi inilah yang menjadi permasalahan dan tantangan kita sekarang ini. Kenyataan bahwa masih banyaknya masalah yang terjadi di sekitar kita.

Dipembahasan ini kita akan melihat apa saja yang menjadi masalah pokok dalam pembangunan ekonomi yang harusnya menjadi perhatian besar. Nah, masalah poko dalam pembangunan meliputi :

Inflasi

Inflasi sebagai masalah pokok pembangunan

Beberapa waktu yang lalu kita sempat mengalami kemerosotan nilai uang rupiah, karena banyaknya jumlah uang yang beredar sehingga membuat harga-harga sejumlah barang naik.

Dengan kenaikan seperti ini berdampak pada dunia usaha yang mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat, maka otomatis perusahaan akan mengurangi kapasitas produksinya bahkan menstop produksinya.

Maka akan banyak orang yang menjadi pengangguran, karena produksi yang berhenti mau tidak mau ada banyak karyawan yang akan di PHK. Ini memperlihatkan kalau inflasi menjadi masalah pokok pembangunan.


Kemiskinan

Masalah Pokok dalam Pembangunan Ekonomi Meliputi

Tidak hanya negara Indonesia bahkan setiap negara menganggap bahwa kemiskinan adalah masalah pokok yang harus diselesaikan secepatnya. Kemiskinan ini terjadi karena disebabkan oleh hal yang sifatnya alamiah serta miskinnya strategi dan kebijakan pembangunan yang ada.

Para pakar sendiri melihat kemiskinan ini sebagai masalah struktural. Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang dialami oleh suatu golongan masyarakat karena struktur sosial masyarakat tersebut tidak dapat memanfaatkan sumber pendapatan.

Namun sebenarnya pendapatan tersebut memang tersedia bagi mereka. Apabila tujuan pembangunan bisa tercapai secara adil, maka masalah kemiskinan ini sangat penting sekali untuk terus di kaji dan diupayakan penanggulangannya.

Solusi untuk mengurangi angka kemiskinan ini sendiri bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Memperbanyak lapangan pekerjaan
  2. Mengadakan program bantuan pendidikan gratis
  3. Menciptakan inovasi dan kreatsi

Ketimpangan dalam Distribusi Pendapatan

Permasalahan pembangunan ekonomi di negara maju

Adanya masalah ketidakmerataan distribusi pendapatan bisa mempengaruhi naiknya angka kemiskinan di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang dilakukan secara terus-menerus justru tidak dapat mengurangi angka kemiskinan.

Maka terjadinya ketimpangan dalam distribusi pendapatan membuat perbedaan yang sangat jauh antara si miskin dan si kaya, tentu ini akan menimbulkan kecemburuan sosial dan dampak yang lebih besar lagi adalah tindakan kriminal dimana-mana.

Nah, solusi untuk mengatasi ketimpangan distibusi pendapatan adalah melakukan pembangunan disetiap daerah yang terindikasi terjadi ketimpangan, jika ini sudah dilakukan makan penyerapan tenaga kerja terutama masyarakat lokal bisa terpenuhi.

Seiring berjalanya waktu maka tingkat pengangguran akan berkurang dan tingkat ketimpangan distribusi pendapatan bisa teratasi.


Pengangguran

Permasalahan pembangunan ekonomi di negara berkembang

Pengangguran adalah masalah jangka panjang yang harus dialami oleh setiap negara, tak terkecuali Indonesia. Banyaknya penggangguran akan berdampak pada berkurangnya produktivitas dan incame masyarakat sehingga munculah kemiskinan dimana-mana.

Jadi masalah yang paling utama dalam pembangunan adalah kemiskinan dan penggangguran. Banyak hal yang harus dilakukan Pemerintah Indonesia untuk bisa mengatasi kedua hal ini apalagi saat ini semenjak penyebaran virus Corona semakin banyak orang yang di PHK.

Solusi yang bisa dilakukan untuk menurunkan angka pengangguran diantaranya yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Jika lowongan pekerjaan meningkat maka akan memberikan pulang bagi para pencari kerja untuk bisa diterima.


Keuangan

Apabila sumber kuangan tidak jelas atau bahkan tidak adanya sumber dana maka pembangunan tidak akan bisa terlaksana. Selain itu juga banyaknya pembangunan yang mangkrak dan tidak bisa dilanjutkan akibat dana pembangunan yang di korupsi.

Jadi apabila terjadi masalah terhadap keuangan maka proses pembangunan akan terhenti.

Itulah tadi poin penting yang menjadi masalah pokok didalam melaksanakan pembangunan ekonomi suatu negara, serta solusi yang harus dilakukan untuk dapat mengatasinya.

Leave a Comment