Manfaat dan Kegunaan Peta di Berbagai Bidang

Dizaman sekarang ini saya yakin teman-teman semua sudah mengetahui itu yang namanya peta. Salah satu peta yang menggambarkan seluruh permukaan bumi dikenal Peta Dunia.

Dengan adanya peta dunia kita bisa melihat bentuk bumi dengan skala yang kecil. Pembuatan peta sendiri dibuat para pakar yang mengerti dalam bidangnya.

Ada banyak sekali manfaat dan keguanaanya yang bisa kita dapatkan dari peta. Nah pada kesempatan ini khanfarkhan ingin membahas manfaat dan kegunaan peta di berbagai bidang.

Manfaat dan Kegunaan Peta

Perkembangan teknologi yang sudah sangat maju peta memiliki manfaat dan kegunaanya, dibidang teknologi, bidang pertanian, bidang transportasi dan lainya.

Berikut ini mari kita simak penjelasan secara lengkapnya dari manfaat peta dan kegunaan peta:

Di Bidang Transportasi

Manfaat Peta Transportasi
Rute Tol Laut PT.PELNI

Dalam bidang transportasi peta memiliki manfaat dan kegunaanya yang banyak sekali, bisa dibayangkan apabila tidak ada peta yang menjadi penunjuk arah bagi pengguna transportasi.

Transportasi sendiri meliputi jalur udara, air dan darat. Semua orang saat ini untuk bepergian akan menggunakan salah satu jalur transportasi tersebut. Di bidang transportasi ada dua istilah yakni peta jaringan transportasi dan peta aksesibillitas jalan.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari kedua peta tersebut:

  1. Peta Aksesibilitas Jalan: Peta ini berhubungan dengan sebuah jalur transportasi darat seperti Kereta Api, Bus, Angkot dll. Nah Peta Aksesibilitas ini seperti layanan terkait jara tempuh, kondisi jalan dan kelancaran transportasi.
  2. Peta Jaringan Transportasi: Sedangkan yang namanya peta jaringan itu mencakup seluruhnya mulai dari darat, laut dan air. Manfaat dan kegunaanya adalah sebagai petunjuk arah suatu transportasi dari satu wilayah menuju wilayah lainya.

Di Bidang Pertanian

Berbicara mengenai pertanian, lahan pertanian yang ada di indonesia sangatlah luas berbeda dengan negara-negara tetangga yang lahan pertanianya sedikit.

Namun semua itu perlu di dukung dengan teknologi yang baik agar hasil pertanian mereka bisa maksimal. Karena kita tahu bahwa pertanian menjadi sektor penting untuk masyarakat indonesia.

Dalam hal ini manfaat peta dibidang pertanian sebagai penyedia informasi mengenai jenis tanah, jenis tanaman, morfologi dan curah hujan. Sehingga persebaran dari aspek-aspek tersebut dapat dipetakan.

Berikut ini contoh peta yang dipakai untuk menganalisis faktor-faktor tersebut antara lain yakni:

  1. Peta Topografi: Dalam hal ini peta topografi memperlihatkan faktor kemiringan lereng dan ketinggian suatu dataran. Karena semakin tinggi daerah tersebut akan berpengaruh juga terhadap suhu udara. Dengan begitu kita bisa mengalasisi jenis tanaman apa yang cocok untuk daerah tersebut.
  2. Peta Geologi: Peta ini akan memberikan manfaat dalam menyajikan informasi mengenai karakteristik batuan kepada para petani.
  3. Peta Curah Hujan: Hujan menjadi salah satu aspek penting dalam pertanian, jika tidak ada hujan artinya tidak ada air yang bisa menghidupi tanaman. Maka kegunaan peta curah hujan ini akan memberikan informasi ketersediaan air di suatu wilayah.
  4. Peta Jenis Tanah: Untuk menghasilkan tanaman yang bagus pertani perlu tahu jenis tanah apa yang ada diwilayah mereka apakah tanah vulkanis, tanah kapur, tanah pasir dan lainya. Inilah manfaat dan kegunaan peta jenis tanah agar para petani tidak salah tanah.

Di Bidang Pembangunan

Manfaat dan Kegunaan Peta di Bidang Pembangunan
Pembangunan

Manfaat dan kegunaan peta dalam kegiatan perencanan, pemantauan dan pembangunan akan memberikan seluruh informasi dan menjadi sumber data penting.

Contohnya saja ketika akan melakukan pembangunan tempat perbelanjaan maka diperlukan yang namanya peta kepadatan penduduk untuk memastikan lokasi tersebut layak atau tidak. Baca selengkapnya dampak negatif dan postif pembangunan.

Di Bidang Industri

Kegunaan dan manfaat peta di bidang industri memberikan informasi detail terhadap suatu wilayah yang akan menjadi tempat industri. Dalam hal ini juga industri perlu melihat lingkungan sekitar seperti ketesediaan bahan baku, tenaga kerja, sumber energi dan jaringan transportasi.

Berikut ini ada beberapa jenis peta sebagai pendukung dalam bidang industri.

  1. Peta Jaringan Jalan: Manfaat dan kegunaan peta ini untuk mengetahui aksesibilitas suatu wilayah yang berhubungan dalam kegiatan dibidang industri.
  2. Peta Kepadatan Penduduk: Menyajikan informasi mengenai ketersediaan jumlah tenaga kerja khusunya untuk jenis industri padat karya.
  3. Peta SDA: Menyajikan informasi terkait ketersediaan dan persebaran sumber daya alam untuk dijadikan bahan baku indsutri.

Di Bidang Kebencanaan

Manfaat Peta di Bidang Kebencanaan
Peta Zona Rawan Bencana Sulawesi Tengah

Manfaat dan kegunaan peta di bidang bencana sangat luar biasa, karena ini masalah nyawa manusia banyak sekali korban meninggal karena suatu bencana. Meskipun kita tidak bisa mengetahui kapan bencana tersebut tiba.

Namun dengan adanya peta yang memberikan lokasi rawan terjadinya bencana bisa mengurangi dampak bagi masyarakat. Pemanfaatan peta juga untuk menganalisis perencanaan kegiatan sesudah dan sebelum terjadi bencana.

Ada beberapa jenis peta yang bisa digunakan dalam bidang bencana diantaranya sebagau berikut:

  1. Pemetaan rawan banjir: bisa ditentukan dengan melihat pera curah hujan, peta topografi, peta jenis lahan dan penggunaan lahan.
  2. Pemetaan rawan longsor: bisa ditentukan dengan melihat dari peta kemiringan lereng, peta jenis tanah, peta curah hujan dan peta penggunaan lahan.
  3. Pemetaan kerusahakan infrastruktur: difungsikan untuk memetakan suatu daerah yang terkena bencana alam agar bisa dibangung ulang.
  4. Pemetaan rawan tsunami: memperlihatkan suatu daerah yang kedalaman airnya tinggi saat terjadi gelombang tsunami.

Di Bidang Tata Guna lahan

Di bidang ini manfaat dan kegunaan lahan secara langsung berhubungan dengan rencana penggunaan lahan disuatu kawasan. Selanjutnya wilayah tersebut dibagi berdasarkan fungsinya dengan peta tata guna lahan.

Misalnya saja untuk kawasan perdagangan, kawasan pemukiman, kawasan industri dan ruang terbuka hijau untuk umum.

Dalam pemetaan tata guna lahan bisa menggunakan peta penggunaan lahan, peta lokasi industri dan peta kepadatan penduduk.

Cukup sekian penjelasan dari kami mengenai manfaat dan kegunaan peta, semoga informasi yang kami sajikan diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Selamat Membaca !!!

Please rate this

Leave a Comment