Manajemen Persediaan

Pada hakikatnya dalam melakukan kegiatan produksi ataupun bisnis sangatlah memerlukan yang namanya manajemen. Pengertian manajemen dalam artian sedehana sendiri merupakan sebuah aturan untuk mengatur sesuatu yang dilakukan sekolompok orang dan organisasi demi mencapai tujuan tertentu.

Definisi manajemen sendiri bisa disesuiakan berdasarkan pekerjaan misalnya saja manajemen waktu yang artinya memanfaatkan waktu yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai ekonomis dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini khanfarkhan.com akan menjelaskan mengenai pengertian manajemen persedian dan fungsinya dalam kegiatan bisnis. Dan kalian perlu tahu bahwasanya ada 4 metode perhitungan persediaan FIFO, LIFO, AVERAGE dan HPP yang sudah di bahas contoh soalnya pada artikel sebelumnya.

Pengertian Manajemen Persediaan

Manajemen persediaan sendiri dalam urusanya hanyalah fokus pada bagaimana cara mengelola (manajemen) bahan baku secara baik. Namun tentunya bukan hanya disitu saja tapi masih lebih luas lagi dan mencakup kegiatan perusahaan seperti barang dagang, barang proses dan juga barang supply.

√ Pengertian dan Fungsi Manajemen Persediaan dalam Kegiatan Bisnis
Manajemen Persediaan

Jadi kesimpulanya manajemen persediaan merupakan sebuah aktivitas untuk menjaga jumlah optimum terhadap barang-barang yang dimiliki.

Didalam proses produksi sendiri sangatlah dibutuhkan sistem pengelolaan yang tetap supaya kedepanya tidak berdampak buruk pada proses produksi.

Kenapa manajemen persediaan diperlukan ?

Setiap perusahaan tentu saja memiliki persediaan yang disimpan sebagai aset dan siap untuk  dijual contohnya saja seperti persediaan barang dagang. Setiap barang dagang yang masuk dan keluar haruslah diatur dan itu tidak lah sulit.

Apabila terjadinya penumpukan jumlah persediaan, otomatis akan menyebabkan pengeluaran yang sangat besar ditambah lagi biaya penyimpanan barang yang tersedia. Tapi justru sebeliknya jika persediaan yang kurang malah akan menghambat proses produksi.

Selain itu juga masih ada banyak lagi yang lainya yang bisa saja terjadi. Maka dari situlah manajemen persediaan ini dibutuhkan supaya kedepanya perusahaan bisa menentukan jumlah persediaan yang otpimal dan juga biaya yang dikeluarkan sesuai dengan persediaan yang dibutuhkan. Dalam prakteknya pencatatan persediaan ini memiliki 2 metode yaitu persediaan periodik dan perpetual hal ini perlu dipahami juga.

Fungsi Manajemen Persediaan

Dalam proses produksi sendiri ada beberapa fungsi dari manajemen persediaan bagi perusahaan ataupun untuk kegiatan bisnisnya yakni sebagai berikut:

  • Memastikan adanya ketersediaan persediaan
  • Memangkas risiko keterlambatan saat pengiriman barang.
  • Antisipas terhadap perubahan permintaan dan penawaran
  • Memangkas risiko harga yang fluktuatif
  • Antisipasi terhadap permintaan mendadak
  • Mendapatkan diskon atas pemesanan degan jumlah banyak
  • Menyelaraskan pembelian dengan jadwal produksi
  • Menetapkan kuantitas persediaan yang harus di simpan untuk berjaga-jaga
  • Mengontrol terhadap pesanan persediaan yang tidak cocok dengan spesifikasi sehingga dapat retur ke supplier jika tidak sesuai.
  • Mempertahankan komitmen terhadap customer supaya barang dapat di produksi sesuai waktu dan kuantitas yang diinginkan.
  • Memantau jumlah persediaan yang tersedia hanya musiman saja tujuanya supaya saat tidak musimnya barang tersebut masih tersedia din gudang.
√ Pengertian dan Fungsi Manajemen Persediaan dalam Kegiatan Bisnis
Kegiatan Bisnis

Selanjutnya ialah  apa peranan manajamen persediaan dalam kegiatan bisnis, yuk kita simak penjelasanya dibawah ini:

Kita ketahui bahwasanya perusahaan akan sulit untuk maju bila tidak memiliki manajemen yang baik. Dalam kasus ini terdapat perusahaan yang sangat memerlukan adanya manajemen persediaan yaitu perusahaan dalam bidang industri manufaktur serta perusahaan dagang.

Nah pada perusahaan yang kegiatan utamanya ialah industri manufaktur mempunyai jenis persediaan seperti dibawah ini:

  1. Persediaan bahan baku
  2. Persediaan barang dalam proses
  3. Persediaan barang jadi
  4. Persediaan barang pembantu.

Untuk persuhaan dagang sendiri yang dimaksudkan ialah persediaan barang dagang. Sekarang kita kaitkan kedua perusahaan tersebut dengan manajemen persediaan dan bagaimana perananya.

Kita ketahui bersama bahwa manufaktur memiliki kegiatan utama didalamnya yakti mengelola bahan baku menjadi bahan jadi yang memiliki nilai ekonomis. Dan prosedur pelaksanaan tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar di tambah lagi dengan biaya dan modal yang dikeluarkan untuk persediaanya saja lumaya banyak maka proses perputaranyapun tidak begitu cepat.

Pelaksanaan kegiatan tersebut di khawatirkan menyisahkan persediaan dan kelebihan persediaan dan tentu saja modal yang dikeluarkan tidak terhankan, berbeda halnya apabila ternyata persediaan yang dibutuhkan kurang karena modal yang tidak mencukupi tentu saja akan menggangi proses produksi.

Dalam hal ini penting sekali adanya manajemen persediaan dan haruslah mendapatkan perhatian yang ekstra lebih serius lagi. Tujuanya apa ? tentu saja untuk meminimalisir ternjadinya kekurangan persediaan dan lain sebaginya.

 

Nah itulah tadi penjelasan mengenai manajemen persediaan semoga informasi diatas bisa bermafaat dan terus kunjungi situs kami untuk mendapatkan info pendidikan terlengkap. Terimakasih

Please rate this

Leave a Comment