Contoh Lembar Pengesahan Sesuai Prosedurnya

Lembar Pengesahan – Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh masing-masing peneliti memiliki keperluan yang berebeda-beda setiap format laporanya. Contohnya saja seperti dalam pembuatan lembar pengesahan dimana format harus sesuai dengan ketentuan yang sudah di tetapkan.

Dan perlu anda ketahui juga bahwasanya dalam pembuatan berbagai karya tulis lembar pengesahan ini menjadi salah satu objek pokok. Umumnya orang yang membuat lembar pengesahan ini karena terdapat beberapa syarat dan kewajiban yang perlu anda ketahui juga.

Oleh sebab itu, disini saya akan menjelaskan mengenai contoh format dari lembar pengesahan.

 

Apa itu Lembar Pengesahan ?

Secara umum lembar pengesahan merupakan bagian terluar dari sebuah karya tulis yang disajikan untuk memberikan penjelasan antara rekomendasi dan tulisan/karya yang dibuat. Sedangkan untuk proses pembuatan lembar pengesahan wajib untuk mencantumkan nama pihak di luar pembuat seperti guru, tokoh masyarakat maupun seorang dosen.

6 Contoh Format Lembar Pengesahan Sesuai Ketentuan
Lembar Pengesahan

Format Lembar Pengesahan

Dalam sebuah karya tulis kamu perlu mengikuti format pembuatan lembar pengesahan dimana didalamnya terdiri dari Tulisan lembar pengesahan yang di bold, nama pembuat karya, nama perekomendasi dalam lembar pengesahan, waktu, alokasi dana, pengesahan dan yang terakhir ialah pengesahan. Pahami juga mengenai cara membuat tinjauan pustaka dan contohnya

1. Tulisan “Lembar Pengesahan” Cetak Tebal

Maksudnya disini adalah pada bagian awal penulisan lembar pengesahan haruslah di cetak tebal (Bold). Caranya pun sangat mudah meskipun begitu hal ini haruslah lah anda lakukan, tidak bisa diabaikan begitu saja. Anda bisa melihat ilustrasi berikut ini:

6 Contoh Format Lembar Pengesahan Sesuai Ketentuan

2. Menuliskan Nama Pembuat Karya

Selain dari tulisan yang dicetak tebal anda juga harus menuliskan nama pembuat karya yaitu nama anda sendiri. Dimana tercantup juga identitas pribadi anda, seperti nomor KTM (Kartu Mahasiswa) atau Kartu Pelajar. Namun tidak hanya itu saja anda juga harus mencantumkan alamat rumah, email, nomor hp, serta jenis kelamin anda sendiri.

6 Contoh Format Lembar Pengesahan Sesuai Ketentuan

3. Menuliskan Nama Perekomendasi

Nama perekomendasi yang harus anda tuliskan ialah nama dosen, guru atau tokoh masyarakat. Nama-nama tersebut haruslah anda cantumkan dan itu mutlak sebab lembar pengesahan ini termasuk salah satu laporan yang formal jadi penulisan dan gaya bahasa juga harus yang sopan seperti dalam pembuatan penelitian sosial

6 Contoh Format Lembar Pengesahan Sesuai Ketentuan

4. Menuliskan Waktu

Menuliskan waktu didalam sebuah lembar pengesahan adalah wajib dan umumnya waktu ini bisa berupa tanggal, bulan dan juga rahun atau jangka waktu dari pembuatan karya tulis. Dan anda bisa menuliskan tanggal terlebih dahulu lalu selnajutnya di ikuti dengan bulan dan tahun agar lebih jelas.

6 Contoh Format Lembar Pengesahan Sesuai Ketentuan

5. Menuliskan Alokasi Dana

Dalam hal ini jika ingin menuliskan alokasi dana bisa disesuaikan dengan jenis prososal yang akan diajukan oleh masing-masing individu. Kalau dibuatnya proposan tersebut masuk dalam golongan wirausaha maka syaratnya wajib mencantumkan bagian alokasi dana dipelrukan, hal ini memeperlihatkan transaparansi dari sebuah prososal.

6 Contoh Format Lembar Pengesahan Sesuai Ketentuan

6. Menyertakan Pengesahan

Proses terakhir pembuatan lembar pengesahan ialah dengan menyertakan pengesahan dari kedua belah pihak atas jenis proposal yang sudah diajukan oleh pembuat dan perekomendasi. Untuk menyertakan pengesahan biasanya di tandai dengan memberikan kolom ataupun tanda tangan bermaterai agar salah satunya menjadi lebih kuat.

6 Contoh Format Lembar Pengesahan Sesuai Ketentuan

 

Pada dasarnya dengan kita lembar pengesahan yang sesuai dengan formatnya justru akan memberikan beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya pembuatan lembar pengesahan seperti contoh dibawah ini: Salah satu manfaat yang bisa anda rasakan ialah mampu memberikan pemberitahuan kepada banyak kalangan.

Sebuah instutusi pendidikan wajib dalam mengetahui perilaku apa saja yang dilakukan oleh para anggotanya. Misalnya seperti ini seorang siswa atau mahasiswa akan melakukan sebuah kegiatan wajib mempunyai persetujuan dari pihak-pihak tertentu.

Kemudian anda bisa beberapa contoh-contoh dari sebuah lembar pengesahan baik itu untuk proposal penelitian atau yang lainya.

 

Contoh Lembar Pengesahan

Setelah kita mengetahui mengenai format dari sebuah lembar pengesahan dan juga manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membuat lembar pengesahan. Berikut ini anda bisa melihat beberapa contoh yang bisa dijadikan pedoman dalam pembuatan lembar pengesahan pada proposal penelitian, pengesahan karya ilmiah, pengesahan skripsi, pengesahan laporan kegiatan, pengesahan makalah dan yang terakhir contoh lembar pengesahan usaha.

Lembar Pengesahan Proposal Penelitian

Pada hakikatnya jenis proposal ini dipakai pada bidang akademisi. Misalnya saja proposal penelitian untuk membuat skripsi, tesis dan lain sebagainya. Bahwa dan lembar pengesahan ini ada harus mendapatkan persetujuan kepada pihak-pihak tertentu. Sebenarnya ada banyak sekali jenis penelitian sebab dalam membuat proposal penelitian kamu perlu mengetahui jenis-jenis penelitian yang ada.

6 Contoh Format Lembar Pengesahan dan Cara Membuatnya

Lembar Pengesahan Karya Tulis

6 Contoh Format Lembar Pengesahan dan Cara Membuatnya

Lembar Pengesahan Skripsi

6 Contoh Format Lembar Pengesahan dan Cara Membuatnya

Lembar Pengesahan Laporan Kegiatan

Lembar pengesahan ini harus anda buat jika ingin membuat sebuah kegiatan dimana selanjutnya akan diajukan kepada atasan serta pihak donatur. Dalam contoh dibawah ini lembar pengesahan yang dibuat adalah laporan kegiatan yang terdapat di sebuah Universitas Negeri Semarang.

6 Contoh Format Lembar Pengesahan dan Cara Membuatnya

Lembar Pengesahan Makalah

Dalam hal ini lembar pengesahan makalah merupakan salah satu bagian dari makalah yang diperuntukan untuk meminta persetujuan terhadap pihak tertentu misalnya seperti, dosen pembimbing, kondinator, rektor dan masih banyak lagi. Lembar pengesahan ini sangatlah penting maka dari itu coba anda perhatian pada contoh berikut ini:

6 Contoh Format Lembar Pengesahan dan Cara Membuatnya

Lembar Pengesahan Proposal Usaha

Lembar pengesahan juga masuk kedalam bagian dari proposal usaha akan tapi dalam proposal jenis ini hanya isinya saja yang berbeda dengan lembar pengesahan lainya namun maksud dan tujuanya sama semua.

6 Contoh Format Lembar Pengesahan dan Cara Membuatnya

 

Cara Membuat Lembar Pengesahan

Kebanyakan orang membuat lembar pengesahan menggunakan Microsoft Word bukan dengan tulis tangan.

Langkah awala yang perlu anda lakukan ialah membut judul “LEMBAR PENGESAHAN” jangan lupa huruf mengunakan cetak tebal dan size fontnya 14 saja cukup jangan terlalu besar dan jangan juga terlalu kecil.

 

Buatlah jarak baru dibawah judul disni kamu bisa mengisi sub judul sesuai kebutuhan yang kamu perlukan yakni tujuan dari dibuatnya lembar pengesahan ini. Contohnya saja kami ingin membuat lembar pengesahan untuk karya tulis. Nah pada sub judul baru ini kamu bisa menuliskan judul, peserta dan juga dosen pembimbing persis seperti contoh yang ada diatas.

Isilah semua data pribadi anda maupun nama dosen pembimbing jangan lupa untuk menyertakan NIP nya, biasanya prosedur awal pembuatan lembar pengesahan ini bentuknya berbeda-beda tergantung dari institusi pendidikan yang sedang anda jalani saat ini.

Selanjutnya kamu bisa memberikan beberapa spase untuk mencantumkan tanda tangan pihak yang terkait dan pastikan nama atau nipnya sudah tertera dan penulisanya pun benar.

 

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai cara membuat lembar pengesahan selanjutnya anda bisa menentukan bentuk lembar pengesahan seperti apa yang anda perlukan nanti. Selain itu beberapa contoh diatas bisa anda jadikan juga sebagai rekomendasi dalam pembuatan lembar pengesahan.

Please rate this

Leave a Comment