Macam Lembaga Pembiayaan di Indonesia

Sudah tidak asing lagi tentunya jika kita mendengar kata lembaga karena istilah ini selalu muncul didalam kehidupan bermasyarakat dan biasanya lembaga ini sering sekali dikaitkan dengan sebuah organisasi, sosial, masyarakat, formal dan juga informal.

Apa itu Lembaga ?
Lembaga Merupakan sebuah institusi yang didalamnya berisikan seperangkat hubungan norma-norma, keyakinan, nilai yang jelas dan berfokus terhadap berbagai kebutuhan sosial dan juga beberapa tindakan yang dilakuakn secara terus menerus dan berulang.

Meskipun lembaga adalah sebuah institusi tapi lembaga tidak sama dengan Badan Usaha walaupun sama-sama memiliki dasar hukum namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda bagi sekumpulan masyarakat.

Lantas apa yang kita ketahui mengenai lembaga pembiayaan apa perbedaan mendasar antara lembaga pembiayaan dan lembaga keuangan?

Pengertian Lembaga Pembiayaan

Didalam sebuah negara lembaga pembiayaan ini memiliki fungsinya sendiri, dengan fungsinya itu lembaga pembiayaan bisa membantu perekonomian seperti pendanaan barang atau modal.

Apa itu Lembaga  Pembiayaan ?
Lembaga Pembiayaan merupakan badan usaha yang melakukan seluruh kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang dan Modal.

Pengertian Lembaga Pembiayaan

Karena perekonomian yang terus maju dan terus berkembang sehingga munculah lembaga pembiayaan syariah.

Apa itu Lembaga Pembiayaan Syariah ?
Lembaga Pembiayaan syariah ialah bentuk penyaluran pembiayaan yang akan dilakukan sesuai prinsip syariah oleh perusahaan pembiayaan syariah dan juga unit usaha syariah (USS) atau perusahaan pembiayaan konvensional.

Macam Lembaga Pembiayaan

Dan dalam hal ini lembaga pembiayaan meliputi:

Perusahaan Pembiayaan

Perusahaan yang merupakan badan usaha khusus dibentuk untuk melaksanakan sewa guna usaha, Pembiayaan Konsumen, Anjak Piutang serta usaha kartu  kredit.

Produk Perusahaan Pembiayaan seperti anjak piutang ialah:

  • Pengambilalihan tagihan sebuah perusahaan dengan fee tertentu.
  • Pembelian piutang dalam sebuah transaksi perdagangan yakni berdasarkan harga yang sudah disepakati.
  • Mengelola usaha penjualan kredit sebuah perusahaan.

Perusahaan Modal Venture

Fungsi dari modal venture ini menjadi lembaga pembiayaan yang akan membantu dalam kesiapan dana serta modal, akan tetapi juga bisa mencakup dalam perihal bantuan manajemen perusahaan.

Perusahaan Modal Venture ialah sebuah  badan usaha yang menjalankan usaha pembiayaan modal dalam sebuah perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan “Investee Company” dengan jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan dari pembelian obligasi konversi atau pembiayaan yang didasari atas pembagian hasil usaha.

Produk Perusahaan Modal Venture:

  • Penyertaan saham
  • Penyertaan lewat pembelian obligasi konversi
  • Pembiayaan sesuai pembagian atas hasil usaha

Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Yakni sebuah Badan Usaha yang dibentuk atas dasar melakukan pembiayaan dalam bentuk pembiayaan dana pada proyek infrastruktur.

Kegiatan usaha yang dilakukan ialah pemberian pinjaman langsung dengan fungsi utamanya sebagai pembiayaan infrastruktur, refinancing terhadap perusahaan yang sudah dibiayai  pihak lain.

Produk Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur:

  • Pemberian dukungan kredit
  • Penjaminan pembiayaan infrastruktur dan,
  • Penyertaan modal

Penjelasan diatas diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan “OJK” sumber terpecaya dan akurat.

Contoh Lembaga Pembiayaan di Indonesia

A. Perusahaan Sewa Guna Usaha

Diseluruh penjuru dunia perusahaan menggunakan sewa guna usaha atau yang disebut leasing ini untuk mendanai kendaraan seperti Mesin dan peralatan. Apalagi dinegara-negara yang sudah maju yang investasi pribadinya sepertiganya  dibiayai oleh leasing.

B. Perusahaan Modal Venture

Berikut ini adalah contoh dari perusahaan venture yang sampai sekarang ini masih aktif di Indonesia ialah:

Perusahaan Lembaga Pembiayaan

  • East Ventures, adalah sebuah perusahaan modal venture yang pertama kali di indonesia yang sudah didirikan sejak tahun 2010 silam dan masih bertahan hingga tahun 2019.
  • CyberAgent Venture, yakni  sebuah perusahaan modal venture yang asalnya dari negara Jepang. Saat ini CyberAgent Venture dengan East Venture sedang berkontribusi terhadap tokopedia.
  • Fenox Venture Capital, perusahaan ini termasuk perusahaan yang sudah sangat terkenal di kalanganya.
  • IMJ yang adalah sebuah perusahaan modal venture yang akan memberikan bantuan modal kepada para starup. Tidak hanya itu saja IMJ selalu memberikan bantuan dalam bidang jasa akses internet, relasi pengembangan bisnis anda serta pengembangan produk.

C. Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Salah satu contoh perusahaan infrastruktur ialah PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) perusahaan tersebut ialah Badan Usaha Milik Negara atas kepemilikan sahamnya 100% milik pemerintah.

PT SMI mempunyai peranan sangat aktif yakni melakukan kegiatan pengembangan proyek serta melayani jasa konsultasi untuk semua proyek yang tersebar di seluruh daerah indonesia.

D. Sewa Guna Usaha (Leasing)

Secara umum ada banyak contoh perusahaan sewa guna usaha (Leasing) di indonesia yang sudah terdaftar di OJK seperti: BCA Finance, Adira Finance, BFI Finance, FIF, WOW, Otto Summit, Aditama Finance yang merupakan contoh termasuk perusahaan leasing konvensional.

Contoh Lembaga Pembiayaan

E. Perusahaan Anjak Piutang

Untuk mekanisme anjak piutang ini berawal dengan adanya transaksi jual beli barang atau jasa dengan pembayaran dilakukan secara  kredit alias tidak tunai.

F. Pembiayaan Konsumen

Concumers Finance atau Pembiayaan Kredit ialah sebuah bentuk kegiatan pembiayaan untuk pengadaian barang sesuai keperluan dengan pembayaran secara angsuran.

G. Usaha Kartu  Kredit

Usaha Kartu  Kredit atau yang umumnya dikenal dengan Credit Card adalah suatu kegiatan pembiayaan untuk pembelian barang atau jasa dengan menggunakan kartu kredit.

Perbedaan Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Keuangan

Berikut ini terdapat beberapa perbedaan antara lembaga keuangan dan lembaga  pembiayaan:

Lembaga  PembiayaanLembaga Keuangan
  • Hanya terfokus kepada satu kegiatan keuangan saja.
  • Tidak bisa secara langsung menghimpun dana dari masyarakat. Dlm bentuk Giro, Tabungan, Deposito berjangka.
  • Tidak menekankan aspek jaminan.
  • Tidak bisa menciptakan uang giral
  • Perizinan, pembinaan, pengawasan bisa dilakukan oleh departemen keuangan.
  • Terfokus pada bidang jasa keuangan dan lainya tidak hanya satu kegiaan keuangan saja.
  • Secara  langsung bisa menghimpun dana dari masyarakat. Dlm bentuk Giro,Tabungan, Deposito berjangka.
  • Ketika pemberian kredit lebih terfokus  pada jaminan.
  • Bank umum bisa menciptakan uang giral & bisa mempengaruhi peredaran yang di masyarakat.
  • Pengaturan & Perizinan seutuhnya berada pada BI. Sebab ketentuan dlm UU No.10/1998.

Jika kita simpulkan dari beberapa perbedaan diatas terlihat bahwasanya perbedaan utama dari  masing-masing lembaga ialah pada kegiatanya. Jadi  jangan sampai salah terhadap fungsi dari kedua lembaga diatas ya.

Dasar Hukum Lembaga Pembiayaan:

Menimbang

a. Bahwa didalam rangka untuk meningkatkan peran Lembaga Pembiayaan dalam proses pembangunan nasional, haruslah disuport oleh ketentuan tentang lembaga pembiayaan yang memadai.b. Bahwa untuk bisa meningkatkan peran yang diatas,  Keputusan Presiden No.61 Th 1998 mengenai Lembaga Pembiayaan harus disempurnakan dengan mengganti Keputusan Presiden dengan Keputusan Presiden terbaru.

Mengingat

1. Pasal 4 ayat 1 UUD 452. Kitab UU Hukum Perdata

3. UU No 25 Th 1992 mengenai Perkoprasian

4. UU No 40 Th 2007 mengenai Perseorangan Terbatas

Sumber lengkapnya bisa anda dapatkan di situs jdih.kemenkeu.go.id

Fungsi Lembaga Pembiayaan

Setelah kita mengetahui dan memahami penjelasan mengenai lembaga pembiayaan selanjutnya  yang harus di ketahui adalah fungsi utama dari dibentuknya sebuah lembaga pembiayaan.

Karena dengan adanya lembaga pembiayaan mampu mendorong perekonomian indonesia.

Selain itu juga untuk menyerap semua tenaga kerja yang setiap tahunya terus meingkat. Berikut ini beberapa fungsi lembaga pembiayaan.

1. Lembaga Pembiayaan berfungsi dalam membantu masyarakat mulai dari golongan ekonomi menengah kebawah supaya kedepanya terlepas dari jerat rentenir. Rentenir ini akan memberikan pinjaman dengan presentase bunga yang cukup besar.

Sehingga dengan adanya lembaga pembiayaan ini, para pengusaha dengan modal kecil bisa juga merasakan kredit modal atau barang modal dengan syarat mudah dan memperoleh bungan yang kecil.

2. Lembaga Pembiayaan juga tidak membatasi untuk masyarakat golongan menengah kebawah saja, namun bisa dipakai dalam bisnis yakni pengembangan infrastruktur.

Dibentuknya lembaga pembiayaan ini sangatlah diharapkan sekali sebab tidak semua pengembang infrastruktur dan juga pelaku bisnis mempunyai modal yang besar untuk menutup jumlah biaya yang cukup banyak.

Harapanya jika sudah ada lembaga pembiayaan di negeri ini !

Seluruh pelaku bisnis dalam bidang pengembangan infrastruktur bisa mendapatkan sedikit tambahan modal pinjaman yang berbentuk pinjaman dana talangan, dana proyek ataupun sejenisnya.

Jadi tidak akan ada lagi yang namanya keterbatasan modal dan dana yang selama ini selalu menjadi masalah untuk para pelaku bisnis serta pengembang infrastruktur.

Bagi sebuah pembangunan keikutsertaan lembaga pembiayaan sangatlah dibutuhkan sekali oleh semua lapisan masyarakat.

Dimana para pelaku usaha dan masyarakat umum memiliki harapan yang sangat besar dengan adanya lembaga pembiayaan, agar dapat mengatasi masalah vital terhubung permasalahan keuangan dan permodalan.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai lembaga pembiayaan yang ada di indonesia. Selamat membaca semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Terimakasih

Please rate this

Leave a Comment