Kumpulan Contoh Surat Izin Sakit untuk SD, SMP dan SMA

2 min read

Contoh Surat Izin Sakit – Ketika seseorang sedang sakit hal tersebut menjadi kendala yang tidak bisa di hindari oleh kita sebagai seorang manusia. Walaupun sudah berusaha sebaik mungkin untuk tetap menjaga kesehatan, akan tetapi jika sudah waktunya tetap saja penyakit akan menghampiri kita.

Hal tersebut disebabkan karena kondisi tubuh kita yang memburuk sering sekali menjadikan aktifitas kita menjadi terganggu baik itu pekerjaan kantor, sekolah dan kepentingan lainya.

Bagi anak-anak yang masih sekolah, pada saat sedang sakit dan tidak mampu untuk berangkat sekolah harus memakai surat sakit tak berangkat sekolah yang dibuat orang tua atau surat keterangan sedang sakit dari dokter.

Tentu saja jika kita tidak memakai surat maka kita akan dianggap membolos sekolah dan ditulis alpa. Akantetapi sangat disayangkan para guru banyak menemukan surat izin sakit tidak masuk sekolah dengan format penulisanya yang salah. Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya beberapa faktor seperti dibawah ini.

 

Contoh Surat Sakit Tidak Masuk Sekolah

Kumpulan Contoh Surat Izin Sakit untuk SD, SMP dan SMA

1. Penggunaan Bahasa

Surat izin tidak masuk ini masuk kedalam surat resmi yang ditujukan kepada pihak sekolah sebagai instansi resmi, maka dari itu ketika menulis surat harus menggunakan bahasa yang baku serta efektif. Jangan menggunakan kalimat yang susah dipahami dan terlalu panjang

2. Penggunaan tanda baca

Walaupun termasuk hal kecil, tapi penggunaan tanda baca pada surat ijin sakit sangatlah penting. Sebab pengunaan tanda baca yang tepat akan membuat surat ijin sakit yang anda buat menjadi lebih bagus dilihat dan mudah dibaca. Hal lainya memang tanda baca sangat berguna sebagai penyambung akan mempengaruhi arti serta susunan kata.

3. Kerapihan

Selain dari faktor-faktor yang ada di atas, aspek pertama yang akan mempengaruhi kerapihan surat ijin sakit tidak masuk sekolah anda buat dengan tulisan tangan sendiri. Ya, tentu saja sebab tidak mungkin surat ijin dibuat dengan bentuk print out

Jadi kalau bisa untuk diusahakan jangan sampai ada coretan pada surat tersebut. Sebab walaupun tulisan tangan anda tak begitu bagus, jika tulisanya rapih akan tetap enak untuk dilihat.

 

Aspek – apek diatas harus anda anda perhatikan dengan benar. Lalu bagaimana suasana surat ijin sakit ? pada hakikatnya surat sakit sama dengan surat ijin lainya, yakni terdiri dari beberapa bagian antara lain yakni:

  • Tempat dan tanggal, yakni tempat pembuatan dan tanggal pembuatan surat.
  • Yang dituju, catatan jika memakai kata “Kepada” maka jangan pakai kata “Yth” dan sebaliknya, jika anda memakai “Yth” maka jangan memakai “Kepada”. Atau bisa dipilih salah satu saja.
  • Salam pembuka, umumnya memakai kalimat “Dengan Hormat”.
  • Pembuka, didalamnya ada pembukaan atau sapaan kepada yang dituju biasanya kepada wali murid. Dan umumnya hanya berupa 1 atau 2 kalimat saja. Serta susunan kalimat dipakai pun biasanya cukup singkat namun efektif.
  • Isi surat, berisikan mengenai identitas anak dan apa tujuan membuat surat tersebut
  • Penutup, berisikan permintaan maaf dan juga terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). Note: jangan memakai kata-kata “nya” tapi pakailah “bapak/ibu”. Misalnya “terimakasih atas perhatian bapak/ibu guru”.
  • Tanda tangan wali murid

Agar lebih jelas lagi, anda bisa melihat contoh surat ijin sakit tidak masuk sekolah seperti yang dibawah ini:

Baca Juga : Pengertian Surat dan  6 Fungsi Surat yang Wajib Diketahui

 

Contoh Surat Ijin Sakit Tak Masuk Sekolah

Bandar Lampung

Kepada Yth.

Bapak/ibu Guru Wali Kelas XII IPA 4

SMA N 1 Gedong Tataan

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Komar

Siswa : Kelas XII IPA 4 SMA N 1 Gedong  Tataan

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya, Rabu 20 Oktober 2018 dikarenakan sedang sakit. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 4 supaya memberikan izin.

Demikian yang bisa kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kamu mengucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid

Andry Arizona

 

Kumpulan Contoh Surat Izin Sakit untuk SD, SMP dan SMA

 

Kumpulan Contoh Surat Izin Sakit untuk SD, SMP dan SMA

 

Demikianlah tadi artikel mengenai Kumpulan Contoh Surat Izin Sakit untuk SD, SMP dan SMA semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang memerlukan cara membuat surat izin sakit.

Dan perlu saya ingatkan membuat surat ijin bukan untuk hal lain seperti bolos sekolah tapi menuliskan surat ijin ke pihak sekolah dengan alasan sakit. Itu hal yang salah dan jangan dilakukan

Artikel Lainya :

  1. Contoh Surat Resmi untuk Walikota yang Baik dan Benar
  2. Kumpulan Contoh Surat Undangan yang Resmi dan Tidak Resmi Perusahaan
  3. 12 Contoh dan Format Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan 2018

Please rate this