Konsep Dasar Ilmu Sosiologi

Konsep Dasar Ilmu Sosiologi – Lahirnya ilmu sosiologi bukan hanya karena selalu adanya konflik-konflik dan gejala sosial, serta masalah sosial yang sering muncul di lngkungan masyarakat yang ada disekeliling kit, namun sejatinya sosioliogi pertama kali muncul karena adanya kebutuhan dalam diri manusia.

Kebutuhan ini meliputi keinginan untuk hidup damai, tentram dan juga sejahtera. Itulah yang mendasari kenapa sosiologi ini muncul. Seiring perkembangya  ilmu sosiologi sekarang mempunyai konsep dasar tersendiri dimana hal tersebut sangatlah dibutuhkan untuk dijadikan acuan atau referensi alat penelitian, analisis serta perbandingan hasil-hasil penelitianya. Pembahasan ini selanjutnya akan menjelaskan secara jelas mengenai konsep dasar sosiologi.

Definisi Sosisologi

Jika dilihat secara Etimologis, sosiologi asalnya dari dua suku kata yakni Socius (bahasa latin) yang berarti teman, dan Logos (bahasa yunani) yang berarti kata, perkataan atau pembicaraan. Kemudian perlu anda ketahui juga kalau Tokoh yang pertama kali menjelaskan istilah sosiologi ialah Auguste Comte (1798-1857) yang merupakan filsuf dari perancis dan si Aguste Comte ini adalah BAPAK SOSIOLOGI.

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Aguste Comte

Menurut Roucek dan Warren menjelaskan bahwasanya sosioligi itu merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan kelompok masyarakat.

Selo Soernardi dan Soelaeman Soenardi menyatakan kalau sosiologi ialah sebagai ilmu kemasyarakatan dan mempelajari struktur-struktur sosial dan proses sosial termasuk juga didalamnya ada perubahan sosial.

Pendapat lain juga menjelasankan…

Suatu konsep dalam ilmu sosiologi adalah istilah yang sangat umum sekali dipakai dalam sosiologi dan menjasi studi pengetahuan yang membagikan manfaat dalam hidup. Konsep ini sendiri bergantung kepada kebutuhan serta keinginan pada saat akan mengaih penjelasan tentang sosisologi bisa dari sisi cabang sosiologi pendidikan, sosiologi hukum, Sosiologi pertanian, sosiologi pedesaan serta cabang ilmu sosiologi lainya.

 

Konsep Dasar Ilmu Sosiologi

Dibawah ini terdapat berbagai macam dari konsep dasar ilmu sosiologi yang akan saya jelaskan secara jelas, berikut penjelasanya:

1. Struktur Sosial

Dalam konsep dasar ilmu sosiologi yang pertama ada Strukstur Sosial merupakan struktur sosial yang memiliki arti keseluruhan komponen sosial yang utama, yang berada dalam struktur sosial dan meliputi Lembaga Sosial dalam masyarakat, Kaidah sosial (norma sosial), serta kelompok dan juga lapisan sosialnya.

Berikut ini adalah contoh struktur sosial tipe kasta:

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Struktur Sosial

2. Proses Sosial

Selanjutnya ada yang namanya Proses Sosial. Proses sosial ini bisa diartikan sebagai berbalasan antara masyarakat yang saling tinggal berdampingan bersama-sama, contohnya seperti saling berbalasan dari segi kehidupan ekonomi dengan segi kehidupan politik, selanjutnya antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan hukum, antara segi kehidupan ekonomi dengan segi kehidupan agama, antara segi kehidupan hukun dengan segi kehidupan politik serta masih banyak lainya yang memiliki hubungan timbal balik.

Berikut ini contoh dari proses sosial yakni “Gotong Royong”:

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Proses Sosial

Pada gambar diatas terlihat bahwa sekelompok warga dengan aparat saling membantu untuk membuat sebuah bangunan. Diartikan sebagai sebuah hubungan atara kelompok dengan kelompok.

3. Institusi Sosial

Yang ketiga ada yang namanya institusi sosial yang memiliki arti sebagai instusi diakui serta diyakini mampu dalam memberikan dorongan kepada masyarakat, untuk bisa menjalankan peranan sosial serta norma-norma demi menjaga integritas sosial, menjauhkan diri atau mengenyampingkan konflik sosial yang sering muncul dalam masyarakat.

11 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Institusi Sosial

4. Organisasi Sosial

Konsep yang selanjutnya ada Organisasi Sosial, Organisasi sosial ini melibatkan kerjasama yang sangat mendasar, dan selanjutnya bisa untuk memberikan sebuah dukungan kepada masyarakat supaya tingkah laku dari para individu ke tujuan sosial serta ekonomi tertentu.

Berikut ini contoh dari Organisasi Sosial “PMI“:

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Organisasi Sosial

5. Fakta Sosial

Konsep dasar sosiologi yang kelima ada fakta sosial, yang berarti sebuah kadaan sadar dari masing-masing individu atau masyarakat pada saat melakukan kegiatan sosialnya. Emile Durkheim menjelaskan juga tentang teori sosiologi mengenenai fakta sosial. Adanya fakta sosial akan memunculkan paradigma sosial maksudnya adalah antara individu satu dengan yang lainya saling memerlukan.

Berikut ini contoh sosial agama yang pernah terjadi di Indonesia:

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Fakta Sosial

6. Perubahan Sosial

Dalam konsep sosiologi ada yang namanya perubahan sosial dan perubahan sosial ini memiliki sebuah arti sebagai perubahan yang melingkupi semua lapisan dalam suatu struktur sosial serta jalinan hubungan dalam masyarakat sekitar. Ada dua dampak yang ditimbulkan dari perubahan sosial yaitu dampak negatif dan positif. Dimana dalam kenyataanya kalau dampak sosiologi ini tidak mampu dihindari oleh setiap masyarakat. Karena semua masyarakat tentu akan mengalami yang namanya perubahan sosial.

Dibawah ini merupakan contoh dari perubahan sosial di masyarakat:

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Perubahan Sosial

Jika anda lihat pada gambar diatas dahulu petani saat membajak sawa masih secara tradisonal yakni memakai sapi akan tetapi sekarang ini dengan berkembangnya teknologi para petani sudah bisa membajak menggunakan traktor.

7. Individu

Dalam konsep dasar ilmu sosiologi individu diartikan sebagai suatu hubungan sosial yang terjadi diantara pribadi dan pribadi lainya didalam suatu masyarakat. Arti dari individu ini sendiri tentu saja serupa bisa melaksanakan tindakan serta kegiatanya yang cocok dengan keinginan dan fikiran yang di rasakanya. Maka dari itu untuk membuat penilaian pada individu sendiri hanya mampu dilakukan oleh suatu masyarakat, dan terutama sekali pada penilaian baik atau buruknya semua tindakan yang sudah dilakukan.

8. Masyarakat

Tentu kita semua mengetahui kalau masyarakat itu seperti apa kata masyarakat sendiri berasal dari bahasa inggris “Society” yang artinya adalah kawan. Jika dilihat secara luas masyarakata merupakan sekelompok manusia yang selalu hidup bersama-sama untuk bisa berinteraksi demi memperoleh kepentingan secara bersamaan dalam jangka waktu tertentu.

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Masyarakat

Maka dari itu masyarakat masuk kedalam pembahasan kondep dasar ilmu sosiologi, karena memang antara ilmu sosiologi dan masyarakat ialah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan antara satu sama lainya.

9. Hubungan Individu dan Masyarakat

Didalam suatu konsep dasar sosiolodi hubungan yang terjadi antara individu dan masyarakat mampu mendorong terciptanya suatu kebiasaan. Munculnya sebuah kebiasaaan karena sering adanya interaksi yang dilakukan secara bersama.

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Individu

Untuk bisa menjaga kebiasan hubungan antara individu dan masyarakat maka diperlukan bahasan tentang keteraturan sosial, tujuanya untuk bisa meminimalisir masalah sosial yang ada dalam sebuah hubungan

10. Kelompok Sosial

Kelompok sosial masuk kedalam konsep dasar sosiologi, dalam hal ini kelompok sosial diartikan sebagai kumpulan dari masyarakat yang saling terhubung secara teratur antara satu dengan yang lainya. Hubungan didalam kelompok sosial dengan konsep sosiologi akan menghasilkan yang namanya integrasi sosial lalu menghasilkan lagi konflik sosial di sebuah masyarakat.

Berikut ini adalah gambar contoh dari kelompok sosial di masyarakat:

10 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Kelompok Sosial

11. Komunitas

Tentu kita sering mendengar kata komunitas, definisi komunitas ini sendiri ialah satu kesatuan yang dipilih oleh tiap manusia untuk bisa menempati wilayah-wilayah tertentu. Dalam konsep dasar sosiologi kmonuitas ini masuk kedalam bagianya, sebab mengetahui serta memahami komunitas masyarakat akan bertahan lama dalam keharmonisan sosial.

11 Konsep Dasar Ilmu Sosiologi Lengkap Menurut Para Ahli
Komunitas

Pada dasarnya, seluruh konsep-konsep dalam ilmu seosiologi bisa menjadi dasar untuk seseorang memahami suatu keluarga, kampung, masyarakat, fakta sosial dan komunitas-komuitas. Serta untuk mempelajari wilayah tertentu, manusia yang hidup di zaman tradisonal sampai peradaban yang sudah maju sekarang ini. Jelas bahwa sebuah konsep dasar ilmu sosiologi harus bisa dipahami oleh kita.

 

Terimakasih atas kunjunganya selamat membaca dan semoga bisa bermanfaat !!

Please rate this