Khasiat Daun Karet Kebo dan Efek Sampingnya

Apakah Anda mengetahui daun karet kebo? Daun karet kebo merupakan jenis tanaman herbal yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Tumbuhan karet kebo bisa tumbuh karena dibudidayakan ataupun karena tumbuh sendiri tanpa sengaja.

Terdapat berbagai khasiat dari tanaman ini yang bermanfaat untuk tubuh.

Khasiat Daun Karet Kebo untuk Kesehatan

Tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat apabila di konsumsi secara benar. Ia bisa mengobati beberapa penyakit ataupun mengurangi efeknya, diantara penyakit tersebut adalah:

Adapun khasiat dan manfaat daun karet kebo untuk kesehatan misalnya saja mengatasi beberapa penyakit berikut ini.

Pereda Penyakit Stroke

Khasiat Daun Karet Kebo Pereda Penyakit Stroke

Rasanya yang pedas dan sifatnya yang netral, ternyata membuat daun ini cocok digunakan sebagai pereda dan pengurang penyakit stroke. Ia bisa membantu peredaran darah lebih lancar, sehingga membuat kerja jantung menjadi lebih mudah.

Mengobati Bisul

Selain sebagai obat dalam, daun karet kebo juga bisa berfungsi sebagai obat kulit, yakni mengobati bisul. Getah yang terdapat dalam daun ini mengandung senyawa karet atau lateks yang untuk mengurangi radang bisul dan mengempeskannya.

Melancarkan Haid

Khasiat Daun Karet Kebo Melancarkan Haid

Anda yang mengalami masalah haid tidak lancar, ada baiknya mengkonsumsi rebusan karet kebo sebagai pelancar tamu bulanan ini. Selain melancarkan, ia juga meningkatkan kesehatan badan ketika haid terjadi dan mengurangi gangguan pada aktifitas wanita ketika masa haid.

Mengurangi Nyeri pada Kulit

Jika kulit Anda mengalami radang atau nyeri, Anda bisa mengoleskan tanaman karet kebo pada bagian tersebut, untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Haluskan terlebih dahulu daunnya, kemudian tempelkan pada bagian yang terluka.

Sebagai ramuan alami, ia mampu meringankan hingga menghilangkan rasa nyeri.

Melancarkan Aliran Darah

Khasiat Daun Karet Kebo Melancarkan Aliran Darah

Khasiat lain dari daun karet kebo adalah melancarkan aliran darah. Anda yang mengalami penyumbatan darah, baik karena penyempitan darah maupun penyumbatan, disarankan mengonsumsi rebusan daun ini secara rutin.

Di dalam tanaman karet kebo, terdapat zat aktif yang bisa membantu memperlancar aliran darah dan mengurangi kolesterol.

Efek Samping Penggunaan Berlebihan Daun Karet Kebo

Penggunaan daun herbal ini tanpa komposisi dan takaran yangtepat bisa menyebabkan berbagi macam efek samping. Sebab, walaupun ia merupakanobat alami, kandungan zat yang berlebihan di dalam tubuh tetap memberikan efekyang buruk bagi kesehatan.

Begitu pula dengan daun ini, sebelum mengonsumsinya, adabaiknya Anda meminta rekomendasi dokter atau pihak kesehatan lain agarmendapatkan jumlah takaran yang tepat untuk tubuh.

  1. Penyakit Jantung

Efek samping dari daun karet kebo apabila dikonsumsi secaraberlebihan bisa menyebabkan kecanduan, bahkan merusak sistem kerja jantung.Selain jantung, ia akan memicu liver untuk bekerja lebih keras mengeluarkanberbagai zat yang berlebihan di dalam tubuh, membuat liver mudah mengalamikompilasi penyakit nantinya.

  1. Pikun

Bagi lansia,mengonsumsi tanaman karet kebo sebaiknya dalam dosis yang kecil saja. Sebab,jika berlebihan, ia bisa menyebabkan kepikunan dan hilang ingatan. Hal tersebutdisebabkan zat kimia yang terkandung dalam karet kebo merusak sel otak secaraperlahan.

  1. Tulang Keropos

Kandungan betain danasam pantotent dalam tanaman karet kebo cukup tinggi, terutama dalam daunnya.Ini akan menyebabkan pengeroposan tulang terjadi secara dini, dan bila dibiarkan secara terus menerus bisa menyebabkan osteoporosis.

Itulah penjelasan singkat mengenai daunkaret kebo, berikut manfaat dan efek sampingnya jika dikonsumsi secaraberlebihan. Walaupun merupakan obat alami, konsumsi tanaman ini seperlunya sajauntuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar