Contoh Kelompok Formal dan Informal

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Apa yang dimaksud dengan Kelompok ?

Kelompok adalah sekumpulan individu yang merupakan kesatuan dan memiliki identitas dan saling berinteraksi berdasarkan pola yang sudah mapan. Didalam masyarakat sendiri terdapat berbagai macam kelompok sosial yang dapat ditemukan.

Nah, berdasarkan pada interaksi sosial maka kelmpok sosial terbagi menjadi 4, yaitu :

  1. Kelompok Primer
  2. Kelompok Sekunder
  3. Kelompok Formal
  4. Kelompok Informal

Akan tetapi yang akan dibawah pada penjelasan kali ini adalah contoh kelompok formal dan informal yang ada di lingkungan masyarakat saat ini. Namun sebelum itu kamu perlu tahu pengertian dari kelompok formal dan informal.

Contoh Kelompok Sosial Formal

Contoh Kelompok Sosial Formal

Kelompok sosial formal adalah sebuah kelompok yang didalamnya terdapat berbagai macam peraturan seperti Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) atau biasa disebut dengan AD/ART.

Berikut ini terdapat beberapa contoh dari kelompok sosial formal (formal group) :

Organisasi Mahasiswa

Organisasi Mahasiswa ini adalah organisasi yang berada di sebuah perguruan tinggi. Organisasi ini berdiri menjadi sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas kemahaiswaannya berupa aspirasi, insiasi dan lainya.

Disebut formal karena didalamnya terdiri struktur organisasi yang jelas dan peraturan yang wajib dipatuhi oleh para anggotanya.

Organisasi Kepemerintahan

Organisasi ini merupakan sebuah wadah atau lembaga yang menjalankan seluruh kegiatan pemerintahan baik secara sempit ataupun secara luas. Dimana didalamnya anda akan terlibat dalam proses politik, pendidikan politik, sosialiasi politik dak ilmu kenegaraan.

Perusahaan yang memiliki AD/ART

Contoh kelompok formal lainnya adalah perusahaan yang memiliki AD/ART serta mempunyai peranan dan didalamnya sudah diatur secara jelas tentang pembagian kerja jelas dan terstruktur.

Disini bika kita lihat sebuah perusahaan yang termasuk kelompok formal adalah BUMN dan BUMS.


Contoh Kelompok Sosial Informal

Contoh Kelompok Sosial Informal

Pengertian kelompok Informal adalah kelompok yang dibentuk karena seringnya terjadi interaksi secara berulang-ulang, terdapat daya tarik dan kebutuhan individu. Setiap individu yang masuk kedalam kelompok ini kebanyakan tidak memiliki strukturisasi dan kedudukan yang sesuai.

Dalam proses pembagian tugasnya saja mereka akan membagi berdasarkan rasa simpati dan memiliki hubungan kekeluargaan.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari kelompok sosial informal (Informal Group) :

Kelompok Arisan

Arisan merupakan suatu kegiatan bersama didalam sebuah komunitas yang penerapannya berupa pengumpulan dana dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Anggota kelompok arisan ini terdiri lebih dari 5 orang, dimana mereka juga bisa saling membantu karena terdapat sistem patungan supaya bisa mendapatkan tujuan finansial yang disepakati.

Persatuan Ibu Rumah Tangga

Sudah jelas keanggotaanya terdiri dari ibu-ibu rumah tangga, mereka membuat sebuah perkumpulan agar mereka dapat saling bersosialisasi. Sebab dengan cara seperti inilah mereka bisa berkumpul bersama.

Komunitas Sepedah

Saat ini sudah banyak orang menggunakan sepedah, dengan tujuan supaya tubuh tetap segar. Karena banyaknya orang yang bersebah terbentuklah sebuah komunitas dan biasanya anggotanya berasal dari daerah yang sama.

Tujuan dibentuknya komunitas sepedah ini adalah membentuk indahnya kebersamaan antar sesama penghobi sepedah serta mengajak hidup sehat dengan bersepedah bersama-sama.

Komunitas Blogger

Komunitas Blogger Indonesia merupakan sebuah komunitas yang menjadi wadah untuk para blogger seluruh indonesia. Komunitas ini selalu diisi dengan “Kegiatan Positif” dan mereka selalu sharing apabila ada ilmu terbaru kepada sesama blogger lainnya.

Komunitas Pecinta Alam

Komunitas ini masuk kedalam contoh kelompok sosial. Arti pecinta alam sendiri adalah sebuah istilah yang dipergunakan untuk kelompok-kelompok yang suka menikmati alam beda dengan menaiki puncak gunung dan kegiatan lainnya.

Biasanya setiap anggota yang tergabung didalamnya harus mempunyai kendaraan pribadi, dan ini menjadi bukti bahwa ini sudah tergabung dalam kelompok tersebut.

Komunitas Bikers

Komunitas bikers adalah gabungan dari beberapa orang yang suka mengendarai sepedah motor dan ikut tergabung dalam sebuah perkumpulan di tempat-tempat tertentu.


Penutup

Jadi kesimpulanya bahwa kelompok formal segala sesuatu kegiatan yang dilakukan sifatnya teratur serta memiliki struktur organisasi yang resmi bahkan mempunyai perencanaan dan program yang jelas.

Sedangkan kelompok informal kegiatanya bersifat tidak resmi, bahkan tidak memiliki struktur organisasi yang jelas terkadang kegiatanya hanya spontanlitas.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan terkait contoh kelompok formal dan informal di lingkungan masyarakat, semoga bermanfaat dan selamat membaca.

Leave a Comment